Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Amplas (Ficus ampelas) Di Alam Liar

Ampelas

Amplas, Hampelas, atau Rampelas (Ficus ampelas) adalah tumbuhan dari keluarga Moraceae yang tumbuh di seluruh Indonesia. Ia tersebar pada area yang kurang dari 1.500 m dpl. Pohonnya banyak tumbuh di hutan sekunder, kebun-kebun kering, dan tepi-tepi sungai.

Pohon amplas memiliki banyak kegunaan, terutama obat tradisional dan daun keringnya bisa dimanfaatkan sebagai ampelas penghalus kayu.



Saat ini pohon amplas juga banyak ditanam sebagai tanaman perdu di pekarangan, taman, dan tanaman hias dalam pot (bonsai).


Ciri Ciri Daun Amplas


Ciri Ciri Daun Amplas
Source : flickr.com/Cerlin Ng

Daunnnya tunggal, berseling, lonjong, kasar, dan jika kering bisa dijadikan sebagai ampelas untuk menghaluskan kayu. Sepintas daun amplas mirip dengan daun beringin (Ficus benjamina), tetapi berukuran lebih panjang.


Ciri Ciri Buah Amplas


Ciri Ciri Buah Amplas
Source : flickr.com/calando

Buah amplas berbentuk bulat, kecil dan berwarna hijau saat masih mudah kemudian berubah menjadi oranye-merah-hitam ketika matang.


Ciri Ciri Pohon Amplas


Ciri Ciri Pohon Amplas
Source : flickr.com/潘立傑 LiChieh Pan

Pohon amplas memiliki dapat tumbuh mencapai 20 meter dengan diameter batang 50 cm, batangnya tegak, bulat, dan mempunyai percabangan simpodial. Pohonnya sering dibudidayakan karena kegunaan daunnya.



MANFAAT POHON AMPLAS :

Cairan dari pohon amplas ini dapat diminum, dan berguna untuk mengobati orang yang kesulitan mengeluarkan air seni dan sebagai obat murus.

Pohon ampelas mengandung banyak cairan di batang dan akarnya. Cairan tersebut berwarna cokelat kekuningan dan rasanya pedas. Cairan ini dapat diperoleh dengan cara memotong akarnya dan menadanginya dengan wadah seperti menyadap.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Amplas (Ficus ampelas) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel