Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Gaharu (Aquilaria malaccensis) Di Alam Liar

Daun Gaharu

Gaharu (Aquilaria malaccensis) adalah spesies tanaman dalam keluarga Thymelaeaceae. Tanaman ini ditemukan tumbuh di Bangladesh, Bhutan, India, Laos, Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Filipina, dan Thailand.

Sebelumnya, Iran diakui sebagai salah satu negara dengan populasi gaharu, tetapi setelah ditinjau CITES pada tahun 2002, menegaskan bahwa Iran tidak memiliki catatan spesies Aquilaria malaccensis atau gaharu. Akibatnya Iran tidak lagi dianggap sebagai habitat atau penghasil gaharu.

Pohon gaharu terancam punah karena hilangnya habitat dan penebangan ilegal. Pohon gaharu sendiri ialah sumber utama gaharu, sejenis damar, yang digunakan untuk parfum dan dupa.



Faktor terancamnya gaharu juga disebabkan karena meningkatnya permintaan gaharu, serta kekurangan panen dan pembalakan ilegal skala besar.

Saat ini pohon gaharu berada di ambang kepunahan di alam liar dan dimasukkan dalam daftar merah IUCN yang artinya benar-benar terancam. Banyak daerah di mana pohon gaharu dulunya berlimpah kini telah dihancurkan.

Meskipun dalam status sangat terancam punah, namun pohon gaharu mudah beradaptasi dan dapat tumbuh dengan baik di daerah yang terkontaminasi oleh polusi. Karena hal ini, rencana konservasi telah ditetapkan untuk meningkatkan gaharu di daerah yang terkontaminasi polusi dan di kebun-kebun khusus.


Ciri Ciri Daun Gaharu


Ciri Ciri Daun Gaharu

Daun gaharu tunggal, berseling, tebal, bentuknya jorong hingga jorong-melanset, dan panjang.


Ciri Ciri Bunga Gaharu


Ciri Ciri Bunga Gaharu

Bunga gaharu berbentuk payung dan tumbuh pada ketiak daun. Bunganya berukuran kecil, berwarna hijau atau kuning pucat, dan sangat jarang.


Ciri Ciri Buah Gaharu


Ciri Ciri Buah Gaharu

Buah gaharu berbentuk bulat telur dan halus.


Ciri Ciri Pohon Gaharu Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Gaharu

Tinggi pohon gaharu bisa mencapai 50 meter, dengan diameter lebih dari 1 meter. Batangnya lurus, kulit batangnya halus, dengan warna coklat keputih-putihan. Tajuknya bulat, lebat, dengan percabangan horisontal.

Untuk membudidayakan pohon gaharu, pernah dilakukan uji coba dengan biji, dan biji yang berkecambah mencapai 47%. Dalam waktu tiga tahun saja, setelah disemai, pohon gaharu muda dapat mencapai tinggu 2,5 meter.



MANFAAT POHON GAHARU :

Pohon gaharu adalah sumber utama gaharu (agarwood), suatu produk rempah-rempah berbentuk kayu dengan resin beraroma wangi yang dipakai sebagai campuran parfum dan setanggi.

Produksi resin ini unik, karena harus dirangsang oleh infeksi kapang parasit dari kelompok Ascomycetes seperti Phaeoacremonium parasitica, yang berdinding sel gelap.

Batang pohon gaharu biasa diambil batangnya untuk membuat minyak atsiri.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Gaharu (Aquilaria malaccensis) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel