Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia) Di Alam Liar

Buah Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia)

Jeruk kingkit (Triphasia trifolia) adalah spesies tanaman Triphasia dari keluarga Rutaceae, yang berasal dari Asia Tenggara tropis di Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Jeruk kingkit masih berkerabat dekat dengan tanaman jeruk-jerukan (Citrus). Ia memiliki nama ilmiah atau botani sinonim yang masih digunakan, seperti Limonia trifolia dan Triphasia aurantiola.

Nama-nama umum yang digunakan untuk menyebut pohon jeruk kingkit dalam bahasa Inggris adalah Limeberry, Sweet lime, dan Limoncitong kastila. Sedangkan di Indonesia jeruk kingkit dikenal sebagai Jeruk kingkit (Jawa), Kalijage, Kingkip (Sunda), Kingkit, Limau kiah, Limau kunci (Melayu), Jeruk rante (bahasa Madura), Lemo-lemo (Makassar dan Ternate), serta Joji koyo (Tidore).



Jeruk kingkit sering ditanam untuk diambil buahnya. Pohon jeruk kingkit telah secara luas diperkenalkan dan dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis di dunia dan telah dinaturalisasi di sejumlah pulau di Samudera Pasifik tropis.

Pohon jeruk kingkit juga telah dicatat sebagai invasif potensial di beberapa kepulauan Samudra Hindia, dan di sepanjang Pantai Amerika Serikat dari Florida ke Texas serta di Karibia.

Jeruk kingkit telah mendapatkan popularitas sebagai tanaman hias dan bonsai. Di daerah beriklim subtropis (bersalju) pohon jeruk kingkit harus disimpan di rumah kaca di mana pohon jeruk umum bisa tumbuh subur.

Di lokasi tropis seperti Indonesia dan Malaysia, jeruk kingkit menjanjikan sebagai tanaman buah komersial yang potensial.


Ciri Ciri Daun Jeruk Kingkit


Ciri Ciri Daun Jeruk Kingkit

Daunnya trifoliate, berwarna hijau gelap mengkilap, masing-masing selebaran daun berukuran 2-4 cm dan lebar 1,5-2 cm.


Ciri Ciri Bunga Jeruk Kingkit


Ciri Ciri Bunga Jeruk Kingkit

Bunganya berwarna putih, dengan tiga kelopak panjang 10-13 mm dan lebar 4 mm.


Ciri Ciri Buah Jeruk Kingkit


Ciri Ciri Buah Jeruk Kingkit

Buah jeruk kingkit berwarna hijau saat masih mudah dan berubah merah setelah tua atau matang. Buahnya berdiameter 10-15 mm dan dapat dimakan.

Daging buahnya halus, dengan rasa yang menyerupai jeruk nipis, namun sedikit lebih manis.


Ciri Ciri Pohon Jeruk Kingkit Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Jeruk Kingkit

Pohon jeruk kingkit berbentuk semak berduri (jarang yang berbentuk pohon kecil) dan tumbuh hingga ketinggian 3 meter.




SEJARAH POHON JERUK KINGKIT :

Serat Centini menyebut putri keraton menggunakan buah jeruk kingkit untuk merawat kuku. Pohonnya digunakan sebagai pohon peneduh atau pembatas jalan di Kepulauan Seribu.


MANFAAT POHON JERUK KINGKIT :

Buah jeruk kingkit berkhasiat sebagai obat batuk dan daunnya untuk obat sakit perut.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel