Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Bunga Azalea / Rhododendron Di Alam Liar

Ciri Ciri Pohon Azalea (R. javanicum)

Pohon bunga Azalea adalah genus dari 1.024 spesies tanaman kayu dalam keluarga Ericaceae, baik yang selalu hijau atau gugur (tropis dan subtropis).

Azalea memiliki nama ilmiah Rhododendron, yang berasal dari bahasa Yunani Kuno rον rhódon dan treeνδρον déndron.

Tanaman ini sangat populer sebagai tanaman hias dan bonsai di Asia, meskipun juga tersebar luas di seluruh dataran tinggi Pegunungan Appalachian di Amerika Utara.



Bunga Azalea adalah simbol nasional negara Nepal, Virginia Barat, Washington, Sikkim, dan Uttarakhand. Sebagian besar spesies Azalea memiliki bunga berwarna cerah yang mekar dari akhir musim dingin hingga awal musim panas.

Azalea membentuk dua subgenera dari Rhododendron. Keduanya dibedakan dari rhododendron "asli" yang hanya memiliki lima kepala sari per bunga.

Berikut ini ciri ciri pohon bunga Azalea atau Rhododendron di alam liar :


1. Ciri Ciri Daun Azalea


Daun Azalea (R. javanicum)

Daunnya tertata secara spiral, ukuran daun dapat berkisar dari 1-2 cm hingga lebih dari 50 cm, yang terbesar adalah 100 cm yang dimiliki spesies Rhododendron sinogrande.

Pada beberapa spesies Azalea, bagian bawah daun ditutupi dengan sisik (lepidote) atau bulu halus (indumentum).


2. Ciri Ciri Bunga Azalea


Bunga Azalea (R. javanicum)

Beberapa spesies Azalea yang terkenal karena bunganya yang berwarna warni dan indah. Sebagian besar Azalea yang tumbuh di Indonesia aladah Azalea tropis dengan bunga berwarna merah dan merah tua.


3. Ciri Ciri Pohon Azalea


Pohon Azalea (R. javanicum)

Azalea memiliki bentuk pohon semak (jarang yang besar), spesies terkecil yang tumbuh hanya setinggi 10-100 cm, dan yang terbesar, Rhododendron protistum var. giganteum, setinggi 30 meter.

Meskipun Azalea telah dikenal sejak spesies pertamanya, Rhododendron hirsutum, oleh Charles de l'Écluse pada abad ke 16, namun genus pertamanya dideskripsikan secara formal oleh Linnaeus dalam spesies Plantarum pada 1753.

Linnaeus mendaftarkan lima spesies Azalea di bawah Rhododendron, yaitu Rhododendron ferrugineum, Rhododendron dauricum, Rhododendron hirsutum, Rhododendron chamaecistus (sekarang Rhodothamnus chamaecistus), dan Rhododendron maximum.



Saking banyaknya spesies pohon Azalea, mulai dari yang tumbuh di daerah tropis hingga subtropis, ada kelompok atau penggemar Azalea yang membuat rincian mendalam dari masing-masing spesies Azalea yang ada di seluruh dunia. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengaksesnya website Azaleas.org atau Daftar Spesies Rhododendron.

Di negara kita Indonesia, ada beberapa spesies yang bisa ditemukan di alam liar atau dibeli di pedagang tanaman hias, yaitu :

  • Rhododendron album yang tumbuh di Pulau Jawa pada ketinggian 1.100-1.600 mdpl (dilindungi).
  • Rhododendron javanicum di Pulau Jawa dan Bali.
  • Rhododendron loerzingii yang tumbuh di gunung Merapi, Merbabu, dan Sumbing.
  • Rhododendron wilhelminae yang tumbuh di gunung Salak pada ketinggian 1.300-1.400 mdpl (dilindungi).
  • Rhododendron radians yang tumbuh di Sulawesi Tengah.
  • Rhododendron renschianum yang tumbuh di Nusa Tenggara Timur.
  • Rhododendron rhodopus yang tumbuh di Sulawesi Selatan.
  • Rhododendron seranicum yang tumbuh di Sulawesi Tengah.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bunga Azalea / Rhododendron Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel