Artikel Pilihan

Ciri Ciri Beringin Dolar (Ficus microcarpa 'Green Island') Di Alam Liar

Beringin Dolar

Green Island Fig atau yang kita kenal dengan sebutan Beringin Dolar (Ficus microcarpa var. 'Green Island') adalah spesies tanaman tropis dari keluarga Ara, Moraceae. Ini asli flora Asia tenggara tropis dan telah disebarluaskan diluar habitat aslinya.

Pohon beringin dolar dikenal karena ukuran daunnya yang lebih kecil dan sistem perakarannya yang lebih sederhana. Pohonnya relatif mudah tumbuh di daerah yang hangat dan lembab seperti di Indonesia.

Di Florida dan sebagian wilayah Amerika Selatan, pohon beringin dolar sangat dihargai karena banyak digunakan sebagai tanaman hias pekarangan dan bonsai.



Di wilayah beriklim dingin, pohon beringin dolar memiliki pertumbuhan yang lambat dan tingginya tidak lebih dari 10 meter.

Pohon beringin dolar di Indonesia biasanya ditanam sebagai tanaman pagar dan umumnya ditemukan tumbuh di pekarangan masyarakat tidak lebih dari 3 meter. Itu karena pertumbuhannya selalu dikelola dengan cara pemangkasan.


Ciri Ciri Daun Beringin Dolar


Ciri Ciri Daun Beringin Dolar

Daun beringin dolar mengkilap dan jauh lebih kecil dibandingkan dengan daun beringin pada umumnya. Bentuknya pun bulat atau bulat telur dan tumbuh padat/rapat.


Ciri Ciri Buah Beringin Dolar


Buah Beringin Dolarpng

Buahnya berupa berry khas buah spesies pohon Ara. Hijau saat muda dan oranye hingga merah saat matang.


Ciri Ciri Pohon Beringin Dolar


Ciri Ciri Pohon Beringin Dolar

Di habitat asalnya beriklim tropis, pohon beringin dolar dapat tumbuh mencapai ketinggian 25-30 meter dan diameter batang mencapai 2-3 meter.

Untuk pemeliharaan beringin dolar, direkomendasikan menanamnya di tanah yang memiliki kelembaban tinggi dan mendapat sinar matahari penih sepanjang hari.

Saat ditempatkan di dalam ruangan, pastikan pohonnya mendapat cahaya lampu yang banyak sepanjang hari.


PERBEDAAN BERINGIN LOKAL DAN BERINGIN DOLAR :
Perbedaan Beringin Lokal dan Beringin Dolar
Perbedaan Beringin Lokal dan Beringin Dolar | Source : bonsaioutlet.com

Dari segi pertumbuhan, keduanya hampir tak berbeda. Begitupun dengan warna dan bentuk batang, akar, dan buah. Yang jelas-jelas membedakan keduanya adalah bentuk daun. Daun beringin lokal memanjang dan menjuntai, sedangkan daun beringin dolar bulat telur, padat, dan cenderung tumbuh menghadap atas.


CARA PERBANYAK / BUDIDAYA POHON BERINGIN DOLAR :

Perbanyakan beringin dolar dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu semai biji buahnya, stek akar, dan stek pucuk (jarang yang mencangkok).

Sistem perakaran beringin dolar merambat dan menyebar dengan cepat ke segala arah seperti halnya beringin kimeng atau spesies beringin lainnya.



Akar tersebut dapat dipotong dan ditanaman untuk menumbuhkan tanaman baru. Caranya ialah dengan memotong akar muda, kemudian menyelupkan ke dalam hormon perangsang akar, lalu tanam di pot atau polybag berukuran agak besar.

Jangan tutup dengan plastik / sungkup, karena beringin mudah berjamur dan mati jika dilakukan seperti itu. Cukup dengan meletakkan pot atau polybag di tempat teduh dan disiram rutin.

Tunas baru akan muncul dalam 1-2 minggu dan itu bisa dipindahkan ke lahan tanah langsung atau menempatkannya ke tempat yang terkena sinar matahari penuh.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Beringin Dolar (Ficus microcarpa 'Green Island') Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel