Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Jakaranda (Jacaranda mimosifolia) Di Alam Liar

Bunga Jakaranda

Jakaranda (Jacaranda mimosifolia) adalah pohon sub-tropis yang berasal dari Amerika Selatan yang telah banyak ditanam di tempat lain karena bunganya yang menarik dan tahan lama.

Jacaranda telah dibudidayakan di hampir setiap negara dunia di yang tidak ada iklim beku. Namun, pohon jakaranda yang sudah tua dan berkayu keras dapat tumbuh pada suhu hingga sekitar -7 °C (19 °F).

Di AS, 48 km ke timur Los Angeles suhu musim dingin dapat turun hingga -12 °C (10 °F) selama beberapa jam, pohon-pohon jakaranda tua mampu bertahan hidup, bahkan ketika embun beku menutupi cabang-cabangnya.



Pohon jakaranda tumbuh luas di California, Arizona barat daya, Texas tenggara, dan Florida. Di California mereka tumbuh paling luas di California Selatan, tetapi umumnya di utara ke San Francisco Bay Area dan di sepanjang daerah pantai bebas es di California Utara.

Di Eropa, pohon jakaranda tumbuh di seluruh pantai Mediterania Spanyol, Portugal selatan, Italia selatan, Yunani selatan, Kepulauan Malta, dan Siprus pohon jakaranda biasanya berbunga lebih awal daripada pohon-pohon bunga Eropa lainnya.

Pohon jakaranda diperkenalkan ke Cape Town oleh Baron von Ludwig pada sekitar tahun 1829. Ini dianggap sebagai spesies invasif di beberapa bagian Afrika Selatan dan Australia.

Pretoria di Afrika Selatan dikenal sebagai Kota Jakaranda karena banyaknya pohon jakaranda yang ditanam sebagai pohon perdu jalanan, taman, dan kebun. Pada saat berbunga, kota tampak berwarna biru jika dilihat dari perbukitan.

Masih di Pretoria, pohon jakaranda disana juga dikenal sebagai pohon ujian. Dimana musim ketika bunga jakaranda mekar di Pretoria bertepatan dengan ujian akhir tahun di Universitas Pretoria. Legenda lokal mengatakan bahwa jika bunga dari pohon Jakaranda jatuh di kepala siswa, siswa akan lulus ujian.


Ciri Ciri Daun Jakaranda


Ciri Ciri Daun Jakaranda

Daunnya majemuk dua pin dan memiliki panjang mencapai 45 cm, dengan selebaran sekitar 1 cm.


Ciri Ciri Bunga Jakaranda


Ciri Ciri Bunga Jakaranda

Bunga jakaranda memiliki panjang hingga 5 cm, dan dikelompokkan dalam malai 30 cm. Bunga-bunga tersebut muncul di musim semi sampai awal musim panas, dan berlangsung hingga dua bulan.


Ciri Ciri Buah Jakaranda


Ciri Ciri Buah Jakaranda

Buah jakaranda berbentuk polong-polongan, berdiameter sekitar 5-7 cm, dan berisi banyak biji. Buahh-buah matangnya sering digunakan untuk menghias pohon Natal dan kerajinan tangan.


Ciri Ciri Pohon Jakaranda


Ciri Ciri Pohon Jakaranda

Pohon jakaranda dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter. Kulit batangnya tipis dan berwarna abu-abu kecokelatan, halus ketika pohon masih muda dan menjadi bersisik halus saat pohon sudah tua. Rantingnya ramping dan sedikit zig-zag, berwarna coklat kemerahan.


Status taksonomi jakaranda masih diperdebatkan sampai saat ini. ITIS (Integrated Taxonomic Information System) menganggap nama Jacaranda acutifolia, sebagai sinonim untuk Jacaranda mimosifolia. Namun, beberapa ahli taksonomi modern mempertahankan perbedaan antara kedua spesies ini, karena secara geografis berbeda, Jacaranda acutifolia adalah endemik di Peru, sedangkan Jacaranda mimosifolia adalah tanaman asli Bolivia dan Argentina.



Jika perbedaan ini dibuat, bentuk budidaya harus diperlakukan sebagai Jacaranda mimosifolia, karena mereka diyakini berasal dari Argentina. Sinonim lain untuk Jakaranda adalah Jacaranda chelonia dan Jacaranda ovalifolia.

MANFAAT POHON JAKARANDA :

Peneliti mengungkapkan ekstrak bagian tertentu dari pohon jakaranda menunjukkan aksi antimikroba yang lebih tinggi secara in vitro terhadap Bacillus cereus dan Escherichia coli daripada gentamisin sulfat. Ekstrak ini juga bertindak melawan Staphylococcus aureus in vitro.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Jakaranda (Jacaranda mimosifolia) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel