Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Mimba (Azadirachta indica) Di Alam Liar

Mimba (Azadirachta indica)

Mimba (Azadirachta indica) adalah pohon dalam keluarga Meliaceae, dan berkerabat dekat dengan pohon mahoni. Ini adalah salah satu dari dua spesies dalam genus Azadirachta, yang merupakan tanaman asli dari India, Nepal, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, dan Maladewa. Pohon ini juga ditemukan tumbuh di pulau-pulau yang terletak di bagian selatan Iran.

Pohon mimba biasanya tumbuh di daerah tropis dan semi tropis. Buah dan bijinya adalah sumber minyak nimba. Di negara berbahasa Inggris, pohon mimba sering disebt dengan Neem, Nimtree atau Indian Lilac.

Pohon mimba terkenal karena dapat bertahan pada kekeringan. Ia biasanya tumbuh subur di daerah dengan kondisi kering dengan curah hujan tahunan 400–1.200 mm, namun ia juga bisa tetap hidup meskipun curah hujan tahunan di bawah 400 mm.



Pohonnya toleran berbagai jenis tanah, tapi tumbuh paling subur di tanah yang dalam dan berpasirdengan suhu rata-rata 21-32 °C, dan dapat mentolerir suhu tinggi (panas) namun tidak bertahan pada suhu di bawah 4 °C (dingin).

Mimba adalah salah satu dari sedikit pohon peneduh yang tumbuh subur di daerah kering misalnya distrik selatan India, dan Pakistan. Pohon-pohon mimba disana sama sekali tidak berpengaruh pada kualitas air, asalkan ada air (apapun kualitasnya) mereka dapat tumbuh subur.

Di India dan negara-negara tropis panas pohon mimba sangat umum digunakan untuk peneduh jalan, halaman kuil, sekolah, dan bangunan lainnya.


Ciri Ciri Daun Mimba


Ciri Ciri Daun Mimba
Source : flickr.com/Forest and Kim Starr

Daunnya menyirip, berisi sekitar 20-30 selebaran, setiap selebaran memiliki panjang 20-40 cm dan berwarna hijau gelap.


Ciri Ciri Bunga Mimba


Ciri Ciri Bunga Mimba
Source : flickr.com/Alka Khare

Bunganya berwarna putih dan harum, bergerombol, tersusun dalam malai aksila sepanjang 20-25 cm.


Ciri Ciri Buah Mimba


Ciri Ciri Buah Mimba
Source : flickr.com/Dinesh Valke

Buah mimba berbentuk oval hampir bulat, alus, dan panjangnya 2-3 cm. Kulit buahnya tipis dan daging buahnya pahit-manis, berwarna putih kekuningan dan sangat berserat.


Ciri Ciri Pohon Mimba


Ciri Ciri Pohon Mimba
Source : flickr.com/Shanti Dhama

Mimba adalah pohon yang tumbuh cepat, ia dapat tumbuh mencapai ketinggian 20-25 meter. Pohonnya ini selalu hijau, tetapi pada musim kemarau yang parah dapat menggugurkan sebagian atau hampir semua daunnya.

Cabang-cabangnya lebar dan menyebar. Mahkota padat berbentuk bundar dan dapat mencapai diameter 20-25 meter. Di alam liar, pohon mimba sangat mirip dengan kerabatnya, Chinaberry (Melia azedarach).

Mimba dianggap sebagai pohon gulma di banyak daerah, termasuk Timur Tengah, Afrika Barat dan negara-negara di Samudra Hindia, terutama Australia.



MANFAAT POHON MIMBA :

Obat tradisional yang dibuat dari pohon mimba telah digunakan di India selama lebih dari 2000 tahun. Obat tradisional tersebut diyakini oleh Siddha dan praktisi Ayurvedic sebagai antelmintik, antijamur, antidiabetes, antibakteri, antivirus, kontrasepsi, dan obat penenang.

Minyak nimba juga digunakan untuk membuat rambut sehat, meningkatkan fungsi hati, detoksifikasi darah, dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Daun nimbatelah digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dll.

Di India, daun nimba juga seringkali dikeringkan untuk ditempatkan di lemari untuk mencegah serangga memakan pakaian.

Biji buah mimba adalah bahan utama dalam pengelolaan non-pestisida (NPM), yang memberikan alternatif alami untuk pestisida sintetis.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Mimba (Azadirachta indica) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel