Artikel Pilihan

Mengenal Kandungan dan Sifat Pupuk NPK Phonska

Pupuk menjadi salah satu elemen penting dalam cocok tanam. Nutrisi dalam pupuk pastinya membantu tumbuh kembang tanaman. Tak hanya lebih subur, tanaman juga akan menghasilkan bunga atau buah yang lebih berkualitas.

Salah satu jenis pupuk yang kerap dipakai adalah pupuk NPK Phonska. Ada banyak alasan mengapa pupuk ini banyak dipakai orang. Yuk kenali kandungan di balik pupuk ini serta dengan sifatnya.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Phonska

Mengenal Pupuk Phonska

Salah satu alasan mengapa pupuk dibutuhkan tanaman karena unsur hara di dalam pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur hara tersebut sangat dibutuhkan untuk perkembangannya. Untuk itu, kamu perlu memberikan pupuk yang sesuai dengan takaran ya.



Pupuk sendiri memiliki beragam fungsi yang pastinya disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Salah satu pupuk yang banyak dipakai orang adalah pupuk Phonska. Selain harganya yang terjangkau karena disubsidi pemerintah, kandungannya pun sangat lengkap.

Jenis pupuk ini memiliki unsur hara makro NPK yakni nitrogen, phosphor dan kalium. Dalam proses pembuatannya, pupuk ini dapat dari urea, ZA, ZK, DAP, ammonium, TSP, MAP, Phospat, Dlomit, KCL, zeolit, TE, kieserit dan berbagai zat lain. Pupuk ini menjadi pupuk yang sempurna dan lengkap untuk tumbuh kembang tanaman.

Pupuk ini mulai diproduksi di awal tahun 2000. Mengapa banyak petani yang memakainya? Salah satu faktornya adalah harganya cukup murah. Hal ini tentu sangat membantu petani untuk dapat meningkatkan hasil dari produksi pertanian.

Umumnya pupuk ini dijual dalam dua kemasan yakni kemasan 20 kilogram dam 50 kilogram. Untuk menjaga harganya dan agar tepat sasaran, jenis pupuk ini memang tidak bisa dibeli sembarangan atau secara umum. Hanya petani yang tergabung dalam kelompok tani yang bisa membelinya.

Kandungan Pupuk Phonska

Tak hanya dari segi harga, banyak petani yang akhirnya memutuskan untuk memakai pupuk ini karena memang manfaatnya. Pupuk Phonska yang banyak manfaat tentu saja karena kandungannya memiliki takaran yang tepat.

Kandungan pada pupuk ini memang termasuk yang lengkap karena mengandung beberapa unsur hara. Unsur ini memainkan peran penting bagi tumbuh kembang tanaman. Salah satu kandungannya adalah Phospat. Sebanyak 15% dari kandungan pupuk ini mengandung Phospat.

Sementara unsur nitrogen untuk tumbuh kembang daun juga ada di pupuk ini. Sebanyak 15% pupuk phospat mengandung nitrogen. Selain itu, pupuk phospat juga mengandung 15% kalium. Untuk kadar sulfurnya ada di angka 10%. Tak sampai situ saja, kadar air dalam pupuk ini maksimal hanya di sampai angka 2%.

Sifat Pupuk Phonska

Jika dilihat dari kandungannya, pupuk ini memang layak menjadi pupuk yang memiliki kandungan unsur hara lengkap. Selain itu, pupuk ini juga lebih mudah diserap oleh tanaman. Pupuk ini sendiri memiliki sifat higroskopis. Artinya pupuk ini akan dengan mudah terlarut dalam air.

Seperti apa bentuk pupuk ini? Pupuk ini memiliki keunikan karena memiliki butiran berwarna pink. Untuk pemakaiannya tentu kamu tinggal melarutkan pupuk sesuai dengan takaran yang berlaku. Jangan khawatir soal pelarutannya karena sifat pupuk yang mudah larut.

Manfaat Pupuk Phonska

Setiap pupuk pastinya memiliki fungsi dan manfaat bagi tanaman. Pupuk Phonska termasuk yang memiliki manfaat cukup penting bagi tumbuh kembang tanaman. Fungsi pertama adalah membuat batang tanaman lebih kuat. Hal ini akan membuat tanaman tidak mudah roboh.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK Phonska
Sumber: mardinata.com
Selain itu, pupuk ini juga bisa memacu pertumbuhan tanaman secara vegetatif dan juga generatif. Fungsi lainnya juga bisa memperlancar sebuah proses pembentukan pati dalam tanaman. Akar juga bisa tumbuh lebih kuat dan sehat dengan bantuan kandungan dalam pupuk phonska. Hal ini akan membuat tanaman lebih sehat dan hijau.



Tak hanya dari segi pertumbuhan saja, pupuk Phonska juga dapat meningkatkan daya tahan tanaman terutama di musim kemarau. Selain itu, pupuk ini juga membantu pertumbuhan buah dan bunga sehingga menjadi lebih berkualitas. Manfaatnya juga termasuk membuat besar buah dan umbi yang dihasilkan tanaman.

Wah ternyata banyak hal yang bisa diketahui seputar pupuk Phonska terutama kandungan dan manfaatnya. Hal ini akan membantu kamu yang mau memulai bisnis pertanian agar tak salah dalam memilih jenis pupuk.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kandungan dan Sifat Pupuk NPK Phonska "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel