Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kesemek Di Alam Liar Dan Manfaatnya

Ciri Ciri Pohon Kesemek

Kesemek adalah spesies pohon yang paling banyak dibudidayakan dari genus Diospyros. Kesemek juga merupakan salah satu tanaman tertua yang dibudidayakan di Cina selama lebih dari 2.000 tahun.

Di beberapa pedesaan Cina, buah kesemek dianggap memiliki kekuatan mistik yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan sakit kepala, sakit punggung dan sakit kaki.



Rasa buah kesemek manis yang dapat dimakan saat sudah matang dengan tekstur daging buah lunak dan kadang-kadang berserat. Pohon kesemek berasal dari Cina, yang memiliki kebiasaan berganti daun, dengan bentuk daun lebar dan kaku.

Pohon kesemek pertama kali tersebar ke bagian lain di Asia Timur, seperti Jepang di mana pohon kesemek sangat populer disana. Kemudian diperkenalkan ke California dan Eropa selatan pada abad ke-19, ke Brazil pada tahun 1890-an, dan banyak kultivar telah tersebar luas dihampir seluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia.

Dalam kultivar astringen (varietas yang dibudidayakan), buah ini memiliki kandungan tannin tipe proanthocyanidin yang tinggi yang membuat buah yang belum matang terasa sangat pahit. Kadar tanin berkurang saat buahnya matang.

Selain tanin, senyawa triterpenoid seperti α-amyrin, uvaol, asam ursolat, asam ursolat 19α-hidroksi dan 19 α, asam ursolat 24-dihidroksi juga terdapat pada daun kesemek.

Buah dari kultivar-kultivar kesemek lain tidak dapat dimakan dalam keadaannya yang mentah, mereka hanya dapat dimakan saat matang saja. Buah kesemek yang matang memiliki konsistensi seperti jeli yang lembut.

Kultivar kesemek 'Hachiya' Jepang adalah kultivar astringen yang tumbuh secara luas. Kultivar lain, seperti kesemek 'Fuyu', tidak mengandung tanin, dan itu berarti bisa dimakan seperti apel. Namun, varietas non-astringen ini dianggap memiliki rasa yang kurang kompleks.

"Sharon Fruit" adalah nama buah kesemek non-astringent yang diperdagangkan di Israel. Sharon atau buah kesemek dari Israel, dinamai Sharon karena tumbuh di dataran Sharon yang subur. Kesemek sharon tidak berbiji dan rasanya kurang manis, karena mengandung lebih sedikit tannin.

Di Spanyol, ada kultivar kesemek yang beraneka ragam, seperti "Ribera del Xuquer" yang berasal dari wilayah Valencia. Ini disebut kesemek Spanyol atau Rojo Brillante.



Pohon kesemek juga dibudidayakan di Albania, terutama di wilayah Elbasan. Sejak 1930-an, ia juga tumbuh dalam jumlah kecil di Bulgaria, khususnya di Dataran Thracia Atas dan di Pantai Laut Hitam Bulgaria.

Pohon kesemek memiliki nama ilmiah Diospyros kaki, di Jepang pohon ini disebut Japanese persimmon, sedangkan di Cina disebut Chinese persimmon. Masyarakat luar Asia menyebut pohon kesemek dengan nama Oriental persimmon.

Apabila kamu ingin mengetahui ciri ciri pohon kesemek dialam liar, berikut ini lah cirinya :

1. Ciri Ciri Daun Kesemek


Ciri Ciri Daun Kesemek

Kesemek memiliki sifat menggugurkan daun atau berganti daun, dengan daun berwarna hijau sampai hijau gelap yang memiliki lanset panjang, kaku.


2. Ciri Ciri Bunga dan Buah Kesemek


Ciri Ciri Bunga Kesemek

Bunga atau bakalan buah kesemek mekar mulai dari bulan Mei hingga Juni. Buah kesemek tidak bisa matang ketika sebagian besar daunnya gugur dari pohon, itu biasanya pada bulan Oktober dan November.

Ciri Ciri Buah Kesemek

Buah kesemek berbentuk bulat sampai oval dan dengan rata-rata berat 500 gram. Kulit buahnya halus, mengkilap, dan tipis, berwarna kuning, oranye, hingga merah.


3. Ciri Ciri Pohon Kesemek


Pohon Kesemek

Pohon kesemek mirip dengan bentuk pohon apel, dengan maksimal ketinggian mencapai 8 meter.


Kesemek saat ini ditanam di seluruh dunia, dengan 90 persen berasal dari Cina, Jepang, dan Korea. Di Asia Timur waktu panen kesemek adalah bulan Oktober dan November. Setelah panen, pohon-pohon akan kehilangan daunnya / gugur.




Di Cina, pohon kesemek telah dibudidayakan sejak berabad-abad lalu. Pohon itu dianggap memiliki empat manfaat seperti :

  • Pohon yang berumur panjang.
  • Pohon yang memberi keteduan.
  • Pohon yang sering dijadikan tempat burung bersarang.
  • Pohon yang tidak diserang oleh hama.



MANFAAT BUAH KESEMEK :

Di seluruh Asia, buah kesemek dipercaya memiliki sifat penyembuhan. Dikatakan bisa membantu melawan penyakit perut dan diare.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kesemek Di Alam Liar Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel