Artikel Pilihan

Cara Mengetahui Pupuk yang Berkualitas Untuk Bibit Pohon Bidara

Hampir semua tumbuhan membutuhkan bantuan pupuk agar bisa tumbuh dengan sehat, begitu juga dengan bibit pohon bidara. Agar menghasilkan buah yang berkualitas serta daun yang lebat, bibit pohon bidara membutuhkan pupuk. Namun, tidak semua pupuk akan cocok untuk tanaman ini.

Makanya, anda harus teliti memilih pupuk yang akan digunakan untuk kepada bibit pohon bidara. Ada dua jenis pupuk yang bisa anda pilih, yaitu pupuk padat dan pupuk cair. Keduanya memiliki ciri-ciri tersendiri yang menandakan kalau pupuk tersebut berkualitas. Karena itu, anda harus mengetahui ciri-ciri kedua jenis pupuk tersebut.

Bibit Pohon Bidara

Ciri-Ciri Pupuk Padat Berkualitas Untuk Bibit Pohon Bidara 


1. Berbau Tanah 

Pupuk yang alami terbuat dari berbagai kotoran, bisa berupa kotoran hewan ataupun kotoran manusia. Selain dari kotoran, pupuk bisa juga terbuat dari sampah. Misalnya, sampah sisa makanan manusia. 

Meski merupakan benda yang menjijikkan. Namun, kotoran dan sampah bisa membuat bibit pohon bidara tumbuh lebih subur. Karena itu, pupuk terbuat dari kotoran dan sampah. 

Meskipun terbuat dari kotoran dan sampah, tetapi pilihlah pupuk yang sudah berbau tanah karena pupuk yang berkualitas tidak memiliki bau kotoran dan sampah lagi. 

2. Memiliki Warna Hitam 

Pupuk yang baik memiliki warna yang hitam, lebih pekat dari warna tanah. Bila anda menemukan pupuk yang berwarna cokelat seperti tanah, maka pupuk tersebut belum memiliki kualitas yang sangat bagus. 

Ada pula pupuk yang berwarna hijau. Bila anda menemukan pupuk dengan warna hijau, pupuk tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus sama sekali. Bibit berwarna cokelat dan hijau tidak akan membantu perkembangan bibit pohon bidara dengan maksimal. 

3. Suhunya Dingin 

Pupuk memiliki suhu yang tetap jika kualitasnya bagus. Karena itu, untuk melihat ciri-ciri yang satu ini, anda harus memegang pupuk tersebut. Bila pupuk tersebut memiliki suhu yang dingin untuk waktu yang lama di tangan anda, maka pupuk tersebut memiliki kualitas yang bagus. 

Pupuk dengan suhu dingin yang konsisten sangat bagus bagi bibit pohon bidara. Lebih baik anda membeli pupuk dengan suhu yang tetap. 

4. Tekstur yang Lembut 

Kalau anda memegang pupuk yang akan anda beli, coba rasakan tekstur pupuk tersebut. Bila pupuk tersebut memiliki tekstur yang keras, sebaiknya anda jangan membeli pupuk tersebut. 

Pupuk yang berkualitas untuk bibit pohon bidara adalah pupuk dengan tekstur yang lembut dan mudah terurai saat anda memegangnya. 

5. Lakukan Eksperimen 

Kalau sudah menemukan semua ciri-ciri yang disebutkan sebelumnya, anda harus melakukan tes terhadap pupuk tersebut agar mengetahui bahwa pupuk tersebut benar-benar berkualitas. 

Tes ini setidaknya membutuhkan waktu berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Bibit pohon bidara agar segera tumbuh subur bila anda memberikan pupuk yang berkualitas. Bila ternyata anda memberikan pupuk yang tidak bagus, maka tanaman ini akan tumbuh dengan lambat. 

Tanda Pupuk Cair Baik Bagi Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: carousell.com

1. Mengandung Unsur Hara 

Pupuk cair biasanya merupakan pupuk buatan. Bila anda ingin membeli pupuk yang cair, pastikan kalau pupuk tersebut mengandung unsur hara yang lengkap. Unsur hara yang dimaksud adalah nitrogen, phosphor, dan kalium. 

Ketiga kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh semua tanaman, termasuk bibit pohon bidara. Tanaman yang satu ini sangat senang bila anda memberikannya pupuk yang mengandung phosphor dan nitrogen yang banyak. 

2. Banyak Mengandung Unsur Hara Mikro 

Selain mengandung nitrogen, phosphor, dan kalium, pastikan juga kalau pupuk mengandung unsur hara mikro. Unsur hara mikro adalah zat yang dibutuhkan oleh bibit pohon bidara. Namun, dalam jumlah yang sedikit. 

Bila anda bingung dengan kandungan pada pupuk cair, anda bisa membacanya dalam tabel nutrisi yang biasanya disediakan pada kemasan. 

3. Mengandung C Organik 

Pastikan juga kalau pupuk cair yang akan anda beli mengandung C organik. Kandungan ini sangat berguna agar pertumbuhan bibit pohon bidara lebih maksimal dan menghasilkan pohon yang tinggi, daun yang lebat, serta buah yang berkualitas. 

4. Mengandung ZPT 

ZPT adalah zat pengatur tumbuh yang mengatur agar tumbuhan memiliki hormon yang cukup untuk bertumbuh. Kalau anda memilih pupuk cair untuk bibit pohon bidara, pilih pupuk yang mengandung zat ZPT. 

Zat yang satu ini sangat penting agar pohon bidara bisa tumbuh lebih cepat. Pohon bidara biasanya akan berbuah dalam waktu dua tahun. Namun, penggunaan pupuk dengan zat ini bisa mempercepat masa panennya hingga setengah tahun. 

5. Mengandung pH Seimbang 

Pupuk cair yang baik adalah pupuk yang memiliki kadar pH yang seimbang. Kadar pH memiliki kadar antara 0 sampai 14. pH netral ada pada angka 7. Air yang anda minum dan darah anda memiliki pH 7. 

Sedangkan bibit pohon bidara dan kebanyakan tumbuhan akan menerima pupuk dengan kadar pH antara 6 sampai 8. Angka tersebut merupakan antara netral, basa, dan asam. Artinya, tanaman bisa menerima pupuk yang tidak terlalu asam ataupun basa. 

Setelah melihat semua ciri-ciri pupuk yang berkualitas antara pupuk padat dan pupuk cair, pupuk manakah yang akan anda pilih? Sebaiknya anda teliti saat memilih dari kedua jenis pupuk tersebut. Jangan sampai salah membeli ya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Pupuk yang Berkualitas Untuk Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel