Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Gulo Gumantung / Gulgum (Vangueria) Di Alam Liar

Ciri Ciri Pohon Gulo Gumantung Di Alam Liar

Gulo Gumantung atau disingkat Gulgum (Vangueria) adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae. Genus ini dinamai Vang vanguer, karena Vangueria madagascariensis sudah lebih dulu dikenal di Malagasi.

Dalam genus Vangueria terdapat lebih dari 50 spesies yang penyebarannya ada di Afrika selatan dan satu spesies di Madagaskar. Pohon gulgum banyak ditemukan di Afrika Timur, tepatnya di Kenya dan Tanzania. Namun pohon ini jarang ditemukan di Afrika Barat.

Pada daun pohon gulgum, ada bakteri endofit bersarang di interselular jaringan mesofil. Keberadaan bakteri ini hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop karena ukurannya yang amat sangat kecil.



Bakteri endofit yang ada pada daun gulgum diidentifikasi sebagai Burkholderia, merupakan bakteri yang sering bersarang pada dedaunan tanaman dari genus Rubiaceae lainnya. Hipotesisnya adalah bahwa bakteri endofit ini memberikan perlindungan kimiawi terhadap herbivora serangga.

Bagian pohon dari spesies Vangueria latifolia, Vangueria pygmaea, dan Vangueria thamnus diketahui dapat menyebabkan gousiekte dan kardiotoksikosis ruminansia yang ditandai dengan gagal jantung empat hingga delapan minggu jika menelan rubiaceous dari bagian pohon.

Spesies yang paling terkenal adalah Vangueria infausta, pohon ini umum di Afrika Selatan, berikut ini ciri cirinya :


Ciri Ciri Daun Gulo Gumantung


Ciri Ciri Daun Gulo Gumantung


Ciri Ciri Bunga Gulo Gumantung


Ciri Ciri Bunga Gulo Gumantung


Ciri Ciri Buah Gulo Gumantung


Buah Gulo Gumantung

Buahnya bulat, berwarna hijau tua mengkilap saat muda dan berubah menjadi cokelat muda saat matang.


Ciri Ciri Pohon Gulo Gumantung Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Gulo Gumantung

Gulo Gumantung adalah pohon semak atau pohon kecil berdaun besar dan berbulu halus. Pohon gulgum dapat mencapai ketinggian 4-6 meter, tapi dibeberapa wilayah di alam liar ia dapat mencapat ketinggian 10 meter.

Pohonnya sangat kuat dan tahan terhadap kekeringan dan cuaca dingin.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Gulo Gumantung / Gulgum (Vangueria) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel