Artikel Pilihan

Catat, Begini Cara Menanam Bonsai Dolar untuk Pemula

Tertarik untuk menanam bonsai? Jika iya, kamu harus mengetahui ada beberapa jenis tanaman yang cocok dan menarik untuk dijadikan bonsai. Salah satu jenisnya adalah bonsai dolar atau bonsai beringin dolar. Penasaran seperti apa tanaman ini dan bagaimana cara merawatnya? Begini penjelasannya.   

Mengenal Bonsai Dolar   

Beringin dolar sendiri merupakan tanaman spesies F, benjamina yang tumbuh di daerah pegunungan. Awalnya bentuk tanaman ini ditemukan di Pulau Marshall. Kala itu, hanya ada satu pohon beringin dolar yang tumbuh di sebuah desa. Kemudian lama kelamaan berkembang dan ditanam di berbagai daerah di dunia.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Dolar


 

Indonesia termasuk yang banyak memiliki pohon dolar. Kebanyakan orang Indonesia menyebut tanaman ini dengan kayu ara. Istilah ilmiahnya sendiri adalah Ficus sp., atau yang disebut dengan fig trees. Umumnya tanaman ini dipakai oleh orang di Kalimantan Barat untuk dipakai kayunya. Lama kelamaan pohon ini pun semakin membuat orang tertarik untuk dijadikan bonsai.   

Persiapan Membuat Bonsai Dolar   

Jika kamu tertarik dengan pohon dolar ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pastinya persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang penting untuk bonsai dolar. Beberapa alat diantaranya seperti pot kecil, bibit, lumut, arang, gunting, semprotan, tanah dan juga air.   

Persiapan pembuatan bonsai dolar dimulai dengan proses penanaman. Pertama, isi separuh pot dengan memakai tanah. Kamu perlu mengeluarkan bibitnya dengan hati-hati. Pastikan bahwa akar tidak rusak saat kamu mengambil bibit tersebut.   

Kamu bisa langsung memindahkan pot kecil tersebut yang sebelumnya sudah diisi memakai tanah kurang lebih separuhnya. Setelah berhasil ditanam di dalam pot, kamu bisa menimbunnya dengan memakai arang. Untuk langkah selanjutnya, kamu perlu mempercantik tampilan bonsai dolar dengan menanam lumut di bagian atas media tanam tersebut.   
Ciri Ciri Pohon Bonsai Dolar
Sumber: rumahpedia.info

Ada alasan mengapa kamu perlu menanam pada media yang memiliki struktur padat serta unsur haranya rendah. Cara ini dimaksudkan supaya tanaman pohon beringin tidak mendapatkan nutrisi makanan yang berlebih. Sebab jika berlebihan justru akan sulit dalam membuat pembentukkan khususnya di media batang.   

Membentuk dan Merawat Bonsai Dolar   

Setelah sukses di fase awal penanaman, berikutnya kamu perlu mengetahui cara-cara untuk membentuk serta merawat dari bonsai dolar. Pertama adalah proses pembuatan bonsai dolar dengan memakai kawat stainless. Gunakan kawat yang memiliki diameter kurang lebih tiga milimeter.   

Fungsi kawat ini bisa membentuk dahan ke pola tertentu ke dalam jangka waktu yang tidak terbatas. Ketika kawat tersebut dilepas maka bisa dihasilkan pola yang kamu inginkan. Untuk memasangkan kawat, kamu cukup melilitkan kawat tersebut secara melingkar dari pangkal dahan ke arang ujung dahan.   

Saat membuat proses ini kamu harus berhati-hati jangan sampai dahan tersebut patah. Proses pelingkaran ini perlu memakai tang supaya hasilnya maksimal. Jika kawat dilepas, kamu akan melihat bahwa dahan akan menyisakan bekas lilitan yang justru membuat dahan tersebut menjadi unik.   

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah pemupukan. Pemberian pupuk dasar dalam proses penanaman bonsai dolar bukan untuk memacu perkembangan saja. Tetapi untuk menjaga kesehatan dari bonsai itu sendiri. Kandungan pupuk yang dibutuhkan untuk tanaman bonsai antara lain fosfor, nitrogen serta potassium.

Kandungan nitrogen dibutuhkan untuk memberikan kesejukan bagi akar. Nitrogen juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar oksigen yang ada di dalam media tanam. Sementara kandungan fosfor memiliki fungsi sebagai zat senyawa yang dibutuhkan bagi kesehatan perkembangan tanaman.
 
Ciri Ciri Pohon Bonsai Dolar
Sumber: gambar-bonsai.blogspot.com

Kegunaaan potasium sendiri bagi bonsai untuk melengkapi sinergi antara fosfor dan nitrogen. Tak hanya pupuk, kamu juga bisa menambahkan vitamin atau nutrisi guna menambah kesehatan tanaman bonsai. 

Pemberian pupuk juga harus dilakukan dengan bijak supaya nutrisi tanaman tidak berlebihan.   Pemberian pupuk berlebihan akan membuat pertumbuhan pohon dolar jauh lebih cepat. Justru hal ini kebalikan dengan konsep bonsai yang malah ingin pertumbuhannya menjadi kerdil. Terakhir adalah melakukan pemangkasan secara rutin pada pohon dolar.

Proses pemangkasan ini akan membuat bentuk bonsai jadi cantik dan hidup. Pastinya pohon bonsai dolar akan tampak cantik bila diletakkan di dalam ruangan untuk mempercantik rumah. Dengan pemangkasan ini bentuk bonsai dolar akan tetap memikat.

Belum ada Komentar untuk "Catat, Begini Cara Menanam Bonsai Dolar untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel