Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kawista (Limonia acidissima) Di Alam Liar

Kawista

Kawista (Limonia acidissima) adalah spesies tanaman asli Kepulauan Andaman, Bangladesh, India, dan Sri Lanka. Spesies ini juga telah diperkenalkan di Indonesia dan Malaysia.

Buah kawista sering digunakan untuk membuat jus. Buah yang matang dapat kadang dibuat sebagai acar-acar dengan cara dihaluskan bersama cabai hijau, gula, dan garam.



Pohon kawista kuat, ia tahan pada kondisi kering dan tanah yang buruk. Pohonnya sendiri masih berkerabat dengan pohon buah Maja (Aegle marmelos).

Di Indonesia pohon kawista sudah mulai langka, namun beberapa daerah mulai membudidayakan pohon di kebun-benuh kecil atau di lahan kosong.


Ciri Ciri Daun Kawista


Ciri Ciri Daun Kawista

Daunnya menyirip, dengan 5-7 selebaran, setiap daun memiliki panjang 2-4 cm dan lebar 1-2 cm.


Ciri Ciri Bunga Kawista


Ciri Ciri Bunga Kawista

Bunganya berwarna putih dan memiliki lima kelopak.


Ciri Ciri Buah Kawista


Ciri Ciri Buah Kawista

Buah kawista berbentuk berry dengan diameter 5-9 cm. Buah tersebut memiliki kulit yang sangat keras, tampak berwarna coklat kehijauan dari luar dan mengandung pulp coklat dan biji putih kecil.

Buahnya terlihat mirip dengan buah Bael (Aegle marmelos). Ini mengandung sejumlah besar protein, karbohidrat, ferus, lemak, kalsium, Vit-B & C dll. 100g pulp buah kawista matang mengandung hingga 49 KCal.


Ciri Ciri Pohon Kawista


Ciri Ciri Pohon Kawista

Pohon kawista dapat tumbuh hingga 10 meter, dengan kulit kayu yang kasar dan berduri. Pohonnya toleran terhadap macam-macam tanah dan mampu bertahan paa musim kemarau panjang.

Kawista juga memiliki beberapa nama sinonim lain dalam botani, yaitu :
  • Feronia elephantum
  • Feronia limonia
  • Schinus limonia



MANFAAT POHON KAWISTA :

Di Aceh, buah kawista dikenal dengan nama buah batok, dan dimanfaatkan sebagai bahan campuran bumbu rujak Aceh dan sirup.

Di Kabupaten Rembang, buah kawista diolah menjadi sirup yang dikenal dengan nama setempat sebagai sirup kawis.

Orang Bima dan Dompu di NTB menyebutnya pohon kawi dan merupakan salah satu bahan pelengkap rujak khas suku Mbojo (Bima).


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kawista (Limonia acidissima) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel