Artikel Pilihan

Cara Pemupukan Pohon Pisang Dengan Pupuk Urea Secara Efektif

Ciri Ciri Pupuk Urea

Pisang adalah salah satu buah populer yang disukai banyak orang, karena memiliki rasa yang lezat dan pisang sangat menunjang kesehatan tubuh. Buah pisang memiliki nama latin musa paradisiaca dan menjadi buah yang tersebar di seluruh dunia. Indonesia memiliki banyak varian asli buah pisang dan setiap jenisnya memiliki rasa yang berbeda.

Buah pisang memang tergolong buah-buahan yang murah meriah, sehingga pisang bisa dikonsumsi secara rutin oleh semua kalangan masyarakat. Buah pisang memiliki kandungan kalium yang sangat berlimpah, sehingga bisa menghindarkan penyakit hipertensi. Penyuka buah pisang memang tak kenal usia, karena buah pisang juga disukai oleh anakl-anak dan teksturnya yang lembut menjadi ciri khas utama buah pisang.

Baca juga : Pemupukan dalam Budidaya Pohon Pinang Bagi Pemula

Produksi buah pisang harusnya meningkat dari tahun ke tahun, namun jumlah produksinya di Indonesia malah menurun dan salah satu kendala yang sering muncul adalah buah pisang hanya berbuah 1 kali, setelahnya pohonnya mati. Untuk menghasilkan produksi buah pisang yang berlimpah dan kualitas buah yang bagus, maka diperlukan perawatan khusus.




Pisang memang bisa tumbuh di daerah yang memiliki cuaca panas dan memiliki kelembapan udara yang tinggi. Untuk memiliki pohon pisang yang bisa berbuah beberapa kali dan menghasilkan bentuk buah yang besar, haruslah memperhatikan berbagai teknik perawatan. Ada beberapa tips yang bisa dijalankan para petani pemula.

Tips Menanam Pohon Pisang Untuk Petani Pemula

1. Pilih Bibit

Tips yang pertama adalah menentukan bibit pohon pisang yang berkualitas baik. Pilihlah bibit pohon pisang yang sudah berusia tua, agar pohon sudah memiliki cadangan makanan di bagian bonggolnya. pilih juga bibit yang dihasilkan dari indukan yang berkualitas. Tinggi bibit sekitar 1 sampai 1,5 meter dan diameter bibit berukuran 15 hingga 20 cm.

Jangan lupa memilih pohon pisang yang miliki bentuk daun lancip dan memiliki helai daun yang sempit. Hindari memilih bibit yang memiliki warna daun kuning dan ada bagian daun yang mengering.

2. Media Tanam

Pohon pisang bagusnya ditanam di di lokasi tanah yang miliki kandungan hara tinggi dan miliki kandungan kapur. Namun untuk lahan yang kurang subur, maka bisa ditunjang dengan menambahkan pupuk urea. Tanamlah pisang di lokasi yang kering atau tidak ada genangan air, agar pohon pisang tidak mudah terserang hama atau penyakit.

Momen yang tepat menanam pisang yaitu ketika menjelang musim hujan, agar tidak perlu menyiram tanaman terlalu sering. Pada bagian lubang tanam bibit pisang, sebaiknya masukan pupuk urea secukupnya dan jarak tanam bibit sekitar 2x2 meter. Dengan teknik penanaman yang benar, maka hasil buah pisangnya akan maksimal.

3. Perawatan

Untuk menunjang pertumbuhan pohon pisang, sebaiknya berikan pupuk urea 2 kali dalam kurun satu tahun. Pada area pohon pisang, sebaiknya selalu dibersihkan dari rumput atau gulma dan cangkul tipis area sekitar pohon pisang, agar tanah menjadi gembur. Lakukan pemotongan tunas secara rutin, jangan sampai terlalu banyak tunas yang tumbuh dan sisakan 1-2 tunas saja dan pangkaslah setiap daun yang mulai mengering.

Cara Pemupukan Pohon Pisang Dengan Pupuk Urea Secara Efektif

Ciri Ciri Pupuk Urea
Sumber: arenahewan.com
Anda harus mencari bibit pohon pisang yang berkualitas dan tanamlah pohon pisang di lokasi yang sudah disiapkan. Untuk mencari bibit pohon pisang berkualitas di Indonesia sangatlah mudah, karena pembudidaya pohon pisang sangat banyak. Pohon pisang berkualitas harus dirawat dengan baik, agar menghasilkan buah yang berlimpah dan buahnya lezat.

Baca juga : Ternyata, Ini Manfaat Serta Kandungan Pupuk NPK Nitrophoska

Pohon pisang yang tidak dirawat dengan baik, akan tetap tumbuh dan berkembang dalam waktu yang lama, namun hasil buahnya biasanya kurang berisi. Dengan hasil pisang yang buruk, tentu menyebabkan hasil pohon pisang tidak hasilkan keuntungan. Dengan berbagai kendala yang muncul, banyak para petani senior yang melakukan berbagai cara perawatan dan mencoba berbagai metode pemupukan pohon pisang.

a. Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

  • Kantong plastik berwarna hitam
  • 1 cangkir kecil pupuk urea
  • Tali




b. Langkah Pemupukan

  • Pastikan pohon pisang yang akan di pupuk sudah tidak memiliki jantung yang berproduksi menghasilkan buah
  • Apabila jantung masih tergantung, maka buanglah atau pangkas jantung pisang
  • Masukan 1 cangkir pupuk urea ke dalam kantong plastik berwarna hitam
  • Kemudian bagian ujung bekas jantung yang dipotong, langsung dibungkus dengan plastik hitam berisikan pupuk urea
  • Ikat dengan kuat, supaya plastik tidak mudah terlepas.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara pemupukan pohon pisang dengan pupuk urea secara efektif dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :









Belum ada Komentar untuk "Cara Pemupukan Pohon Pisang Dengan Pupuk Urea Secara Efektif "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel