Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Bungur Micro (Lagerstroemia indica) Di Alam Liar

Bungur Micro

Bungur micro atau Crape myrtle (Lagerstroemia indica) adalah spesies dalam genus Lagerstroemia dalam keluarga Lythraceae, yang berasal dari Asia Tenggara, meliputi Cina, Korea, dan Jepang. Bungur micro juga dikenal sebagai Sakura lokal oleh masyarakat Indonesia.

Pohon bungur micro sering tumbuh dengan batang yang cukup banyak seperti merumpun, ia juga terkadang menggugurkan daun. Pohonnya sangat cocok ditanam di bawah sinar matahari penuh karena membuatnya lebih cepat berbunga dan subur. Meski demikian, pohon ini juga tetap bisa hidup di bawah naungan / kanopi.

Di Inggris, pohon bungur micro telah memperoleh penghargaan dari Royal Horticultural Society.



Di Amerika Serikat, pohon bungur micro sangat populer di negara bagian musim dingin-ringan (Zona USDA 7-10).

Perawatan pohon bungur micro yang sederhana menjadikannya salah satu tanamanyang paling umum ditanam di taman, di sepanjang trotoar, atau di halaman rumah. Ia juga sering ditemukan dipeluihara di dalam pot besar di pelaragan rumah masyarakat.

Pohon bungur micro cukup kuat, ia dapat bertahan pada suhu panas yang cukup tinggi, namun tidak bisa hidup pada suhu dingin atau tanah yang selalu lembap (sering terserang jamur dibagian akar).


Ciri Ciri Daun Bungur Micro


Ciri Ciri Daun Bungur Micro
Source : flickr.com/Mauricio Mercadante

Daun bungur micro berbentuk lebih kecil dibandingkan Bungur biasa (Lagerstroemia speciosa), bundar atau oval, dan berwarna hijau tua yang kemudian berubah menjadi kuning-oranye-merah di musim gugur.


Ciri Ciri Bunga Bungur Micro


Ciri Ciri Bunga Bungur Micro
Source : flickr.com/ecos de pedra

Bunganya memiliki beberapa varian, diantaranya putih, pink, merah, dan ungu.


Ciri Ciri Pohon Bungur Micro


Ciri Ciri Pohon Bungur Micro
Source : flickr.com/Jindrich Shejbal

Pohon bungur micro lebih suka sinar matahari penuh dan dapat tumbuh hingga ketinggian 6 meter dengan penyebaran dahan dan ranting mencapai lebar 6 meter. Kulit batangnya halus, berwarna abu-abu kemerahan dan berbintik-bintik.



Pohon ini sangat umum ditanam di negara-negara Atlantik Selatan, Atlantik Tengah sampai ke daerah pesisir Massachusetts dan seringkali ditemukan tumbuh menjadi semak besar yang cantik saat berbunga atau musim gugur.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bungur Micro (Lagerstroemia indica) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel