Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Sianci (Malpighia emarginata) Di Alam Liar

Sianci (Barbados Cherry)

Sianci atau Barbados Cherry (Malpighia emarginata) adalah tanaman asli Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko selatan, Puerto Riko, Republik Dominika, Haiti, dan Brasil, tetapi sekarang juga tumbuh meluas hingga Texas dan Asia.

Pohonnya dikenal sangat kaya akan vitamin C, meskipun ia juga mengandung vitamin A, B1, B2, dan B3, serta karotenoid dan bioflavonoid, dan yang penting dari sianci ialah nilai gizi dan memiliki kegunaan antioksidan.



Pohon sianci berasal dari Yucatán (negara bagian di Meksiko), dan saat ini telah dibudidayakan di seluruh dunia beriklim tropis, termasuk Kepulauan Canary, Ghana, Ethiopia, Madagaskar, Zanzibar, Sri Lanka, Taiwan, India, Indonesia, Hawaii, dan Australia.

Pohon sianci dihargai dan digunakan sebagai subjek bonsai yang populer di Asia karena daun dan buahnya yang kecil, dan percabangan yang halus.


Ciri Ciri Daun Sianci


Ciri Ciri Daun Sianci
Source : flickr.com/Forest and Kim Starr

Daun sianci berbentuk bulat telur, panjang 2-8 cm, tumbuh pada petioles, dan memiliki margin/gerigi di tepi daunnya juga berbulu halus, yang dapat membuat iritasi pada kulit.


Ciri Ciri Bunga Sianci


Ciri Ciri Bunga Sianci
Source : flickr.com/Luiz Montenegro

Bunganya biseksual dan panjangnya 1-2 cm. Bunga sianci memiliki lima kelopak berwarna pink atau merah, 10 benang sari, dan enam hingga 10 kelenjar di kelopak.


Ciri Ciri Buah Sianci


Ciri Ciri Buah Sianci
Source : flickr.com/Rodrigo Purificação

Sesuai dengan namanya, Barbados Cherry, buahnya pun berbentuk ceri. Bentuknya bulat kecil, berukuran sekitar 1-2 cm, berwarna merah, dan bisa dimakan langsung.


Ciri Ciri Pohon Sianci


Ciri Ciri Pohon Sianci
Source : flickr.com/denisemartins

Pohon sianci dapat tumbuh membentuk semak atau pohon kecil dengan banyak cabang di batang. Tingginya biasa mencapai 2-3 meter, tetapi kadang-kadang ditemukan yang tingginya 5-6 meter di alam liar.

Pohonnya toleran pada berbagai macam tanah, tapi lebih menyukai tanah yang kering dan mendapat sinar matahari penuh sepanjang hari. Ia dapat bertahan pada suhu yang cukup panas, namun tidak bisa bertahan pada suhu dingin atau tanah yang tergenang air.



CARA PERBANYAK / BUDIDAYA POHON SIANCI :

Untuk memperbanyak atau budidaya pohon sianci, petani biasanya memakai cara semai biji, cangkok, atau stek batang. Cara semai biji dan cangkok ialah cara yang paling umum dilakukan oleh petani dan kemungkinan tumbuhnya lebih besar dibandingkan dengan stek.


MANFAAT POHON SIANCI :

Buah sianci dapat dimakan langsung dan banyak mengandung vitamin C (sekitar 1677 mg vitamin C ada dalam 100 g buah).

Buah sianci dapat digunakan untuk membuat jus, pulp, dan makanan bayi.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Sianci (Malpighia emarginata) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel