Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Sisir / Kaliage (Maclura cochinchinensis) Di Alam Liar

Ciri Ciri Pohon Kaliage

Sisir atau Kaliage (Maclura cochinchinensis) adalah spesies pohon semak yang masih dalam keluarga Moraceae. Ia adalah tanaman asli dari Cina, yang kemudian meluas ke Indonesia, Malaysia dan Australia.

Dalam bahasa inggris, pohon sisir atau kaliage disebut sebagai Cockspur. Di Vietnam, pohon sisir atau kaliage disebut N̂g-kim-kỳ, Lah-sī giò chò, Tāi-tieng-hông, Thì-kenh-á, dan Sī chi̍t-chióng si̍t-bu̍t. Sedangkan di Thailand, ia dikenal dengan nama Kae, Kong, Phrae, Yellow Sakae, Gallatin, Khor, Khian Kho, Thorn Khae, dan Kalen.

Spesies ini mendiami berbagai jenis hutan tropis, dan yang paling umum di hutan hujan. Buah dari pohon sisir atau kaliage berbentuk bulat kecil, berwarna oranye, dapat dimakan dan rasanya manis. Buahnya sendiri merupakan sumber makanan tradisional suku Aborigin.



Pohon sisir atau kaliage pertama kali dideskripsikan oleh (João de Loureiro) Edred John Henry Corner dan diterbitkan di The Gardens' Bulletin Singapore pada 1962.

Nama-nama ilmiah sinonim untuk menyebut pohon sisir atau kaliage termasuk :

  • Maclura cochinchinensis var. gerontogea
  • Maclura gerontogea
  • Trophis spinosa
  • Vanieria cochinchinensis



Ciri Ciri Daun Pohon Sisir / Kaliage


Ciri Ciri Daun Sisir

Duannya elliptic-lanceolate, bujur hingga bulat telur (bervariasi tergantung habitatnya) berukuran rata-rata panjang 8 cm dan lebar 3 cm.


Ciri Ciri Bunga Pohon Sisir / Kaliage


Ciri Ciri Bunga Sisir

Bunga jantannya berdiameter 6-10 mm dan betinanya 1 cm berwarna kuning cerah.


Ciri Ciri Buah Pohon Sisir / Kaliage


Ciri Ciri Buah Sisir

Buahnya bulat kecil berukuran 2-5 cm, memiliki warna oranye kemerahan dan menjadi cokelat saat matang. Pohon sisir atau kaliage berubah pada bulan April hingga Mei.


Ciri Ciri Pohon Pohon Sisir / Kaliage Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Sisir

Pohon sisir atau kaliage umumnya membentuk semak padat, meskipun nantinya ia dapat menjadi semak besar yang bisa mencapai ketinggian 5 meter. Cabang glabrous dengan duri-duri yang melengkung atau lurus sepanjang 2-3 cm (durinya sedikit di pohon yang tua).




Saat ini pohon sisir atau kaliage banyak ditemukan di Anhui, Fujian, Guangdong, Guangxi, Guizhou, Hainan, Hubei, Hunan, Jiangxi, Sichuan, Taiwan, Xizang, Yunnan, Zhejiang di Cina. Diluar habitat aslinya, ini juga banyak tumbuh dan dinaturalisasi di di Jepang, , Indonesia, Malaysia, Bhutan, India, Burma, Nepal, Filipina, Sikkim, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, Australia, dan Kepulauan Pasifik.


MANFAAT POHON SISIR / KALIAGE :

Dalam pengobatan tradisional, ekstrak pohon sisir atau kaliage digunakan untuk menyembuhkan demam, tifoid, diare, limfatik, tonik, dan sebagai diuretik. Sedangkan akarnya sebagai antioksidan.

1 Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Sisir / Kaliage (Maclura cochinchinensis) Di Alam Liar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel