Artikel Pilihan

Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya

Jenis Jenis Pohon Bonsai

Bagi rekan-rekan yang menyukai pohon, tetapi tidak memiliki lahan yang luas di halaman rumah, apakah rekan-rekan pernah mempertimbangkan untuk menaman pohon bonsai?

Pohon bonsai adalah pohon kecil yang ditanam dalam pot. Kata bonsai sebenarnya mengacu pada seni Cina dalam menumbuhkan dan memelihara pohon kecil yang benar-benar meniru bentuk pohon besar seperti di alam liar. Bonsai sendiri merupakan tradisi yang telah dilakukan selama lebih dari seribu tahun lalu.



Pohon-pohon bonsai yang sudah melewati fase pembentukan terlihat luar biasa, menarik, dan unik.

Jika rekan-rekan tertarik untuk menanam dan membentuk pohon biasa menjadi pohon bonsai sendiri, dibawah ini CCP akan merekomendasikan pohon-pohon yang bisa rekan-rekan pilih.

Jangan terburu-buru untuk memiliki bonsai yang indah dalam waktu singkat (kecuali membeli bonsai yang sudah jadi/berbentuk). Akan tetapi, ketahuilah terlebih dulu karakteristik pohon calon bonsai yang rekan-rekan inginkan. Terutama dari segi habitat, kandungan pH tanah, ketinggian tanah (m dpl) ditempat rekan-rekan tinggal, cuaca, dan cara perawatannya.

Spesies pohon bonsai subtropis yang populer seperti Maple, Sakura, Ume, Wisteria, Ginkgo, dan Beech mungkin bukan pilihan yang tepat untuk tahap pembelajaran.

Berikut ini rekomendasi Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya.

Contents
  1. Santigi (Phempis acidula)
  2. Fukien Tea (Carmona retusa)
  3. Jade (Portulacaria afra)
  4. Beringin (Ficus)
  5. Cemara (Juniperus)
  6. Pinus (Pine)
  7. Maple (Acer)
  8. Azalea (Rhododendron)
  9. Anting Putri (Wrightia religiosa)
  10. Kesemek (Diospyros kaki)
  11. Elm (Ulmus)
  12. Boxwood (Buxus)
  13. Lohansung (Podocarpus)
  14. Sancang (Premna)
  15. Bugenvil (Bougainvillea)
  16. Bungur (Lagerstroemia)
  17. Nia (Neea)
  18. Sakura (Prunus serrulata)
  19. Ume (Prunus mume)
  20. Beech (Fagus)
  21. Pitaloka (Loropetalum)
  22. Ginkgo (Ginkgo biloba)
  23. Asem Jawa (Tamarindus indica)
  24. Zaitun (Olea)
  25. Fir (Abies)
  26. Wisteria
  27. Akasia (Acacia)
  28. Kemuning (Murraya paniculata)
  29. Delima (Punica granatum)
  30. Serut (Streblus asper)
  31. Waru (Hibiscus tiliaceus)
  32. Kacapiring (Gardenia jasminoides)
  33. Phusu (Celtis nervosa)
  34. Walisongo (Schefflera arboricola)
  35. Kamelia (Camellia)
  36. Cucur Atap (Baeckea frutescens)
  37. Sikat Botol (Callistemon citrinus)
  38. Anggur Brazil (Plinia cauliflora)
  39. Wareng (Gmelina elliptica)
  40. Kaliage (Maclura cochinchinensis)
  41. Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia)
  42. Jakaranda (Jacaranda)
  43. Larch (Larix)
  44. Lilac (Syringa)
  45. Bambu Micro (Dwarf Bamboo Tree)
  46. Jeruk Limo (Citrus limon)
  47. Sianci (Malpighia glabra)
  48. Gulo Gumantung (Vangueria spinosa)
  49. Pyracantha
  50. Seribu Bintang (Serissa foetida)
  51. Bodhi (Ficus religiosa)
  52. Kawista (Limonia acidissima)
  53. Pacar Cina (Aglaia odorata)
  54. Randu Alas (Bombax ceiba)
  55. Kayu Putih (Melaleuca linariifolia)
  56. Sikas (Cycas)
  57. Dedalu Tangis (Salix babylonica)
  58. Yew (Taxus)
  59. Cedar / Tsugi (Cryptomeria)
  60. Arborvitaes (Thuja)
  61. Cypress (Chamaecyparis)
  62. Apel Liar (Malus sieboldii)
  63. Natal Plum (Carissa macrocarpa)
  64. Black Olive (Bucida spinosa)
  65. Pupus Merah (Maba buxifolia)
  66. Lantana (Lantana camara)
  67. Asoka (Saraca asoca)
  68. Jambu Biji (Psidium guajava)
  69. Kaliandra (Calliandra)
  70. Aplas (Ficus ampelas)

1. Santigi (Phempis acidula)


Bonsai Santigi
Source : bonsai-bci.com

Santigi adalah pohon yang tumbuh berbentuk semak belukar. Pohon santigi banyak ditemukan di pesisir pantai daerah tropis Indonesia. Santigi tumbuh di tanah berpasir, berkapur, dan tak jarang di sela-sela karang.
Back to Content



2. Fukien Tea (Carmona retusa)


Bonsai Fukien Tea
Source : flickr.com/Joey McCoy

Fukien Tea atau yang akrab disebut Pohon Hokianti ini adalah tanaman liar yang tumbuh di Asia timur dan tenggara, mulai dari India, Indonesia, Cina, Taiwan, dan Jepang, Malaysia, dan Australia. Pohonnya tumbuh di lahan-lahan kering yang terbuka yang tersorot sinar matahari sepanjang hari.
Back to Content



3. Jade (Portulacaria afra)


Bonsai Jade
Source : lakeshorebonsai.com

Jade Asli (Portulacaria afra) dikenal sebagai Elephant Food atau Spekboom ialah tanaman skulen asli dari Afrika Selatan yang kini telah dibudidayakan dibayak daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.
Back to Content



4. Beringin (Ficus)


Bonsai Ficus
Source : Tainan City Bonsai Society/Hsieh Gui-Zi

Ficus adalah genus tanaman yang tumbuh di daerah tropis dengan sekitar 850 spesies yang telah di deskripsikan. Spesies pohon Ficus dapat berupa pohon kayu, semak, tumbuhan menjalar dan epifit serta hemi-epifit. Di Indonesia pohon yang termasuk dalam genus Ficus ialah Beringin Lokal, Beringin Dolar, Beringin Kimeng, Ampelas, Loa, dan Bodhi.
Back to Content



5. Cemara (Juniperus)


Bonsai Juniperus
Source : Shinpei City Bonsai and Stone Art Society/Chen Ding-Hwa

Juniperus adalah tumbuhan runjung yang memiliki antara 50-70 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Pohon juniper memiliki karakteristik yang kuat dan berusia panjang, maka pohon ini cocok digunakan sebagai tanaman bonsai sejak dahulu kala.
Back to Content



6. Pinus (Pine)


Bonsai Pinus
Source : Yasuo Mitsuya of Toyochasi/Pacific Bonsai Museum

Pinus adalah genus pohon konifer seperti Juniperus. Pinus memiliki 35 spesies yang sebagian besar tumbuh di belahan bumi bagian Utara. Tak berbeda jauh dengan juniper, pohon pinus pun mampu bertahan dalam berbagai kondisi yang kurang mendukung (panas-kekeringan hingga dingin-membeku), dan usianya bisa mencapai ribuan tahun (tergantung spesies).




Back to Content



7. Maple (Acer)


Bonsai Maple
Source : Pacific Bonsai Museum

Acer atau Maple adalah genus tanaman yang kebanyakan tumbuh di wilayah Asia subtropis seperti Jepang, Cina, dan Korea. Umumnya, pohon-pohon acer berbentuk semak belukar atau pohon kecil yang bisa mencapai ketinggian 5-10 meter (jarang 15 meter). Pohon acer sering tumbuh sebagai tanaman bawah di hutan yang rindang. Pohon ini seringkali menyita perhatian penggemar bonsai karena dedaunannya yang berwarna mencolok dan bentuknya yang menarik.
Back to Content



8. Azalea (Rhododendron)


Bonsai Azalea
Source : flickr.com/winninator

Azalea atau Saliyah adalah genus tanaman yang tumbuh di wilayah beriklim sedang. Pohon azalea tumbuh sebagian besar di Asia Timur dan Amerika Utara. Pohonnya kini banyak dibudidayakan dihampir seluruh dunia dan sering menjadi tanaman hias yang indah karena banyak variasi warna bunga yang dihasilkan.
Back to Content



9. Anting Putri (Wrightia religiosa)


Bonsai Anting Putri
Source : Penang Botanic Gardens

Anting Putri merupakan tanaman berbunga yang seringkali digunakan sebagai tanaman bonsai. Pohon anting putri tumbuh dari Indonesia hingga ke Cina dan di beberapa tempat lain seperti Vietnam.
Back to Content



10. Kesemek (Diospyros kaki)


Bonsai Kesemek
Source : Chiang Jin-Chun

Kesemek adalah nama pohon buah dari keluarga Diospyros. Dalam bahasa Inggris, pohon kesemek disebut Oriental Japanese Persimmon atau Oriental Chinese Persimmon. Ini adalah salah satu pohon buah yang dihargai di Tiongkok.
Back to Content



11. Elm (Ulmus)


Bonsai Elm
Source : flickr.com

Elm adalah tumbuhan berkayu keras dan berdaun lebar, yang termasuk dalam genus Ulmus. Pohon gugur ini biasanya memiliki gerigi pada tepi daunnya. Seluruh anggota dari genus Ulmus merupakan tanaman asli Asia Tengah, yang kemudian menyebar di belahan bumi Utara, terutama di kawasan beriklim sedang, dari Amerika Utara hingga ke Indonesia. Sebagian besar spesies Ulmus tumbuh di wilayah beriklim subtropis, hanya ada beberapa spesies saja yang dapat tumbuh di wilayah tropis.
Back to Content



12. Boxwood (Buxus)


Bonsai Buxus
Source : Hwang Shi-Shan

Buxus atau Boxwood adalah genus tanaman yang memiliki sekitar 70 spesies dalam keluarga Buxaceae. Ia adalah tanaman asli Eropa, kemudian disebarkan ke berbagai wilayah yang meliputi Asia, Afrika, Madagaskar, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko dan Karibia.
Back to Content



13. Lohansung (Podocarpus)


Bonsai Lohansung
Source : Hwa Fong Show

Lohansung atau Melur adalah nama genus tumbuhan berbentuk pohon yang terbesar di daerah tropis, sampai ke Himalaya, Jepang, Cina, dan Indonesia. Genus ini termasuk kedalam suku Podacarpaceae yang meliputi 100 spesies.
Back to Content



14. Sancang (Premna)


Bonsai Sancang
Source : bonsaipenjing.wordpress.com

Premna atau Sancang adalah genus tanaman berbunga yang pertama kali dideskripsikan pada tahun 1771. Premna tersebar luas di daerah tropis dan subtropis, mulai dari Afrika, Asia, hingga ke Australia. Ini adalah salah satu tanaman yang paling sering digunakan sebagai pohon bonsai mini yang disebut "Mame Bonsai".
Back to Content



15. Bugenvil (Bougainvillea)


Bonsai Bugenvil
Source : flickr.com/Greg Matthews

Bunga Kertas atau Bugenvil adalah tanaman hias yang sangat populer diseluruh dunia. Ada banyak kultivar bunga kertas yang telah dibudidayakan, sebagian besar memiliki bunga berwarna-warni yang cerah seperti merah, ungu, kuning, oranye, hingga putih. Oleh karena itu, bunga kertas menjadi tanaman yang cocok untuk menambah keindahan pekarangan rumah atau taman, termasuk bonsai.




Back to Content



16. Bungur (Lagerstroemia)


Bonsai Bungur
Source : flickr.com/Deb Nystrom

Bungur adalah sejenis tanaman berkayu yang dapat tumbuh menjadi pohon kecil hingga sedang dengan ketinggian mencapai 5-6 meter. Pohon bungur dikenal dengan nama Sakura Lokal di Indonesia. Banyak masyarakat yang menggunakan pohon ini untuk peneduh jalan atau halaman rumah.
Back to Content



17. Nia (Neea)


Bonsai Nia
Source : bonsaiswfl.org

Neea adalah genus tanaman dalam keluarga Nyctaginaceae yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Selatan. Genus ini dinamai oleh ahli botani José Pavón dan Hipólito Ruiz untuk menghormati Luis Née, seorang ahli botani di Ekspedisi Malaspina.
Back to Content



18. Sakura (Prunus serrulata)


Bonsai Sakura
Source : Brooklyn Botanic Garden

Sakura adalah spesies pohon yang berasal dari Jepang, Korea, Cina, dan India. Pohon sakura jepang merupakan pohon utama penghasil Bunga Sakura. Pohon berbunga indah ini banyak ditanam untuk pameran dan hanami di musim semi. Sebagian besar pohon sakura tumbuh di wilayah subtropis hingga sedang, dan jarang bisa tumbuh subur di iklim tropis.
Back to Content



19. Ume (Prunus mume)


Bonsai Ume
Source : flickr.com/Eric Schrader

Ume atau disebut Chinese Plum dalam bahasa Inggris, adalah spesies tanaman dari genus Prunus seperti sakura. Ia adalah tanaman asli Cina yang sekarang ini sering ditanam untuk dinikmati keindahan bunganya atau diambil buahnya. Pohon ume berbunga pada akhir musim dingin dan awal musim semi. Bunganya sering dijadikan objek sastra dan seni lukis oleh seniman-seniman Asia Timur dan Vietnam.
Back to Content



20. Beech (Fagus)


Bonsai Beech
Source : Kazuhiro Ohashi Collection/Pacific Bonsai Museum

Fagus adalah genus pohon gugur daun yang tergabung dalam keluarga Fagaceae. Ini adalah tanaman asli dari Eropa, Asia, dan Amerika Utara.
Back to Content



21. Pitaloka (Loropetalum)


Bonsai Loropetalum
Source : facebook.com/Quyi Yuan

Loropetalum adalah genus tanaman yang memiliki 4 spesies tanaman dalam keluarganya. Loropetalum berbentuk pohon semak atau pohon kecil dengan ketinggian mencapai 7-8 meter. Genus ini berasal dari Cina, Jepang, dan Asia Tenggara.
Back to Content



22. Ginkgo (Ginkgo biloba)


Bonsai Ginkgo
Source : bonsaitonight.com

Ginkgo biloba adalah satu-satunya spesies yang masih hidup dari divisi Ginkgophyta, semua spesies lainnya telah punah. Ini adalah tanaman asli dari Cina, tapi sekarang pohon ginkgo telah dibudidayakan secara luas di wilayah subtropis. Pohon ini memiliki berbagai kegunaan dalam komposisi pengobatan tradisional Tiongkok.
Back to Content



23. Asem Jawa (Tamarindus indica)


Bonsai Asem Jawa
Source : Shopee.co.id

Pohon asem jawa termasuk tumbuhan tropis. Pohon ini diperkirakan berasal dari Afrika timur di mana jenis liarnya ditemukan. Sejak ribuan tahun lalu, pohon asem jawa telah disebarkan ke Asia, dan kemudian ke Karibia serta Amerika Latin.
Back to Content



24. Zaitun (Olea)


Bonsai Zaitun
Source : flickr.com/Eric Schrader

Olea ialah genus tanaman yang terdiri dari sekitar 40 spesies dalam keluarga Oleaceae. Pohon ini dikenal dengan nama Zaitun di Indonesia, asalnya dari daerah beriklim hangat dan daerah tropis di Timur Tengah, Eropa selatan, Afrika, Asia selatan, dan Australasia.
Back to Content



25. Fir (Abies)


Bonsai Fir
Source : bonsaimirai.com

Fir adalah tumbuhan konifer dari genus Abies yang terdiri dari 48-55 spesies. Pohon ini banyak ditemukan di pegunungan di Amerika Utara, Amerika Tengah, Eropa, Asia, dan Afrika Utara. Pohon ini masih bersaudara dekat dengan genus Cedrus atau pohon aras (cedar).
Back to Content



26. Wisteria


Bonsai Wisteria
Source : flickr.com/Bellota Pots

Wisteria adalah genus dari tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae, yang mencakup 10 spesies pohon berkayu. Ia adalah tanaman asli Cina, Korea, Jepang, dan Amerika timur. Beberapa spesiesnya telah terpilih menjadi tanaman hias yang populer.
Back to Content



27. Akasia (Acacia)


Bonsai Akasia
Source : cbs.org.au

Akasia adalah genus pohon yang termasuk dalam subfamili Mimosoideae dari familia Fabaceae, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika oleh ahli botani Swedia, Carl Linnaeus pada tahun 1773. Sampai tahun 2005, diperkirakan ada sekitar 1.300 spesies akasia di seluruh dunia. Sekitar 960 diantaranya adalah tanaman asli Australia, dan sisanya tersebar di daerah tropis dan beriklim sedang dari Eropa, Afrika, Asia, dan Amerika.
Back to Content



28. Kemuning (Murraya paniculata)


Bonsai Kemuning
Source : bonsaipenjing.wordpress.com

Kemuning merupakan tanaman berbunga yang tumbuh di wilayah tropis. Pohon kemuning dapat mencapai tinggi 6-7 meter dan berbunga sepanjang tahun tanpa musim. Masyarakat Minangkabau secara tradisional menggunakan akar kemuning untuk membuat gagang pisau dan golok.
Back to Content



29. Delima (Punica granatum)


Bonsai Delima
Source : flickr.com/Phil Romans

Pohon delima berasal dari Timur Tengah, dan saat ini tersebar di daerah subtropis dan tropis jauh dari habitat aslinya. Tumbuhan ini menyukai tanah yang gembur, tidak terendam air, dan dekat dengan sumber air. Pohon delima sering ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau untuk di ambil buahnya.
Back to Content



30. Serut (Streblus asper)


Bonsai Serut
Source : instagram.com/gbonsai.ina

Serut adalah pohon berukuran sedang yang berasal dari daerah kering di Indonesia, Kamboja, Thailand, India, Sri Lanka, Malaysia, dan Vietnam. Pohon serut memiliki sejumlah kegunaan, misalnya dalam pembuatan kertas di Thailand yang sudah berlangsung selama lebuh ari 700 tahun.
Back to Content



31. Waru (Hibiscus tiliaceus)


Bonsai Waru
Source : Hwa Fong Show (A Winner 2009)

Waru atau Sea Hibiscus (Hibiscus tiliaceus) adalah tanaman yang masih semarga dengan kembang sepatu. Pohon waru banyak ditanam sebagai pohon peneduh di tepi-tepi jalan raya dan sungai karena akarnya tidak dalam dan tidak merusak bangunan di sekitarnya.
Back to Content



32. Kacapiring (Gardenia jasminoides)


Bonsai Kacapiring
Source : Hwa Fong Show (A Winner 2015)

Kacapiring (Gardenia jasminoides) umumnya dikenal dengan nama Gardenia, adalah tanaman perdu dari suku kopi-kopian atau Rubiaceae. Bunganya berwarna putih dan sangat harum, secara fisik, pohon kacapiring memiliki bunga yang mirip dengan melati (Jasminum), namun mereka tidak bersaudara.
Back to Content



33. Phusu (Celtis nervosa)


Bonsai Phusu
Source : Hwa Fong Show (A Winner 2013)

Phusu adalah spesies pohon gugur, biasanya dikenal sebagai pohon Hackberry atau Jelatang. Pohon phusu tersebar luas di daerah beriklim hangat di belahan bumi utara, Eropa selatan, Asia selatan dan timur, Amerika Utara, Afrika tengah, dan Amerika Selatan bagian utara dan tengah. Genus celtis pertama kali muncul dalam catatan fosil, setidaknya sejak zaman Miosen di Eropa, dan zaman Paleosen di Amerika Utara dan Asia Timur.
Back to Content



34. Walisongo (Schefflera arboricola)


Bonsai Walisongo
Source : wikimedia.org/Phipps Conservatory, Pittsburgh

Walisongo (Schefflera arboricola) adalah tanaman dari keluarga Araliaceae, asli Taiwan dan Hainan. Nama umumnya adalah Dwarf Umbrella Tree, karena ia memiliki daun yang lebih kecil dari saudaranya, pohon Payung Australia (Schefflera actinophylla).
Back to Content



35. Kamelia (Camellia)


Bonsai Kamelia
Source : Kokufu-ten Bonsai Exhibition

Kamelia (Camellia) adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Theaceae. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Asia timur dan selatan, dari Himalaya timur ke Jepang dan Indonesia. Ada sekitar 100-300 spesies kamelia yang dideskripsikan dan 3.000 hibrida yang tercatat.
Back to Content



36. Cucur Atap (Baeckea frutescens)


Bonsai Cucur Atap
Source : downunderbonsai.com

Cucur atap adalah tanaman obat tradisional di Indonesia. Olahan kayunya sering dipakai untuk membuat obat gosok, bedak, dan jamu. Selain manfaatnya untuk mengatasi penyakit. Pohon cucur atap juga sering digunakan sebagai obyek bonsai di Asia dan Australia.
Back to Content



37. Sikat Botol (Callistemon citrinus)


Bonsai Sikat Botol
Source : ausbonsai.com.au

Sikat botol atau Red bottlebrush adalah tanaman endemik di New South Wales dan Victoria di Australia. Pohonnya kuat dan mudah beradaptasi, dibudidayakan secara luas ke hampir seluruh dunia beriklim sedang. Dulu, pohon sikat botol memiliki nama latin Callistemon citrinus, namun kini telah diubah menjadi Melaleuca citrina.
Back to Content



38. Anggur Brazil (Plinia cauliflora)


Bonsai Anggur Brazil
Source : theartisanscup.com

Anggur Brazil (Plinia cauliflora) atau Jaboticaba, adalah spesies pohon buah yang bisa dimakan. Ia berasal dari negara bagian Minas Gerais, Goiás dan São Paulo di Brazil. Spesies ini terkait dengan Myrciaria, dan sering disebut dengan nama yang sama.
Back to Content



39. Wareng (Gmelina elliptica)


Bonsai Wareng
Source : blogspot.com

Wareng adalah spesies pohon berbunga dengan bentuk semak belukar yang dianggap sebagai gulma di Queensland, Australia. Di luar habitat aslinya, semak berduri ini banyak digunakan sebagai tanaman pagar, tanaman hias, dan bonsai.
Back to Content



40. Kaliage (Maclura cochinchinensis)


Bonsai Kaliage
Source : blogspot.com

Kaliage atau Pohon Sisir (Maclura cochinchinensis) dikenal sebagai semak berduri liar adalah spesies tanaman asli dari Cina, Indonesia, Malaysia, dan Australia. Spesies ini mendiami berbagai jenis hutan tropis, dan paling banyak ditemukan meliar di hutan hujan. Di negara berbahasa Inggris, kaliage disebut sebagai Cockspur.
Back to Content



41. Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia)


Bonsai Jeruk Kingkit
Source : bonsaieneltropico.com

Jeruk kingkit (Triphasia trifolia) adalah spesies tanaman berbuah yang berasal dari Indonesia dan Malaysia namun, kini telah tersebar hingga ke hampir semua pulau-pulau di Samudra Pasifik. Bentuk pohon jeruk kingkit di alam liar berupa semak belukar atau perdu dengan ketinggian maksimal 3meter.
Back to Content



42. Jakaranda (Jacaranda)


Bonsai Jakaranda
Source : flickr.com/erutland47

Jakaranda adalah pohon berbunga musiman yang berasal dari Amerika Selatan, dan saat ini telah banyak ditanam juga dibudidayakan di tempat lain (termasuk di Indonesia), karena bunga-bunganya yang indah dan tahan lama. Saat pohon jakaranda berbunga penuh hingga menutupi seluruh daunnya, itu nampak sangat mirip dengan tanaman hias bunga asal Jepang, Wisteria, yang juga masuk dalam jejeran pohon tercantik untuk bonsai.
Back to Content



43. Larch (Larix)


Bonsai Larch
Source : lakeshorebonsai.com

Larch (Larix) atau yang populer dengan nama European Larch, adalah spesies pohon konifer yang berasal dari pegunungan Eropa tengah, termasuk di Pegunungan Alpen, Pegunungan Carpathian, dan Pegunungan Pyrenees. Populasinya di alam liar menduduki dataran rendah di Polandia utara dan Lithuania selatan.
Back to Content



44. Lilac (Syringa)


Bonsai Lilac
Source : pinterest.com

Lilac (Syringa) adalah genus dari 12 spesies tanaman kayu berbunga yang masih dalam famili zaitun. Pohon ini berasal dari hutan Eropa tenggara hingga Asia Timur, dan secara luas dibudidayakan di daerah beriklim sedang di luar habitat asalnya.
Back to Content



45. Bambu Micro (Dwarf Bamboo Tree)


Bonsai Bambu Micro
Source : pinterest.com

Bambu Micro (Dwarf Bamboo Tree / Pygmy Bamboo) adalah spesies tanaman ornamen yang sering digunakan untuk tanaman hias dan pembatas di taman, itu Tumbuh secara berkemlompok dan tingginya yang tak lebih dari 1 meter.
Back to Content


46. Jeruk Limo (Citrus limon)


Bonsai Jeruk Limo
Source : bonsaiempire.com/ Peter Tea

Jeruk limo atau Sitrun adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak masakan.

Saat ini pohon jeruk limo dibudidayakan besar-besaran di Spanyol, Portugal, Argentina, Brasil, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya di sekitar Laut Tengah.
Back to Content



47. Sianci (Malpighia emarginata)


Bonsai Sianci
Source : ibonsaiclub.forumotion.com/Budi Sulistyo

Sianci adalah spesies pohon berkayu dan berbuah yang memiliki habitat tropis. Pohonnya tumbuh berbentuk semak atau pohon kecil. Ia termasuk dalam dalam keluarga Malpighiaceae, dan beberapa anggota spesies Malpighiaceae memiliki racun yang berbahaya jika terkonsumsi manusia.
Back to Content



48. Gulo Gumantung (Vangueria spinosa)


Bonsai Gulo Gumantung
Source : jualbonsai.com

Gulo gumantung atau Gulgum adalah genus tanaman berbunga dari keluarga Rubiaceae. Ini adalah tanaman tropis yang tumbuh meliar di lahan-lahan terbuka. Di Indonesia pohon gulgum banyak ditemukan di persawahan, kebun kering, dan savana.
Back to Content



49. Pyracantha


Bonsai Pyracantha
Source : prettyflowers.me

Pyracantha adalah genus tanaman semak berbuah berry. Pohonnya memiliki banyak nama sinonim diberbagai negara seperti Pirakanta (Indonesia) dan Firethorn (Internasional).

Pohon pyracantha asli dari Eropa Barat Daya hingga Asia Tenggara. Bentuk pohonnya di alam liar mirip dengan Cotoneaster, tetapi memiliki gerigi pada tepi daun dan berduri pada batang atau rantingnya.
Back to Content



50. Seribu Bintang (Serissa foetida)


Bonsai Serissa
Source : ibonsaiclub.forumotion.com/Budi Sulistyo

Serissa adalah genus tanaman berbunga asli Asia Tenggara, tepatnya dari India, Cina, dan Jepang. Pohonnya sering disebut Seibu Bintang atau Serbin (Indonesia) dan Snowrose atau Japanese Boxthorn (Internasional).

Pertumbuhannya membentuk semak atau pohon kecil dengan tinggi 45-60 cm. Batang-batangnya tegak bercabang ke segala arah dan berkubah lebat dengan warna hijau gelap.
Back to Content



51. Bodhi (Ficus religiosa)


Bonsai Bodhi
Source : flickr.com

Bodhi Tree atau Bo Tree (Ficus religiosa) adalah spesies pohon berasal dari sub-benua India, barat daya Tiongkok, dan Indochina. Spesies ini masuk dalam Moraceae, keluarga Ara dan Mulberi yang dikenal dengan banyak nama seperti Bodhi, Bo, Pippala, Peepal, Ashwattha, Ara Suci, dan banyak lagi.
Back to Content



52. Kawista (Limonia acidissima)


Bonsai Kawista
Source : flickr.com

Kawis atau yang lebih akrab disebut Kawista adalah pohon yang berkerabat dekat dengan pohon maja (Aegle marmelos), dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan. Pohon ini toleran pada kondisi tanah yang buruk dan tahan penyakit tanaman.
Back to Content



53. Pacar Cina (Aglaia odorata)


Bonsai Pacar Cina
Source : flickr.com

Pacar Cina, Pacar Culan, Kemuning Cina, atau Bhangear Cina adalah tanaman perdu dari famili Meliaceae. Pohonnya sering sering disamakan dengan kemuning, meskipun perbungaannya jelas berbeda. Tanaman ini diperkirakan asli dari Asia Tenggara.
Back to Content



54. Randu Alas (Bombax ceiba)


Bonsai Randu Alas
Source : Chi Lin Nunnery

Randu alas adalah pohon yang dianggap suci oleh umat Hindu. Pohon ini dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dan sering ditanam di dekat bangunan suci. Pada saat penemuan Candi Pawon, pohon randu alas diketahui tumbuh di reruntuhan bangunan.
Back to Content



55. Kayu Putih (Melaleuca linariifolia)


Bonsai Kayu Putih
Source : anbg.gov.au

Snow-in-summer atau Kayu Putih (Melaleuca linariifolia) adalah tanaman dalam keluarga Myrtaceae, yang endemik di New South Wales dan Queensland, Australia.
Back to Content



56. Sikas (Cycas)


Bonsai Sikas
Source : polliceverdestore.com

Palem sikas atau Pakis haji (Cycas) adalah nama genus tumbuhan berbiji terbuka yang tergabung dalam marga Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku Cycadaceae. Masyarakat awam di Indonesia mengenal pohon sikas dari beberapa spesies yang biasa ditanam di taman-taman menyerupai palem, yaitu Cycas rumphii, Cycas javana, dan Cycas revoluta (sikas jepang).
Back to Content



57. Dedalu Tangis (Salix babylonica)


Bonsai Dedalu Tangis
Source : Montréal Botanical Gardens

Dedalu tangis adalah spesies pohon willow atau berdaun menjuntai asli dari daerah kering Cina utara, tetapi telah dibudidayakan selama ribuan tahun di tempat lain di Asia, dan diperdagangkan di sepanjang Jalur Sutra ke Asia barat daya dan Eropa.
Back to Content



58. Yew (Taxus)


Bonsai Yew
Source : luisvallejoestudiobonsai.com

Yew (Taxus) adalah genus pohon konifer yang tumbuh membentuk semak besar. Pohon yew relatif tumbuh lambat dan bisa berumur panjang (lebih dari 1000 tahun), dan mencapai ketinggian 20 meter, dengan diameter batang rata-rata 5 meter.

Pohon Yew sangat beracun dan sampai saat ini belum ada obat yang bisa mengatasi keracunan Yew apabila terkena racunnya yang mematikan.
Back to Content



59. Cedar / Tsugi (Cryptomeria)


Bonsai Cedar
Source : Bonsai House at Kew

Cedar atau Tsugi (Cryptomeria) adalah genus konifer monotipik dalam keluarga cemara Cupressaceae. Genus ini hanya mencakup satu spesies, yaitu Cryptomeria japonica. Dulunya orang-orang menganggap ini adalah pohon endemik Jepang, yang dikenal sebagai sugi / tsugi.
Back to Content



60. Arborvitaes (Thuja)


Bonsai Thuja
Source : pinterest.com

Arborvitaes atau singkatnya disebut Thuja, adalah nama genus pohon konifer yang memiliki lima spesies, dua diantaranya asli Amerika Utara dan tiga lainnya asli Asia timur.
Back to Content



61. Cypress (Chamaecyparis)


Bonsai Chamaecyparis
Source : commons.wikimedia.org/Brooklyn Botanic Garden

Chamaecyparis adalah genus tumbuhan runjung dalam keluarga cemara Cupressaceae, asli dari Asia timur dan Amerika Serikat bagian timur.
Back to Content



62. Apel Liar (Malus sieboldii)


Bonsai Apel
Source : bonsai-nbf.org

Apel Liar Jepang atau yang populer disebut Toringo Crabapple (Malus sieboldii) adalah satu spesies pohon gugur dari keluarga Rosaceae. Pohonnya sendiri berasal dari daerah beriklim sedang di Jepang, Cina, dan Korea. Beberapa ahli botani telah mengklasifikasikan Malus sieboldii sebagai Malus toringo.
Back to Content



63. Natal Plum (Carissa macrocarpa)


Bonsai Natal Plum
Source : flickr.com/cultivar413

Natal Plum (Carissa macrocarpa) adalah pohon yang tumbuh dalam bentuk semak berduri asli Afrika Selatan. Umumnya ia dikenal sebagai Prem Natal di Internasional, dan di Afrika Selatan disebut Num-Num, di Uganda disebut Amathungulu atau umThungulu oBomvu, dan di Afrika buah ini disebut Noem-Noem.

Pohon Natal Plum sangat mirip dengan pohon yang ada di negara kita, yaitu Pohon Kerendang (Carissa carandas). Keduanya masih dari satu keluarga yang sama, Carissa.
Back to Content



64. Black Olive (Bucida spinosa)


Bonsai Black Olive
Source : pinterest.com

Black Olive (Bucida spinosa) adalah pohon kecil langka eksotis yang berharga sebagai subjek bonsai atau tanaman yang tidak biasa. Pohon black olive sangat toleran terhadap garam, menjadikannya pilihan yang baik bagi pecinta bonsai di tepi laut.
Back to Content



65. Pupus Merah (Maba buxifolia)


Bonsai Pupus Merah
Source : facebook.com/Nature of Bonsai

Pupus Merah (Maba buxifolia) juga dikenal sebagai ebony hitam, adalah pohon dalam keluarga ebony. Pohonnya didistribusikan di Burma, Kamboja, India, Indonesia, Semenanjung Melayu, Filipina, Sri Lanka, Thailand dan Laos. Ini adalah salah satu pohon penghasil kayu berharga di Asia Tenggara.
Back to Content



66. Lantana (Lantana camara)


Bonsai Lantana
Source : pinterest.com

Lantana (Lantana camara) atau disebut bunga Tahi Ayam dan Tembelekan oleh masyarakat Indonesia, adalah spesies tanaman berbunga dari famili Verbenaceae yang berasal dari wilayah tropis di Amerika Tengah dan Selatan. Pohon lantana tumbuh subur di banyak tempat dan toleran pada berbagai macam tanah hingga menjadikannya sebagai salah satu gulma yang populer di negara-negara tropis, terutama di Queen Island, Australia.
Back to Content



67. Asoka (Saraca asoca)


Bonsai Asoka
Source : pinterest.com

Asoka (Saraca asoca) adalah pohon pagar dan tanaman hias yang dianggap suci oleh agama Hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon asoka sering diartikan sebagai cinta dan kesucian.
Back to Content



68. Jambu Biji (Psidium guajava)


Bonsai Jambu Biji
Source : Taiwan Bonsai Creators Exhibition 2010 | ibonsaiclub.forumotion.com/jrodriguez

Jambu biji atau sering juga disebut jambu keluruk (Psidium guajava) adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan rasanya asam-manis.
Back to Content



69. Kaliandra (Calliandra)


Bonsai Kaliandra
Source : instagram.com

Kaliandra (Calliandra) adalah spesies pohon semak yang menarik, dengan daun halus, padat, dan bunga-bunga merah yang indah. Ia flora asli dari daerah tropis Brazil tenggara, Uruguay, dan Argentina utara. Saat ini telah dibudidayakan di seluruh dunia sebagai tanaman hias pekarangan dan taman.
Back to Content



70. Amplas (Ficus ampelas)


Bonsai Ampelas
Source : Grand Indonesian Bonsai and Suiseki Exhibition 2014 | bonsaipenjing.wordpress.com

Amplas atau Hampelas (Ficus ampelas) adalah spesies tanaman dari keluarga Moraceae yang tingginya sampai 20 meter dan diameter batang 50 cm. Pohonnya tumbuh liar di seluruh Indonesia, tersebar pada ketinggian kurang dari 1.300 m dpl.
Back to Content




Pohon bonsai dapat dibuat dari hampir semua jenis pohon, tapi mencocokan spesies dan cuaca adalah yang paling terpenting. Karena itu, rekan-rekan perlu melakukan penelitian mendalam untuk melihat habitat pohon yang akan dipilih (Hardiness Zone / USDA), dan pohon apa cocok untuk lokasi rekan-rekan tinggal.

Jika masih belum yakin pohon apa yang harus dipilih, silahkan cek kebun liar disekitar. Pepohonan apa yang paling banyak dan subur, itu lah yang tepat untuk rekan-rekan pilih.


1 Komentar untuk "Jenis-Jenis Pohon Yang Bisa Di Bonsai dan Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel