Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Ki Putri (Podocarpus neriifolius) Di Alam Liar

Ki Putri

Ki Putri (Podocarpus neriifolius) adalah spesies pohon konifer dalam keluarga Podocarpaceae, dan masih berkerabat dekat dengan Lohansung (Podocarpus macrophyllus) juga Kayu Keramat (Podocarpus polystachyus). Ia ditemukan tumbuh secara alami di India, Bangladesh, Nepal, Cina, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia, Indonesia, Brunei, Filipina, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Fiji, dan Bhutan.

Tingginya pohon ki putri mencapai 10-15 meter, meskipun kadang-kadang lebih tinggi di alam liarnya. Pohon Ki putri menempati hutan tertutup tropis dan subtropis, pada ketinggian 650 hingga 1.600 m dpl. Namun, ada juga beberapa varietas yang bisa tumbuh di dataran rendah.



Pohon ki putri bekelamin ganda, seperti kebanyakan pohon konifer lainnya. Kayunya berwarna putih kekuningan, dan sering digunakan dalam konstruksi di Kamboja meeski pada dasarnya kayu ki putri tergolong kelas 2.


Ciri Ciri Daun Ki Putri


Ciri Ciri Daun Ki Putri
Source : flickr.com/Juan Carlos López Almansa

Ciri Ciri Bunga Ki Putri


Ciri Ciri Bunga Ki Putri
Source : flickr.com/Paco Garin

Ciri Ciri Buah Ki Putri


Ciri Ciri Buah Ki Putri
Source : flickr.com/SUBENUIX

Ciri Ciri Pohon Ki Putri


Ciri Ciri Pohon Ki Putri
Source : blogspot.com

Pohon ki putri banyak ditanam sebagai tanaman hias pekarangan dan tanam. Di Indonesia, habitat ki putri sangat terbatas dan bisa dikategorikan sebagai pohon yang langka.

Di Bangladesh, spesies ini dilindungi menurut Undang-Undang Margasatwa pada.

CITES(Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) juga telah mengatur perdagangan pohon ini sejak 1975, atas permintaan negara Nepal, sehingga sertifikat dan izin diperlukan untuk mengekspor kayu dari negaranya.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Ki Putri (Podocarpus neriifolius) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel