Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Yew Jepang (Taxus cuspidata) Di Alam Liar

Yew Jepang

Yew Jepang (Taxus cuspidata) adalah anggota dari genus Taxus yang berasal dari Jepang, Korea, Cina timur laut dan bagian paling tenggara Rusia.

Seluruh bagian pohon Yew Jepang sangat beracun, karena zat kimia yang disebut alkaloid taxine terkandung di dalam pohonnya. Jika ada daun atau biji buah yew yang tertelan tidak sengaja, saran medis mendesak ialah observasi setidaknya 6 jam setelah konsumsi.

Keracunan yew relatif umum terjadi pada hewan peliharaan dan hewan liar yang mengkonsumsi tanaman secara tidak sengaja.

Alkaloid taxine dari bagian pohon yew yang tertelan akan diserap dengan cepat dari usus, dan dalam jumlah yang cukup tinggi, itu dapat menyebabkan kematian karena gagal jantung, serangan jantung, atau gagal napas.



Zat taxines juga dapat menyerap ke dalam tubuh melalui kulit. Oleh karena itu, menyentuh pohon spesies Taxus (keluarga Yew) harus dengan hati-hati dan lebih dibaik memakai sarung tangan safty.

Selain dari mengonsumsi bagian pohon dan terkena getah di kulit, pohon Yew juga berbahaya apabila serbuk potongan kayunya terhirup. Racun yang terkandung di setiap bagian pohon tidak akan hilang dalam beberapa bulan meskipun pohonnya mati atau sudah ditebang.

Spesies yang paling mematikan dari keluarga pohon Taxus selain Yew Jepang ialah Cemara Inggris (Taxus baccata) yang mengandung sekitar 5 mg takson per 1g daun. Dosis yang dapat mematikan manusia dari daun Cemara Inggris adalah 3,0-6,5 mg / kg berat badan. Saat ini tidak ada penangkal yang diketahui untuk mengatasi keracunan Taxus, tetapi obat-obatan seperti atropin sering digunakan untuk mengobati gejalanya.

Meskipun Yew Jepang dan Cemara Inggris sama-sama dari keluarga pohon Taxus yang sangat beracun, namun keduanya adalah pohon yang dihargai sebagai tanaman hias, terutama bonsai. Pohon-pohon berumur panjang seperti Taxus banyak digunakan oleh seniman bonsai profesional sejak zaman dulu.


Ciri Ciri Daun Yew Jepang


Ciri Ciri Daun Yew Jepang
Source : flickr.com/Blake C. Willson

Daun lanset, berwarna hijau tua, panjang 1-3 cm dan lebar 2-3 mm, disusun spiral pada batang.


Ciri Ciri Buah Yew Jepang


Ciri Ciri Buah Yew Jepang
Source : flickr.com/mutolisp

Buahnya berwarna merah cerah, setiap buah mengandung satu biji berukuran 4-8 mm.


Ciri Ciri Pohon Yew Jepang


Ciri Ciri Pohon Yew Jepang
Source : flickr.com/Rick Webb

Pohon Yew Jepang tumbuh membentuk semak besar setinggi 10-18 meter, dengan diameter batang hingga 60 cm. Usia pohonnya sangat panjang, di alam liar, ia banyak ditemukan dengan usia lebih dari 1000 tahun.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Yew Jepang (Taxus cuspidata) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel