Artikel Pilihan

Iklim Tropis Indonesia, Dapat Mengembangkan Pohon Kurma Kering

Tentunya Anda sudah mengetahui jikalau kurma itu merupakan tumbuhan yang berasal dari Timur Tengah yang begitu khas. Tapi sekarang-sekarang ini sudah ditemukan juga di berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia pohon kurma tersebut. Secara ilmiah dikenal dengan Phoenix dactylifera atau date palm, pohon rumah sendiri memang banyak sekali varietasnya di dunia. 

Walaupun memang pohon kurma tersebut, tumbuh subur di daerah asalnya yaitu Timur Tengah tapi di antara kurma yang tumbuh dengan baik di Timur Tengah dan juga tumbuh diluar Timur Tengah, seperti halnya di Indonesia memiliki perbedaannya tersendiri.

Dikatakan juga kalau kurma yang tumbuh subur di daerah Timur Tengah tersebut merupakan kurma-kurma yang memang berkembang baik di daerah kering, hal ini serupa juga seperti yang dikemukakan oleh pakar kurma yang berasal dari Institut Pertanian Bogor.

Ciri Ciri Pohon Kurma

 

Ciri utama, salah satunya yang terdapat dari tanaman kuma yang berasal dari daerah Timur Tengah yaitu dapat menghasilkan buah berbunga dan berkembang kemudian menjadi kurma yang memang dalam kondisi kering diperlukan perkembangannya dan juga pada suhu yang begitu tinggi di periode pertumbuhannya. 

Tapi kalau dilihat dari kebutuhan air dan nutrisi yang ada, maka jumlah yang cukup tetap diperlukan oleh tanaman tersebut bahkan untuk dapat mendukung perkembangan dan juga pertumbuhan daripada tanaman itu, sehingga menghasilkan buah kurma yang memiliki kualitas baik.

Adanya perbedaan antara cuaca dan lingkungan tentunya akan menjadi masalah untuk pohon kurma yang berasal dari Timur Tengah tersebut yang kemudian dilakukan penanamannya di daerah yang lain yang memiliki iklim tropis semisal di Indonesia.

Di tanah air kita ini, cuaca yang ada adalah curah hujan yang cukup tinggi dan juga iklim yang begitu lembab. Tentunya dapat juga nantinya terjadi pada kurma timur tengah sehingga mengakibatkan pohon kurma tersebut tidak dapat menghasilkan buah dan juga berbunga sebaik di daerah asalnya. 

Di Timur Tengah sendiri yang merupakan daerah asalnya memiliki iklim yang cenderung kering dengan udara yang cukup rendah, kandungan yang sama suhu yang begitu tinggi dan juga curah hujan yang rendah di daerah lain, kurma asal Timur Tengah ini tetap dapat ditanam seperti halnya di India Australia, Pakistan dan Amerika Serikat.
Ciri Ciri Pohon Kurma
Sumber: pixabay.com

Tentunya kombinasi yang berasal dari komponen iklim tersebut begitu diperlukan untuk melakukan induksi pembentukan bunga dan juga dengan perkembangan buah kurma yang diperlukan oleh pohon tersebut, sehingga nantinya tahapan perkembangan buah kurma ini dapat dicapai dengan baik. Hal ini ini mengakibatkan pohon kurma yang ada di Indonesia nantinya tidak dapat kemudian menghasilkan buah yang berada pada perkembangan kurma kering tersebut. 

Di daerah lain kurma asal Timur Tengah ini tetap dapat tumbuh seperti halnya di India Australia, Pakistan dan Amerika Serikat. Hal tersebut dikarenakan memang daerah tersebut memiliki iklim yang tergolong Arid, sehingga pertumbuhan kurma didukung di daerah tersebut.

Adapun di Indonesia sendiri memang potensi tempat yang bisa menjadi lahan untuk pertumbuhan kurma yang begitu baik adalah di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang cenderung memiliki iklim relatif kering dan juga tidak memiliki banyak curah hujan, sementara di Indonesia kurma-kurma yang telah ditanam tersebut bukanlah asli berasal dari Indonesia melainkan ditanam dari bibit yang berasal dari berbagai sumber yang ada.
Ciri Ciri Pohon Kurma
Sumber: pixabay.com


Sumber pertama biji tersebut berasal dari berbagai jenis kurma tamr yang kemudian di Indonesia telah berhasil dilakukan importnya setelah itu bijinya dapat tumbuh dan juga ditanami dengan begitu alami dan juga memang secara sengaja untuk dapat ditanam, tapi dikarenakan memang berbagai daerah kering tersebut berasal maka di Indonesia tanaman kurma dapat kemudian tumbuh dengan cara ini secara fisiologis dan genetik tidak secara cocok otomatis dengan kondisi cuaca yang ada di Indonesia.

Jikalau hanya tumbuh dan berkembang tanaman ini akan bisa melakukannya, tapi tanaman kurma dari kelompok ini tidak semuanya bisa berhubungan dengan baik hal ini juga berlaku pada hasil dari buah kurma tersebut. Kualitas yang begitu baik dan juga memiliki rasa yang enak belum tentu dimiliki oleh buah kurma tersebut, buah yang berasal dari bibit kedua.

Adapun jenis kurma ini merupakan jenis kurma dalam bentuk bibit yang sengaja didatangkan dari laboratorium-laboratorium di seluruh dunia. Jenis yang beragam nantinya akan terdapat pada jenis kurma yang didatangkan dalam bentuk bibit ini.

Belum ada Komentar untuk "Iklim Tropis Indonesia, Dapat Mengembangkan Pohon Kurma Kering"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel