Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Ashwattha / Peepal / Bodhi Tree Di Alam Liar

Daun Bodhi

Bodhi (Ficus religiosa) adalah spesies Ara yang berasal dari anak benua India dan Indocina yang termasuk dalam Moraceae, keluarga Ara atau Mulberry. Pohon bodhi juga dikenal sebagai pohon Bo Tree, Pippala, Peepal, dan Ashwattha (India dan Nepal), dan Sacred fig (internasional).

Buah bodhi dianggap memiliki signifikansi keagamaan dalam tiga agama besar yang berasal dari anak benua India, yaitu Hindu, Budha dan Jainisme.

Petapa Hindu dan Jain menganggap pohon bodhi adalah pohon suci dan sering bermeditasi di bawahnya. Pohon bodhi juga tempat dimana Buddha Gautama diyakini telah mencapai pencerahan.



SEJARAH POHON BODHI

Dalam Bhagavad Gita, Krishna berkata : "Aku adalah pohon Peepal di antara pohon-pohon, Narada di antara orang bijak, Chitraaratha di antara para Gandharva, Dan bijak Kapila di antara para Siddha."

Buddha Gautama mencapai pencerahan ketika bermeditasi di bawah pohon bodhi. Tempat bersejarah ini berada di Bodh Gaya, Bihar, India.

Pohon bodhi asli dari Asia tropis yang meluputi Bangladesh, Bhutan, Cina (provinsi Yunnan), India (semua negara kecuali Kepulauan Andaman dan Nicobar), Laos, Nepal, Pakistan, Thailand, dan Vietnam. Tepi sekarang telah diperkenalkan, disebarkan dan dibudidayakan di banyak belahan dunia.

Bodhi tree begitu disebutnya, dapat tumbuh dengan baik di ketinggian mulai dari 10 hingga 1.500 mdpl. Karena kondisi iklim di berbagai negara, ia dapat tumbuh pada garis lintang mulai dari 30° N hingga 5° S. Bodhi juga dapat mentolerir suhu udara berkisar antara 0° C hingga 35° C, namun di luar batas itu pertumbuhannya kurang baik.

Pohon bodhi mudah beradaptasi dan tumbuh di berbagai tanah tetapi lebih menyukai tanah berpasir aluvial yang dalam dengan drainase baik. Tapi bodhi juga mampu tumbuh di tanah dangkal seperti di celah-celah batu.


Ciri Ciri Daun Bodhi


Daun Bodhi Tree

Daun bodhi berbentuk bulat dengan ujung meruncing yang khas, panjangnya antara 8-18 cm dan lebar 7-10 cm, dengan tangkai daun 7-11 cm.


Ciri Ciri Buah Bodhi


Buah Bodhi Tree

Buah bodhi berbentuk ara kecil berdiameter 1-2 cm, berwarna hijau saat masih muda dan menjadi ungu setelah matang.


Ciri Ciri Pohon Bodhi


Pohon Bodhi Tree

Bodhi berbentuk pohon besar dengan tinggi maksimal mencapai 30 meter dan dengan diameter batang hingga 3 meter.

Pohon bodhi memiliki umur sangat panjang, dengan rata-rata berkisar antara 1.000 sampai 1.500 tahun. Di habitat aslinya di alam liar, dilaporkan telah ditemukan pohon bodhi berumur lebih dari 3.000 tahun.

Salah satu pohon bodhi yang terkenal dan dihormati adalah Jaya Sri Maha Bodhi. Pohon bodhi yang tumbuh di kota kuno Anuradhapura di Sri Lanka ini diperkirakan berusia lebih dari 2.250 tahun dan dianggap sebagai pohon berpengaruh keagamaan tertua di dunia.




MANFAAT POHON BODHI :

Pohon bodhi digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sekitar 50 jenis penyakit termasuk asma, diabetes, diare, epilepsi, masalah lambung, gangguan inflamasi, gangguan infeksi dan seksual.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Ashwattha / Peepal / Bodhi Tree Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel