Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Serut (Streblus asper) Di Alam Liar

Pohon Serut

Pohon serut (Streblus asper) memiliki banyak manfaat di kehidupan manusia. Pohon ini dianggap penting di Thailand, khususnya dalam pembuatan kertas yang sudah berlangsung selama 700 tahun.

Hampir semua dokumen kuno Thailand yang masih ada ditulis di kertas yang menggunakan serat kulit pohon ini. Teks-teks Buddhis dan catatan-catatan kuno yang tertulis diatas kertas tersebut sebelum abad-20 di Thailand disebut sebagai Khoi.

Kertas yang terbuat dari serat kulit pohon serut tahan lama, bahkan dalam cuaca lembab. Selain itu kertas dari serat dari kulit pohon serut juga tidak mudah terbakar dan tahan terhadap jamur dan serangga.

Saat ini sumber serat lain digunakan untuk membuat kertas dan Khoi hanya digunakan oleh pengrajin yang memproduksi kertas menggunakan teknik tradisional.

Di Vietnam, pengerjaan kayu tradisional menggunakan tekstur kasar daun serut sebagai amplas alami.



Pohon serut berukuran sedang yang berasal dari daerah kering (tropis) di Indonesia, Kamboja, Thailand, India, Sri Lanka, Malaysia, dan Vietnam.

Pohon serut adalah pohon yang dikenal dengan beragam nama diseluruh dunia, nama-nama itu termasuk Siamese Rough Bush, Toothbrush Tree, Khoi, dan Serut. Di Filipina, pohon serut dikenal sebagai Bogta-e, Bogtalay, dan Kalyos. Di India dikenal sebagai Daheya, Dahia, Karchanna, Rusa, Sahora, dan Sihora. Lalu, dalam bahasa sansekerta, pohon serut dinamai Akshadhara, Bhutavasa, Bhutavriksha, Dhukavasa, Gavakshi, dan Karkashachhada.

Di Indonesia pohon serut tersedia di alam liar khususnya di Pulau Jawa. Hampir setiap lahan kering tak tersentuh sering ditumbuhi pohon-pohon serut yang biasanya bersandingan dengan pohon lain seperti Trembesi, Angsana, Klampis, dan pohon-pohon tropis lainnya.

Selain banyaknya di alam liar, pohon serut juga digunakan masyarakat Asia Tenggara sebagai tanaman hias pekarangan dan tanaman pagar hidup. Beberapa orang menggunakan pohon serut sebagai obyek bonsai di dalam pot.


Ciri Ciri Daun Serut


Ciri Ciri Daun Serut

Daunnya berbentuk seperti telur yang runcing dibagian ujung, tepi daunnya bergerigi puntul, tebal, kasar, panjangnya sekitar 3-7 cm, lebar 1,5-2,5 cm.


Ciri Ciri Bunga Serut


Ciri Ciri Bunga Serut

Bunga pohon serut berbentuk bulat, berwarna hijau kekuningan dan terkadang putih, muncul di ketiak-ketiak daun.


Ciri Ciri Buah Serut


Ciri Ciri Buah Serut

Buahnya berbentuk bulat telur, sebesar lada (8-10 mm), berwarna hijau saat masih muda dan perlahan berubah warna menjadi kuning hingga oranye saat matang. Rasa buah serut manis saat matang.


Ciri Ciri Pohon Serut Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Serut

Pohon serut dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 4-8 meter, berdaun lebat, dengan cabang-cabang bengkok yang rumbun.

Pohonnya sendiri mudah ditemukan di hampir seluruh daratan nusantara, pohon serut tumbuh liar di lahan-lahan terbuka yang kering seperti kebun, sabana, dan hutan sekunder.


MANFAAT POHON SERUT :

Ini adalah tanaman etnomedisinal yang terkenal dan terdokumentasi. Berbagai-bagian tertentu pohon serut digunakan dalam Ayurveda dan obat-obatan tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit seperti filariasis, kusta, sakit gigi, diare, dan kanker. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan teknik evaluasi biologis in vitro dan in vivo yang berbeda mendukung sebagian besar klaim ini.



Di masa lalu sampai pertengahan abad ke-20 pohon serut telah digunakan sebagai sikat gigi pembersih mulut dan karena hal ini, maka pohon serut juga dikenal sebagai Pohon Sikat Gigi (Toothbrush Tree). Bagian pohon serut juga termasuk dalam bahan baku utama pembuatan pasta gigi herbal berwarna coklat tua yang populer di Thailand.

Studi yang berbeda dilakukan pada aktivitas antibakteri pada berbagai mikroorganisme yang melibatkan infeksi oral dan nasofaring dan terutama Streptococcus mutans. Ekstrak daun serut telah menunjukkan memiliki aktivitas bakterisidal selektif terhadap Streptococcus, terutama untuk Streptococcus mutans yang telah terbukti sangat terkait dengan karies gigi.

Kayu pohon serut digunakan di seluruh Asia Tenggara sebagai bahan campuran cannabis untuk mengurangi iritasi tenggorokan.

Pohon serut mengandung protease yang berpotensi sebagai enzim pembekuan susu.


2 Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Serut (Streblus asper) Di Alam Liar"

  1. Memperbanyak atau membudidayakannya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara paling umum yang digunakan untuk budidaya pohon serut adalah cangkok. Meski bisa di stek, tapi cangkok lebih diutamakan untuk memperbanyak pohon ini.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel