Artikel Pilihan

Cara Membuat Bonsai Flamboyan yang Mudah

Flamboyan merupakan tanaman yang tampil kokoh dengan bunga yang sangat cantik. Maka tak heran bila flamboyan dijuluki sebagai pohon legendaris yang paling indah di dunia. Siapa saja pasti mengakui keindahan bunga tersebut ditambah dengan batangnya yang kokoh.   

Di Indonesia pohon bergenus Delonix ini memang disebut Flamboyan. Hal tersebut diambil dari bahasa perancis Flamboyant yang punya arti cemerlang. Di beberapa negara flamboyan memiliki julukan tersendiri. Misalnya di India menyebutnya dengan Gulmohar. Ada pula yang menyebutnya Flame Tree karena seperti kobaran api yang menyala di tengah hijaunya pohon lain.   

Untuk menikmati keindahan flamboyan, kamu harus menunggu musim pancaroba. Saat musim hujan, flamboyan akan tumbuh seperti pohon lain dengan penuh daun berwarna hijau. Sementara saat kemarau, daun akan berguguran serta batang akan mengering.

 

Ciri Ciri Pohon Bonsai Flamboyan

Nah, uniknya flamboyan ini juga bisa dibuat sebagai bonsai. Bisa dibayangkan betapa indahnya bonsai flamboyan bukan? Jika kamu ingin menanamnya, ada beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan agar bonsai flamboyan tampak indah dan kokoh.   

1. Membuat Tanaman Flamboyan   

Untuk menanam bonsai flamboyan, kamu bisa memulainya dengan menanam biji yang berwarna hitam. Sepintas bijinya mirip dengan biji bunga matahari meski biji flamboyan lebih lonjong, besar dan padat. Pada penanaman awal, proses membuat biji jadi kecambah adalah hal yang sulit.   

Banyak orang yang mungkin gagal dalam proses ini. Maka dari itu, kamu harus mengetahui teknik yang tepat pada tahap awal penanaman bonsai flamboyan ini. Pertama, rendam biji bunga terlebih dahulu. Prosesnya dilakukan dengan air hangat dan selama 24 jam.   

Saat bagian kulit biji terluar mulai terkelupas, kamu bisa menanamnya ke dalam pot. Kedua adalah dengan cara mengamplas setiap sisi bijinya. Lakukan pengamplasan sebentar saja atau beberapa detik. Setelah itu, baru rendam biji tersebut dengan air seharian penuh.   

Setelah selesai kamu bisa menanam ke dalam pot. Kecambah mulai akan muncul 4 sampai 6 hari setelah proses perendaman. Salah satu kunci sukses dalam proses ini adalah mengecek kandungan pH dalam tanah. Jumlah pH tanah yang diperlukan adalah 5,6 sampai 6,0.   

2. Penanaman Bonsai   

Cara di atas adalah trik untuk kamu yang ingin menanam pohon flamboyan sehingga dijadikan bonsai flamboyan. Sekarang saatnya memahami proses penanaman bonsai yang dimulai dengan memilih bonggol tanaman.   
Ciri Ciri Pohon Bonsai Flamboyan
Sumber: bonsaiklasik.blogspot.com

Kamu perlu menyiapkan bonggol tanaman dari pohon flamboyan ke dalam pot yang besar. Pemilihan pot besar menjadi penting supaya pohon bisa tumbuh dengan bebas. Jika tumbuhan sudah banyak ditumbuhi dengan daun itu artinya kamu bisa membentuk bonsai flamboyan dengan memakai kawat.   

Jika bonggol pada tanaman sudah nampak jelas. Ini juga menjadi tanda bahwa kamu harus melepaskan kawat yang ada di dalam tanaman tersebut. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat bonsai flamboyan, salah satunya adalah dengan membentuknya dengan indah dan sesuai keinginan.   

Cara terbaik adalah memakai gunting tanaman. Jika sudah terbentuk dengan indah, kamu bisa memindahkan bonsai flamboyan yang ada di pot besar ke pot bonsai yang sudah diisi dengan media tanam. Salah satu syarat media tanam yang baik adalah membuat tanah tersebut steril dengan cara disangrai.

 

Ciri Ciri Pohon Bonsai Flamboyan
Sumber: tokopedia.com

Dengan media tanam yang baik ini, maka bonsai bisa selalu dalam bentuk yang indah. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bagian akar tanaman. Sebab, setiap waktu akar tersebut akan terus menjalar. Maka kamu harus rajin untuk menggunting akar supaya bonsai tumbuh dengan seimbang.   

Tak hanya menggunting akar, kamu juga bisa mengganti tanahnya. Untuk perawatan yang lebih baik, kamu juga bisa memakai pestisida untuk mengusir hama pengganggu dan juga fungisida supaya menghindari bonsai dari jamur yang tidak diharapkan.   

Dengan cara menanam yang tepat maka kamu akan mendapatkan bonsai flamboyan yang cantik. Warna bunga kemerahan akan membuat rumah menjadi semakin cantik. Maka tak heran bila banyak orang yang berburu bonsai flamboyan dan mencoba untuk menanamnya sendiri di rumah. Meski butuh perawatan cukup, tak ada salahnya menanam tanaman hias satu ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bonsai Flamboyan yang Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel