Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Bunga Lantana / Tembelekan Di Alam Liar

Bunga Lantana

Lantana atau Tembelekan (Lantana camara) adalah spesies tanaman berbunga dari keluarga Verbenaceae. Ini adalah flora asli dari daerah tropis Amerika. Nama-nama umum yang sering digunakan untuk menyebut pohon lantana adalah Tembelekan, Tahi Ayam (Indonesia), Big-sage (Malaysia), Wild-sage, Red-sage, White-sage (Karibia), Tickberry (Afrika Selatan), West Indian Lantana, dan Umbelanterna.

Sebagai tanaman hias, i daerah subtropis pohon lantana sering dibudidayakan di dalam ruangan, atau di konservatori, tetapi ia dapat tumbuh subur di lahan kosong atau semak belukar dengan perlindungan yang memadai.



Pohon latana telah menyebar dari Amerika Tengah dan Selatan ke sekitar 50 negara, di mana ia telah menjadi spesies invasif. Pertama kalinya lantana menyebar dari Amerika ialah ketika dibawa ke Eropa oleh penjelajah Belanda dan dibudidayakan secara luas. Tak berselang lama, lantana juga menyebar ke Asia dan Oseania di mana tanaman ini menjadi gulma karena sangat mudah tumbuh dan susah diberantas. Di Goa, pohon lantana diperkenalkan oleh penjajah Portugis.

Di Indonesia pohon lantanya tumbuh sebagai pohon semak liar di daerah kering seperti kebun kosong, tepi jalan, bahkan di halaman-halaman rumah warga.

Pohon lantana dapat menyebabkan masalah jika tumbuh dan berkembang biak di daerah pertanian, karena kemampuannya membentuk semak padat dan abadi yang jika dibiarkan dapat sangat mengurangi produktivitas lahan pertanian.

Karena pembiakan selektif yang luas di seluruh abad ke-17 dan ke-18 untuk digunakan sebagai tanaman hias, sekarang ada banyak kultivar Lantana yang berbeda-beda, terutama warna bunganya.


Ciri Ciri Daun Lantana


Ciri Ciri Daun Lantana

Daun lantana berbentuk bulat telur, bergerigi, kasar, berbulu halus, berwarna hijau dan memiliki bau yang menyengat ketika dihancurkan.


Ciri Ciri Bunga Lantana


Ciri Ciri Bunga Lantana

Pohon lantana memiliki bunga berbentuk tabung kecil, yang masing-masing bunganya memiliki empat kelopak dan disusun dalam kelompok di batang.

Bunganya tumbuh dalam berbagai warna seperti ungu, merah, kuning, merah muda, putih dan oranye.


Ciri Ciri Buah Lantana


Ciri Ciri Buah Lantana

Buah lantana berupa biji seperti berry yang berubah dari hijau menjadi ungu gelap saat matang.

Buah yang masih hijau dan mentah tidak dapat dimakan manusia ataupun hewan karena kulit biji yang keras dapat menyebabkan kerusakan serius pada saluran pencernaan.


Ciri Ciri Pohon Lantana Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Lantana

Lantana pohon berbentuk semak kecil yang dapat tumbuh setinggi sekitar 2 meter.

Saat ini pohon lantana telah dinaturalisasi di sekitar 50 negara tropis dan sub-tropis di seluruh dunia. Pohon lantana sering ditemukan di Afrika timur dan selatan, di mana ia tumbuh pada ketinggian di bawah 2.000 mdpl dan sering menyerang daerah yang sebelumnya terganggu seperti hutan yang ditebang dan daerah yang terbuka.

Banyak negara tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Sri Lanka menganggap pohon lantana sebagai gulma di lanah-lahan pertanian.

Lantana jarang ditemukan di daerah hutan basah karena tidak dapat tumbuh ditanah lembab dan tempat yang gelap sejuk. Sebaliknya, lantana justru banyak tumbuh di tepi hutan kering.

Pohon lantana dapat bertahan hidup dalam kondisi iklim kekeringan dan garam. Ia juga relatif tahan terhadap api dan dapat dengan cepat menyembuhkan dirinya di daerah hutan yang baru terbakar.



MANFAAT POHON LANTANA :

Batang pohon lantana sering digunakan dalam pembuatan konstruksi, furniture, dan ornamen.

Studi yang dilakukan di India telah menemukan bahwa daun lantana dapat menghasilkan sifat antimikroba, fungisida dan insektisida.

Ekstrak dari pohon lantana telah digunakan untuk mengobati infeksi pernapasan di Brasil.

Selain itu, daun lantana juga telah digunakan dalam pengobatan herbal tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kanker, gatal-gatal kulit, kusta, rabies, cacar air, campak, asma dan bisul.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bunga Lantana / Tembelekan Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel