Artikel Pilihan

Peraturan Tepat Dalam Memberikan Pupuk Kepada Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara

Salah satu tanaman yang paling banyak ditanam saat ini adalah bibit pohon bidara. Tanaman ini memiliki batang, daun, dan buah yang dapat dinikmati. Bibit pohon bidara akan menumbuhkan buah pada saat umurnya 2 tahun. Namun, ada beberapa pohon bidara yang buahnya mulai tumbuh saat berumur 1,5 tahun.

Selain buah, faktor seperti tinggi dan kesehatan daun juga perlu diperhatikan. Kesehatan ketiga komponen tersebut dapat ditingkatkan dengan memberikan pupuk. Namun, pemberian pupuk juga tidak boleh sembarangan. Anda harus mengetahui beberapa peraturan yang tepat saat akan memberikan pupuk. 

Peraturan Tepat Memberikan Pupuk Untuk Bibit Pohon Bidara 


1. Tepat Waktu 

Tentunya anda harus memberikan pupuk kepada bibit pohon bidara dalam waktu yang tepat. Waktu pertama yang paling tepat untuk memberikan pupuk kepada tanaman ini adalah saat anda menanamnya ke dalam tanah. 

Pada saat itu, bibit pohon bidara membutuhkan dan akan menyerap apa saja nutrisi yang masuk. Karena itu, sangat penting agar anda memberikannya pupuk saat itu. Waktu lain yang paling tepat untuk memberikan tanaman ini pupuk adalah setiap hari. 

Pemberian pupuk dilakukan setiap hari dalam waktu yang konsisten. Bila anda sebelumnya memberikan pupuk pada sore hari, teruslah memberikan pada sore hari untuk keesokan harinya. Kalau perlu, anda bisa mencatat jam pemberian pupuknya. 

2. Tepat Jenis 

Anda juga harus memberikan pupuk dengan jenis yang tepat kepada bibit pohon bidara. Ada banyak sekali jenis pupuk, seperti pupuk organik dan pupuk anorganik. Bukannya hanya itu, pupuk juga dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu cair, dan padat. 

Selain bentuknya, pupuk dibedakan berdasarkan cara pemberiannya. Ada dua cara pemberian, yaitu melalui akar dan melalui daun. Pilihlah pupuk yang organik bagi tanaman anda karena terbuat dari bahan yang alami. Namun, tidak ada salahnya bila memilih pupuk anorganik bila memiliki kandungan yang tepat. 

3. Tepat Dosis 

Meskipun pupuk dapat membantu pertumbuhan tanaman agar menjadi lebih cepat, sehat, dan subur. Namun, bukan berarti anda harus memberikan pupuk sebanyak-banyaknya. Anda juga harus memperhatikan dosis yang diberikan. 

Sebagai contoh, ada beberapa tanaman yang bisa hanya boleh diberikan pupuk sebanyak 1 ml dalam sehari. Kalau diberikan lebih dari itu, maka akan cepat layu. Tidak ada syarat khusus saat ingin memberikan pupuk kepada bibit pohon bidara, anda bisa memberikannya sehari sekali dengan dosis yang tidak terlalu banyak. 

4. Tepat Lokasi 

Ada dua lokasi untuk memberikan pupuk, yaitu dengan menaburkan di akar atau di daun. Bila anda membeli jenis pupuk yang digunakan pada bagian akar, maka ada beberapa keuntungan. Pupuk yang diberikan pada daerah akar bisa membuat akar jadi lebih kuat serta penyerapan nutrisi menjadi lebih cepat. 

Kalau menaburkan pupuk di daun, daun bidara akan menjadi lebih sehat, hijau, serta lebat. Sebaiknya anda memilih pupuk yang ditaburkan di akar dan di daun karena anda membutuhkan daun dan buah dari pohon bidara. 

5. Tepat Komposisi 

Pupuk terdiri atas beberapa komposisi mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Umumnya berisi kalsium, nitrogen, dan fosfor. Karena itu, banyak pupuk yang disebut pupuk NPK. Yang membedakan setiap jenis pupuk NPK adalah komposisi lain dan banyaknya kandungan dari nitrogen, kalsium, dan fosfor ini. 

Semakin banyak kandungan mineral dari suatu pupuk, akan semakin bagus bagi bibit pohon bidara. Namun, umumnya tanaman yang satu ini hanya membutuhkan kandungan mineral berupa fosfor dan nitrogen saja. Namun, ada baiknya kalau anda juga memberikan pupuk dengan kandungan yang lain. 

6. Tepat Cara 

Penggunaan Setidaknya ada lima cara yang bisa digunakan untuk memberikan pupuk kepada tanaman, yaitu penebaran, penugalan, pengocoran, penyemprotan, dan penetesan. Cara ini diberikan sesuai dengan jenis tanaman dan jenis pupuk yang anda miliki. 

Untuk bibit pohon bidara, lebih baik anda membeli pupuk yang cara pemberiannya dengan disemprot. Cara ini lebih efektif bagi pohon bidara yang tumbuhnya sangat tinggi. Cara menggunakan penebaran adalah dengan menaburkan pupuk di bagian tanah dengan akar pohon bidara. 

Jenis Pupuk yang Tepat Untuk Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: pikub.com
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau bibit pohon bidara memerlukan pupuk yang tepat secara waktu, jenis, dosis, cara penggunaan, dan komposisi. Hal yang terpenting dalam menentukan pupuk adalah jenis yang tepat. 

Ada dua jenis pupuk yang bisa anda pilih, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik merupakan pupuk yang terbuat dari bahan alami, seperti pupuk kandang, pupuk hijau, dan pupuk kompos. 

Pupuk anorganik merupakan pupuk yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Contohnya adalah pupuk tunggal, pupuk lengkap, pupuk akar, dan pupuk majemuk. Semua pupuk memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing bagi bibit pohon bidara. 

Bibit pohon bidara bisa menyerap semua jenis pupuk. Jenis pupuk yang paling tepat untuk tanaman ini adalah pupuk yang mengandung fosfor dan nitrogen. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: hni.id
Apakah anda sudah memberikan pupuk kepada bibit pohon bidara dengan tepat? Kalau belum, sekarang anda sudah bisa memberikannya dengan cara, waktu, jenis, lokasi, dan dosis yang lebih tepat.

Belum ada Komentar untuk "Peraturan Tepat Dalam Memberikan Pupuk Kepada Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel