Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Elm Cina (Ulmus parvifolia) Di Alam Liar

Elm Cina

Elm Cina (Ulmus parvifolia) umumnya dikenal sebagai Chinese Elm adalah spesies pohon asli Asia Timur, termasuk Cina, Taiwan, Jepang, Korea Utara, dan Vietnam.

Pohon Chinese Elm digambarkan sebagai salah satu pohon elm yang paling indah diantara yang lainnya karena memiliki daun mirip Nothofagus yang menarik.

Chinese Elm diperkenalkan ke Inggris pada tahun 1794 oleh James Main, yang dikumpulkan dari Cina untuk Gilbert Slater.



Banyak tukang kebun dan penjual tanaman keliru menyebut Chinese Elm asli (Ulmus parvifolia) dengan Siberian Elm (Ulmus pumila), karena keduanya memang benar-benar mirip, dan cara yang paling mudah membedakan keduanya adalah mengetahui asal mereka. Tapi, karena kemiripan tersebut telah memberikan reputasi yang buruk bagi Chinese Elm asli.

Untuk membedakan antara Chinese Elm asli dengan Siberian Elm selain dari asal mereka ialah dari ciri fisik, yaitu kulit batang pohonnya. Kulit batang Siberian Elm sangat berkerut, kasar, dan berwarna hitam keabu-abuan ketika pohonnya tumbuh menjadi dewasa, sedangkan kulit pohon Chinese Elm asli lebih halus dan memiliki bercak-bercak berwarna terang yang sangat khas.


Ciri Ciri Daun Elm Cina


Ciri Ciri Daun Elm Cina
Source : flickr.com/Paco Garin

Daunnya tunggal, berwarna hijau, memiliki tepi bergigi, kasar, berukuran kecil, panjang 2-5 cm dan lebar 1-3 cm.


Ciri Ciri Buah Elm Cina


Ciri Ciri Buah Elm Cina
Source : flickr.com/Paco Garin

Buahnya berbentuk elips hingga bulat telur, panjang 10-13 mm dengan lebar 6-8 mm. Sebagian besar berbulu, tumbuh pada tangkai dengan panjang 1-3 mm, dan muncul di akhir musim gugur.


Ciri Ciri Pohon Elm Cina


Ciri Ciri Pohon Elm Cina
Source : flickr.com/John Hagstrom

Pohon elm cina tumbuh berbentuk pohon kecil sampai sedang, dan dapat mencapai tinggi 15-18 meter. Batangnya memiliki kulit abu-abu cerah dan mengelupas dengan warna cokelat kemerahan.

Seluruh spesies pohon Elm memiliki kayu yang keras dan kuat yang membuatnya populer sebagai perkakas, busur, dan pemukul bisbol.



Kayu Elm Cina dianggap yang paling baik, awet, dan unggul. Karena itulah kayu Elm Cina banyak digunakan untuk furnitur, lemari, lantai kayu, dan penggunaan khusus.

Pohon Elm Cina umumnya ditanam sebagai tanaman hias di Jepang, terutama di sekitar Osaka. Selain itu, pohon Elm Cina juga seringkali digunakan sebagai pohon bonsai atau sebagai pohon ornamen, landscape, taman dan tanaman peneduh pekarangan.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Elm Cina (Ulmus parvifolia) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel