Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Rengas (Gluta) Di Alam Liar

Rengas

Rengas (Gluta) adalah nama genus tanaman yang terdiri dari 34 pohon anggota marga Gluta, suku Anacardiaceae. Nama genusnya sering diartikan untuk menyebut spesies rengas tembaga (Gluta renghas) yang tersebar luas di daerah tropis terutama di Indonesia.

Banyak spesies pohon rengas yang menghasilkan kayu berkualitas baik dengan warna kemerahan dan bergaris-garis, yang dimanfaatkan secara luas untuk furnitur, panel-panel dekorasi, lantai kayu, kayu lapis, serta kerajinan. Dalam ukuran yang besar, kayu rengas diguanakan sebagai tiang dan balok, jembatan, bantalan rel kereta api, lunas perahu, moulding, dan lain sebagainya.



Hanya saja, kandungan zat yang ada pada getah rengas sangat berbahaya jika kontak langsung dengan kulit manuisa. Efek dari terkena getah rengas meliputi gatal yang tak tertahankan, panas, bahkan melepuh dalam waktu 3-7 hari.

Meski berbahaya, getah rengas dimanfaatkan dalam industri pernis. Buah dari beberapa jenis rengas juga bisa dimakan setelah diolah menjadi masakan.


Ciri Ciri Daun Rengas


Ciri Ciri Daun Rengas
Source : flickr.com/Ahmad Fuad Morad

Daun rengas tersusun dalam spiral, seringkali berkelompok membentuk karangan semu daun tunggal bertepi rata, bertangkai, dan tanpa daun penumpu.


Ciri Ciri Bunga Rengas


Ciri Ciri Bunga Rengas
Source : tropical.theferns.info

Bunga rengas tersusun dalam malai di ketiak daun, masing-masing berkelamin ganda, kelopaknya berbentuk seperti cawan, dan mudah rontok.


Ciri Ciri Buah Rengas


Ciri Ciri Buah Rengas
Source : commons.wikimedia.org/Wibowo Djatmiko

Buah rengas memiliki bentuk serupa batu dengan benjolan tak merata, bertangkai, dan berwarna cokelat.




Ciri Ciri Pohon Rengas


Ciri Ciri Pohon Rengas
Source : tropical.theferns.info

Pohon rengas berukuran sedang hingga besar, kadang-kadang tumbuh seperti semak besar atau tegak tinggi hingga 45-50 meter. Batangnya bulat torak, sesekali berlekuk di dekat pangkal, berdahan banyak. dan diameter batang utamananya mencapai 1,5-2 meter. Tajuknya padat atau melebar, sering berbentuk kubah dengan percabangan yang besar-besar.

Kulit batangnya jarang yang halus, biasanya pecah-pecah atau mengelupas seperti sisik, dan mengeluarkan getah kemerahan atau cokelat gelap yang lama kelamaan menghitam bila terkena udara. Getah rengas sangat beracun, dapat melukai kulit dan menimbulkan iritasi hebat.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Rengas (Gluta) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel