Artikel Pilihan

Apa Perbedaan Pohon Bidara Arab dengan Pohon Bidara Jenis Lainnya?

Pohon bidara arab atau asli merupakan salah satu jenis pohon bidara yang kita kenal, mulai dari pohon bidara laut, pohon bidara cina, pohon bidara upas, dan pohon putsa sebagai penyamaan atau kembarannya saja walaupun beda jenis tumbuhan.

Pohon bidara asli atau bidara arab memiliki ciri khas tersendiri daripada pohon bidara jenis yang lainnya. Pohon bidara arab berasal dari Asia Tengah yang mana menyebar secara alami ke wilayah luas seperti Afrika, Asia Tenggara, hingga Australia.

Negara yang mengembangkan secara komersil pohon ini adalah negara India, Cina, dan Thailand. Pohon bidara merupakan pohon kecil yang biasanya bengkok dan tingginya mencapai 15 meter. Untuk batangnya mencapai 40 cm.

Pohon bidara jenis ini banyak dicari oleh banyak orang di berbagai negara dan bisa dimanfaatkan sebagai penangkal jin maupun sihir. Baik daun, kulit, akar, maupun buah dari pohon ini memiliki khasiat dan manfaatnya sendiri yang bisa dirasa, baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit.

Pohon bidara ini berasal dari Arab dan tumbuhnya pohon ini asli berada di kawasan yang kering seperti arab dan asia barat lainnya. Dalam perkembangannya, banyak orang membudidayakan pohon ini karena tahu akan kelebihannya yang cukup banyak membantu untuk kehidupan.

Pohon ini juga tumbuh di Israel dengan tinggi pohon sampai 500 meter. Pohon yang batang dan rantingnya memiliki duri ini biasanya dijadikan anyaman berupa “mahkota duri” dan ditaruh di kepala Yesus Kristus menjelang penyalibannya.

Selain itu, pohon ini juga memiliki daun yang lebat serta berwarna hijau. Bentuk daun dimorfis dimana daun kedua melengkung dan lebih pendek (tanpa duri). Daunnya tidak berseling dan helai daunnya berbentuk bundar telur menjorong atau jorong lonjong.

Buahnya yang matang dapat dimakan. Selain itu, bunganya menjadi sumber penting untuk madu di Eritrea dan Yaman. Daun dari pohon bidara ini juga digunakan untuk kepentingan ruqyah, sunnah, dan pengobatan dari gangguan sihir maupun jin.

Berikut ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri pohon bidara asli yang perlu kamu ketahui, antara lain:


1. Bentuk dan Warna Daun

Ciri Ciri Pohon Bidara Arab

Tanaman atau pohon ini merupakan pohon yang istimewa karena terdapat beberapa surat yang menceritakan tentang hal ini. Terdapat manfaat dan kekhasan yang dimiliki oleh pohon ini. Ciri-ciri fisiknya adalah daun berbentuk oval (atas bawah warnanya hijau dan tidak mengkilap).

Selain itu, pinggir daun bergerigi. Memiliki duri yang banyak pada dahan maupun rantingnya. Ukuran duri panjang dan tajam. Batang tanaman berwarna coklat, buah berukuran kecil seperti kelereng, buah mentahnya berwarna hijau, buah matang berwarna merah.

Baca Juga :

Buah bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk kesehatan selain itu daunnya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Pohon ini bisa tumbuh di tanah kering tetapi juga di iklim tropis seperti Indonesia. Jika dibandingkan dengan pohon bidara apel india, daun pohon bidara asli lebih sedikit kecil.

Untuk pohon apel india warna daun kelihatan hijau pekat, sedangkan pohon bidara asli warnanya hijau pudar.

2. Bentuk Ranting

ranting
Sumber: alamendah.files.wordpress.com
Bentuk ranting untuk daun bidara asli di setiap rantingnya memiliki duri atau dikelilingi duri. Pastinya durinya tajam dan untuk ranting pohon bidara apel india mempunyai tangkai yang minim dikelilingi oleh duri. Hanya satu atau dua duri saja yang menempel.

3. Bagian Batang Pohon

btang bidara
Sumber: i2.wp.com
Batang pohon bidara asli banyak duri yang sangat tajam dibandingkan dengan pohon bidara apel india nyaris tidak ada duri yang menempel di bagian tersebut.

4. Bagian Buah Pohon

Buah pohon bidara arab atau asli memiliki diameter kurang lebih 2 cm dan untuk pohon bidara apel india lebih lonjong dan lebar. Rasa buah dari pohon bidara asli cenderung asam manis (seperti rasa apel), sedangkan buah pohon biadra apel india lebih manis daripada pohon tersebut.

Pohon bidara merupakan salah satu pohon yang memiliki khasiat untuk penyembuhan dalam kesehatan maupun dalam hal kecantikan. Pohon ini memiliki banyak cabang dan kayunya yang berduri. Pohon bidara dalam aspek daun, buah, maupun akarnya memiliki khasiat masing-masing.

Nah, itulah penjelasan singkat dan jelas tentang perbedaan antara pohon bidara arab atau asli dengan pohon bidara jenis lainnya. semoga bermanfaat.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Apa Perbedaan Pohon Bidara Arab dengan Pohon Bidara Jenis Lainnya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel