Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Sikat Botol Merah (Melaleuca citrina) Di Alam Liar

Bunga Sikat Botol Merah

Sikat botol merah (Melaleuca citrina atau Callistemon citrinus) umumnya dikenal sebagai Red Bottlebrush, adalah tanaman dalam keluarga Myrtaceae dan endemik di New South Wales serta di Victoria, Australia.

Meskipun tanaman ini telah berganti nama dari yang sebelumnya Callistemon citrinus menjadi Melaleuca citrina, namun beberapa negara bagian Australia terus menggunakan nama Callistemon citrinus.

Pohon sikat botol merah adalah spesies yang kuat dan mudah beradaptasi. Tanaman ini dibudidayakan secara luas di hampir seluruh dunia, tidak hanya di Australia.



Ini adalah salah satu tanaman Australia pertama yang ditanam di luar negeri, yang dibawa ke Inggris pada tahun 1770 oleh Joseph Banks. Bunganya berwarna merah mencolok dan mekar dalam situasi yang ideal setiap tahunnya.

Pohon sikat botol merah dideskripsikan pertama kali pada tahun 1802 oleh ahli botani Prancis, Georges Louis Marie Dumont de Courset di Le Botaniste Cultivateur.

Sebelumnya, spesies ini dikenal sebagai Metrosideros citrina, yang dinamai oleh William Curtis dalam Majalah Botani pada 1794.


Ciri Ciri Daun Sikat Botol Merah


Ciri Ciri Daun Sikat Botol Merah

Daunnya tersusun bergantian dengan panjang 26-99 mm dan lebar 4-25 mm, kaku, datar, berbentuk bulat telur dengan ujung yang mengerucut ujungnya tapi tidak tajam.


Ciri Ciri Bunga Sikat Botol Merah


Ciri Ciri Bunga Sikat Botol Merah

Bunganya berwarna merah cerah, bertandan, dan tumbuh di ujung cabang yang terus tumbuh setelah berbunga.


Ciri Ciri Buah Sikat Botol Merah


Ciri Ciri Buah Sikat Botol Merah

Berbunga pada bulan November dan Desember, diikuti oleh buahnya berbentuk kapsul dengan panjang 4,4-7 mm dan lebar 7 mm dalam kelompok silinder di sepanjang batang.


Ciri Ciri Pohon Sikat Botol Merah


Ciri Ciri Pohon Sikat Botol Merah

Pohon sikat botol merah berbentuk semak yang tumbuh setinggi 5 meter, tetapi biasanya dalam kisaran 1-3 meter.

Kulit batangnya keras, berserat, dan saat tanaman ini masih muda biasanya diselimuti dengan bulu-bulu halus.




CARA PERBANYAK POHON SIKAT BOTOL MERAH :

Untuk memperbanyak pohon sikat botol merah adalah dengan cara semai biji atau stek. Tanaman ini tergolong mudah tumbuh karena dapat hidup di sebagian besar tanah, namun lebih subur jika ditempatkan pada lokasi yang cerah. Sikat botol merah juga tahan terhadap cuaca dingin dan panas.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Sikat Botol Merah (Melaleuca citrina) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel