Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Boksus / Boxus (Buxus) Di Alam Liar

Boksus

Boksus atau Bokus (Buxus) adalah genus tanaman yang memiliki sekitar 70 spesies dalam keluarga Buxaceae. Di negara berbahasa Inggris, pohon boksus dikenal dengan nama Boxwood.

Pohon boksus asli dari Eropa barat dan selatan, Asia selatan dan timur, Afrika, Madagaskar, Amerika Selatan bagian utara, Amerika Tengah, Meksiko dan Karibia, dengan sebagian besar spesies berasal dari Eropa dan beberapa lainnya dari Asia yang toleran terhadap cuaca dingin bersalju.



Menurut data dari catatan Wikipedia, di Kuba terdapat sekitar 30 spesies, Cina 17 spesies, dan Madagaskar 9 spesies.

Genus buxus sendiri terbagi menjadi tiga bagian yang berbeda secara genetik, masing-masing bagian di wilayah yang berbeda, dengan spesies Eurasia di satu bagian, Afrika (kecuali Afrika barat laut) dan spesies Madagaskar di bagian kedua, dan spesies Amerika di bagian ketiga. Bagian Afrika dan Amerika secara genetik lebih dekat satu sama lain daripada bagian Eurasia.


Ciri Ciri Daun Boksus


Ciri Ciri Daun Boksus
Source : flickr.com/amy perez

Daunnya tumbuh berlawanan, kecil, berbentuk lanset, dan kasar. Sebagian besar spesies, biasanya memiliki panjang daun 2-5 cm dan lebar 0,3-2,5 cm, tetapi ada pula yang mencapai panjang hingga 11 cm dan lebar 5 cm, dan itu adalah spesies Buxus macrocarpa.


Ciri Ciri Bunga Boksus


Ciri Ciri Bunga Boksus
Source : flickr.com/Flora & Fauna

Bunganya kecil dan berwarna kuning kehijauan, monoecious dengan dua jenis kelamin ada pada satu pohon.


Ciri Ciri Buah Boksus



Ciri Ciri Buah Boksus
Source : flickr.com/twacar

Buah boksus kecil, berbentuk oval dengan panjang 0,5-1,5 cm dan 3 cm untuk spesies Buxus macrocarpa, dan berisi beberapa kecil biji.


Ciri Ciri Pohon Boksus


Ciri Ciri Pohon Boksus
Source : flickr.com/J.H.J.F.W. Br.

Pohon buxus biasanya tumbuh membentuk pohon kecil hingga sedang atau semak belukar yang besar dengan pertumbuhan yang tumbuh lambat, ia dapat mencapai tinggi 10-12 meter di alam liarnya.



Di Eropa, pohon boksus biasanya ditanam sebagai pagar dan untuk topiary.

Pohon buxus juga memiliki kualitas kayu yang baik dan awet, kayunya seringkali digunakan sebagai ukiran, alat musik, tasbih rosario, papan catur, dan bingkai foto.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Boksus / Boxus (Buxus) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel