Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Seribu Bintang (Serissa japonica) Di Alam Liar

Seribu Bintang (Snowrose)

Seribu Bintang atau Serbin (Serissa japonica) dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Snow Rose dan Japanese Boxthorn, adalah tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae asli Asia Tenggara.

Sebelumnya pohon ini bernama Serissa foetida namun kini diganti menjadi Serissa japonica. Nama 'Foetida' mengacu pada bau yang tidak enak, yang dikeluarkan jika pohon atau daunnya dilukai.

Pohon seribu bintang tergolong dalam pohon yang paling banyak digunakan sebagai bonsai di Amerika dan Eropa. Tidak sulit untuk merawatnya, tetapi sangat manja (mudah layu dan mati).



Penggemar bonsai pemula yang berniat membentuk pohon ini justru akan menghancurkan pohon jika tidak tahu informasi mendalam tentang latar belakang pohon ini. Pohon seribu bintang dapat merespons perlakuan manusia kepadanya dengan tanda-tanda menggugurkan daun jika terlalu banyak air, kurang air, atau suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas, dan ia juga akan layu bahkan mati apabila di pindah dari alam liar ke lokasi baru.

Kabar baiknya, pohon seribu bintang akan sehat kembali ketika ditanam pada tanah dan tempat yang cocok.


Ciri Ciri Daun Seribu Bintang


Ciri Ciri Daun Seribu Bintang
Source : flickr.com/confessin' QP

Daunnya lonjong, berwarna hijau tua, agak tebal, dan baunya tidak enak jika dilukai / d.


Ciri Ciri Bunga Seribu Bintang


Ciri Ciri Bunga Seribu Bintang
Source : flickr.com/CANTIQ UNIQUE

Bunganya berwarna putih, memiliki 4-5 lobed, berbentuk corong, dan lebarnya sekitar 1 cm. Bunga seribu bintang tumbuh sepanjang tahun, terutama dari awal musim semi hingga mendekati musim gugur.


Ciri Ciri Pohon Seribu Bintang


Ciri Ciri Pohon Seribu Bintang
Source : Google Images

Pohon seribu bintang tumbuh membentuk semak belukar dengan tinggi rata-rata di alam liar 60 cm.

Meskipun pohon seribu bintang seringkali disebut sebagai Snowrose, namun ia dari kultivar yang berbeda. Satu-satunya cara membedakan antara seibu bintang asli dan snowrose idalah dengan mengukur perbedaan bentuk dan ukuran bunganya.



Ada banyak kultivar seribu bintang, yang menghasilkan bunga ganda/tumpuk dan daun beraneka ragam. Salah satunya adalah Serissa japonica 'Pink Snow Rose' memiliki bunga berwarna merah muda pucat dan daunnya berwarna putih pucat. Kultivar populer lainnya termasuk 'Variegata', 'Variegated Pink', 'Pink Mystic', 'Snowflake', 'Snowleaves', 'Mt. Fuji', 'Kyoto' dan 'Sapporo'.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Seribu Bintang (Serissa japonica) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel