Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Santigi Karang (Pemphis acidula) Di Alam Liar

Santigi Karang

Santigi karang (Pemphis acidula) adalah termasuk dalam genus Pemphis dalam keluarga Lythraceae. Spesies ini pertama kali di deskripsikan oleh J.R. Forst pada 1775. Santigi karang termasuk salah satu tanaman yang tumbuh di tanah berpasir dan berkapur.

Pohon ini memiliki bentuk semak halofit yang dapat mencapai ketinggian 3-5 meter. Berasal dari Asia tropis dan mudah ditemukan di pesisir pantai Indonesia, Samudra Hindia, Samudra Pasifik barat dan Samudra Pasifik tengah.

Kayu dari pohon santigi karang dihargai dan digunakan secara tradisional dalam banyak budaya karena sifatnya yang keras, berat, dan tahan terhadap busuk atau melengkung.



Biasanya, kayu santigi karang dibuat menjadi tongkat, tiang, pagar, gagang perkakas, dan jangkar.

Ada beberapa nama untuk menyebut pohon santigi karang, diantaranya ialah Santigi, Stigi, Cantigi, Cantingi, Centingi, dll. Di RĂ©union dan Mauritius, pohon ini dikenal dengan nama Bois Matelot dan Miki Miki.

Di Maladewa kayu keras santigi karang digunakan dalam pembuatan kapal tradisional dan untuk membuat "nails", yaitu kayu khusus yang digunakan dalam sihir lokal. Di Pulau Marovo, Tonga, Tahiti, dan pulau-pulau Pasifik Selatan lainnya, kayu pohon santigi digunakan untuk membuat alu, senjata, dan sisir.

Pohon santigi karang juga merupakan salah satu spesies tanaman yang paling sering digunakan untuk bonsai berharga, terutama di Asia.


Ciri Ciri Daun Santigi Karang


Ciri Ciri Daun Santigi Karang

Daun muda, ranting, dan perbungaan ditutupi dengan bulu halus. Daunnya berseberangan, hampir sessile, tebal, dengan elips sempit hingga lanset, panjangnya 1-3 cm.


Ciri Ciri Bunga Santigi Karang


Ciri Ciri Bunga Santigi Karang

Bunga santigi karang teratur, heksagonal, tunggal atau 2 di ketiak dau, berbentuk kerucut. Mahkota bunganya berwarna putih atau merah muda, terdiri dari 6 daun mahkota, berbentuk bulat telur hampir orbicular.


Ciri Ciri Buah Santigi Karang


Ciri Ciri Buah Santigi Karang

Buah santigi karang berbentuk kapsul sepanjang 6 mm, saat matang akan terbuka dan menjatuhkan biji-bijinya.


Ciri Ciri Pohon Santigi Karang Di Alam Liar


Ciri Ciri Pohon Santigi Karang

Pohon santigi karang memiliki tinggi sekitar 1-3 meter, namun ini juga bisa tumbuh membesar hingga 7-8 merer (tapi jarang), dan diameter batang 30-50 cm.




Saat tumbuh di Cina, pohon santigi karang meluas ke Taiwan dan Jepang. Di Madagaskar, spesies santigi yang tumbuh disana adalah Pemphis madagascariensis, tetapi dalam taksonomi saat ini diklasifikasikan dalam genus Koehneria.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Santigi Karang (Pemphis acidula) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel