Artikel Pilihan

Cara Aplikasi Pupuk Urea Untuk Durian

Ciri Ciri Pupuk Urea

Masyarakat Indonesia memang banyak yang menyukai buah-buahan, karena berbagai jenis buah-buahan dianggap sebagai makanan menyehatkan. Tak heran, berbagai jenis buah bisa laris manis di Indonesia. Buah durian menjadi salah satu buah penting yang bisa menyehatkan tubuh dan menjadi buah yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

Baca juga : Apa Sih Yang Dimaksud Tanaman Akasia

Banyak sekali masyarakat yang tergoda untuk terjun menjalankan budidaya buah durian. Untuk bisa sukses budidaya buah durian, tentu membutuhkan berbagai teknik khusus dan perawatan pohon durian tidak bisa secara asal, perlu dirawat dengan teknik yang benar. Pelajari dulu berbagai hal tentang pohon durian dan berbagai pupuk penunjang pertumbuhannya.

Sekilas Tentang Buah Durian

Ciri Ciri Pupuk Urea
Sumber: ilmubudidaya.com
Durian merupakan salah satu buah yang memiliki aroma yang sangat khas dan memiliki rasa yang sangat unik. Penyuka durian di Indonesia sangatlah banyak, karena durian menjadi buah yang aman dikonsumsi semua usia. Dengan banyaknya peminat pohon durian, berpengaruh besar terhadap harga pohon durian yang melambung tinggi.




Menanam durian menjadi sebuah bisnis yang bisa menguntungkan, karena buah durian bisa dimakan langsung atau diolah menjadi makanan jenis lain. Ada berbagai olahan buah durian yang populer seperti roti durian, jus durian dan berbagai jenis makanan atau minuman olahan lainnya. Durian juga aman dikonsumsi secara rutin.

Untuk melakukan budidaya pohon durian di Indonesia memang tidak terlalu sulit, karena pohon durian bisa hidup di tanah tropis dan pohon durian juga memiliki sistem imun yang kuat, sehingga tidak mudah terserang hama. Lahan yang cocok dijadikan area tanam pohon durian adalah area lahan yang mengandung banyak unsur hara.

Apabila unsur hara pohon durian terpenuhi dengan baik, maka buah yang dihasilkan akan sangat berkualitas dan buah akan memiliki cita rasa yang nikmat. Buah durian yang memiliki kualitas unggul biasanya memiliki tekstur yang pulen dan memiliki sedikit rasa pahit yang dihasilkan dari kandungan alkohol di dalamnya.

Apabila pohon durian kekurangan unsur hara, maka akan sulit mengalami perkembangan dan hal ini bisa diatasi dengan penggunaan pupuk urea. Kini petani pupuk urea bisa merasa lega, karena pupuk urea disediakan dengan subsidi dari pemerintah. Dengan adanya subsidi, maka harga pupuk urea menjadi lebih murah dan terjangkau untuk semua petani.

Cara Aplikasi Pupuk Urea Untuk Durian

Ciri Ciri Pupuk Urea
Sumber: agromaret.com
Cara aplikasi pupuk urea yang paling umum dilakukan adalah dengan membuat galian lubang di sekeliling pohon durian, namun cara pemupukan urea ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan membuat lubang galian yang terlalu dalam, karena takutnya akar tanaman terpotong dan hal ini akan membuat tanaman menjadi mati.

Baca juga : Yuk Kenali Tanaman Akasia Cyclops!

Cara yang paling rekomended untuk diterapkan di pohon durian adalah dengan menaburkan pupuk di sekeliling pohon dan lakukan penaburan dari bagian paling tengah ke bagian yang dekat dengan pohon, semakin dekat dengan pohon penaburan semakin tipis. Setelah ditaburkan, kemudian tutup kembali pupuk urea dengan menggunakan tanah tipis, agar pupuk tidak mudah terseret air hujan.

Anda juga bisa menggunakan cara pemupukan makro atau sering disebut sebagai pemupukan khusus. Pemupukan dengan cara makro bisa meningkatkan kualitas buah durian seperti aroma, warna dengan tekstur. Pohon durian juga membutuhkan pupuk mikro seperti Zn, Cu, Mo dan Bo. Dengan pupuk mikro atau makro, maka pertumbuhan pohon durian akan efektif.

Jenis pupuk makro dan mikro biasanya diperoleh dari pupuk daun yang diaplikasikan ke tanaman dengan menggunakan alat semprot. Penyemprotan pohon durian yang tepat yaitu pada saat pengisian buah sekitar 1 sampai 2 minggu sekali atau penyemprotan juga bisa dilakukan pada saat usia tanaman 30 sampai 60 hari sesudah bunganya mekar.




Apabila anda menemukan buah durian yang sangat keras dan tidak enak dimakan, maka anda bisa menggunakan pupuk urea cair untuk mengatasinya dan semprotkan pupuk secara merata, agar berbagai semua struktur tubuh pohon durian bisa berfungsi dengan baik. Dengan melakukan cara ini, maka pohon durian bisa berkembang dengan baik.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara aplikasi pupuk urea untuk durian dan semoga semua bahasannya bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Baca Juga :






Belum ada Komentar untuk "Cara Aplikasi Pupuk Urea Untuk Durian "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel