Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Serut Merah / Pitaloka (Loropetalum) Di Alam Liar

Loropetalum

Pitaloka (Loropetalum) adalah genus semak atau pohon kecil dalam keluarga Hamamelidaceae, asli Cina, Jepang, dan Asia Tenggara. Nama Loropetalum memiliki arti bentuk bunganya dan berasal dari bahasa Yunani "Loron" yang berarti tali dan "Petalon" yang berarti kelopak.

Penyebutan nama sinonim untuk pohon loropetalum sangat banyak, hampir setiap daerah menyebutnya dengan nama yang berbeda-beda. Namun nama umumnya di masyarakat adalah Pohon Pitaloka dan Serut Merah. Sedangkan di internasional pohon ini disebut Chinese Fringe Flower.

Pohon pitaloka paling baik tumbuh di tanah subur, sedikit asam, dan di bawah sinar matahari penuh. Pohon pitaloka banyak ditanam sebagai tanaman hias karena warna dedaunannya yang cukup banyak sepereti hijau, kuning, ungu, dan merah.



Ini adalah salah satu tanaman berdaun warna (umumnya merah) yang tumbuh di wilayah tropis. Ketinggian pohonnya bervariasi, itu mengacu pada spesiesnya.

Keempat spesies dibawah genus loropetalum adalah :
  • Loropetalum chinense - varietas bunga putih pohonnya setinggi 3,7 meter dan varietas bunga merah pohonnya setinggi 1,5 meter.
  • Loropetalum flavum - varietas bunga kuning.
  • Loropetalum lanceum - varietas bunga putih pohonnya setinggi 13 meter.
  • Loropetalum subcordatum - pohonnya setinggi 12 meter.

Spesies Loropetalum chinense adalah yang paling populer karena memiliki daun dan bunga yang seluruhnya merah cerah.


Ciri Ciri Daun Pitaloka


Ciri Ciri Daun Loropetalum

Daunnya tersusun bergantian, berbentuk bulat telur, agak kasar, panjang 2-5 cm dan lebar 2,5 cm.


Ciri Ciri Bunga Pitaloka


Bunga Loropetalum

Bunga pitaloka tumbuh selama musim semi dan bentuknya mirip dengan bunga witch-hazel. Setiap bunga terdiri dari 4-6 (tergantung spesies) kelopak berbentuk tali sepanjang 1-2 cm.


Ciri Ciri Pohon Pitaloka


Pohon Loropetalum

Pohonnya berupa semak atau pohon kecil dengan ketinggian 1 hingga 3 meter. Namun spesies Loropetalum subcordatum dan Loropetalum lanceum dapat tumbuh hingga ketinggian 10-13 meter.




Di Indonesia, banyak pedagang tanaman hias online dan offline yang menjuadal pohon loropetalum berbagai spesies. Tanaman ini memang sangat cocok untuk menambah warna pada lanskap halaman rumah maupun taman.


MANFAAT POHON PITALOKA :

Seluruh bagian pohon pitaloka (daun, bunga, dan akar) semuanya digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Serut Merah / Pitaloka (Loropetalum) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel