Artikel Pilihan

Step by Step Pohon Umbi Porang Diolah Menjadi Produk Sosis

Ciri Ciri Pohon Porang

Pohon umbi porang bisa diolah menjadi berbagai produk makanan yang berdaya saing. Saat ini berbagai produk makanan telah berkembang dari umbi-umbian. Jangan diremehkan, bahan dari umbi pun bisa menghasilkan makanan yang amat lezat.

Salah satunya berbahan dari pohon umbi porang. Biasanya umbi porang diolah menjadi tepung terlebih dahulu. Pengolahan makanan dari tepung porang lebih praktis dalam pembuatan suatu kuliner dan tidak banyak memakan waktu. Namun, artikel ini akan memberikan penjelasan pengolahan makanan secara lengkap mulai berupa mentahan pohon umbi porang.

Pengolahan Pohon Umbi Porang Menjadi Sosis

Sosis merupakan makanan olahan dari bahan daging yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, sosis bisa dicampurkan dan dipadukan dengan bahan makanan lainnya. Berikut ini tahap-tahapan pengolahan pohon umbi porang menjadi produk sosis :




1. Mencuci Umbi Porang

Mencuci pohon umbi porang bisa dilakukan dengan menyikat keseluruhan bagian dan mengaliri dengan air yang mengalir. Pencucian porang memerlukan waktu yang agak lama karena terdapat tanah yang menempel beserta akar yang mengganggu. Namun, saat mencuci porang harus berhati-hati karena memiliki getah yang dapat menyebabkan kulit gatal.

2. Masukkan Umbi Porang dalam Mesin Chip

Ciri Ciri Pohon Porang
Sumber: vibizmedia.com
Sebelum pohon umbi porang diolah menjadi bentuk tepung. Langkah awalnya dengan memotong terlebih dahulu umbi porang menjadi bentuk chip. Maksud dari chip ini berupa keripik atau potongan tipis-tipis berukuran sekitar 1 mm saja.

Baca juga : Bibit Tanaman Porang: Perkembangbiakan dari Umbi dan Bijinya

Jika memotong manual juga bisa dilakukan, namun memerlukan waktu jauh lebih lama. Setelah itu chip porang tersebut dikeringkan. Chip porang yang telah kering digiling dalam beberapa waktu hingga halus menjadi tepung.

3. Membuat Gel

Cara membuat gel dengan mencampurkan 1 sendok tepung porang dengan air putih dalam suatu wadah. Kemudian diaduk hingga merata dan mengental.

4. Masukkan Daging Sapi

Tahap selanjutnya adalah memasukkan daging sapi, air, dan bumbu apu dalam blender. Tidak lupa memasukkan pula gel yang telah dibuat pada langkah sebelumnya. Gel tersebut berfungsi sebagai pengganti gelatin. Selanjutnya semua bahan yang dimasukkan blender hingga menjadi halus.

5. Tambah Beberapa Tepung

Adonan yang telah halus dicampurkan dengan tepung tapioka dan tepung maizena. Saat mencampurkan tambahkan sedikit air hingga merata membentuk sebuah adonan sosis. Adonan tersebut bentuknya sudah memadat dan sudah tidak encer lagi.

6. Cetak dengan Plastik Sosis

Adonan tersebut sudah siap dicetak dengan plastik sosis. Masukkan adonan tersebut ke dalam plastik sosis secara perlahan-lahan. Plastik tersebut memang diperuntukkan untuk pembuatan sosis, dimana tidak dapat dimakan dan tidak mudah meleleh.

Baca juga : Sentra Tepung Porang dan Cara Membuat Tepung Porang

7. Rebus Sosis

Jika semua sosis telah dimasukkan dalam plastik. Maka, tahap selanjutnya adalah merebus dalam beberapa waktu sekitar 10 menit hingga matang. Disamping tujuan merebus ini agar matang dan siap makan, namun rebusan tersebut bisa menjadikan tekstur sosis semakin padat.

Kreasi Makanan dari Bahan Sosis Umbi Porang

Sekarang ini banyak berkembang kuliner yang dipadukan dengan daging, salah satunya sosis. Jika ingin menghidangkan daging sosis, Anda dapat menambah sensasi kuliner. Salah makanan yang sering dipadukan dengan daging sosis adalah roti tawar. Selain menambah asupan gizi, juga bisa menambah cita rasa dari roti tawar tersebut. Caranya roti tawar tersebut ditipiskan terlebih dahulu.

Masukkan daging sosis dan keju potong di dalam roti. Setelah itu, roti tawar digulung hingga sosis dan kejunya tertutupi. Tahap selanjutnya adalah mencelupkan roti yang telah digulung tersebut dengan telur terlebih dahulu, kemudian olesi tepung panir. Roti yang telah terbalut oleh telur dan tepung panir dipanggang dengan sedikit minyak dalam beberapa saat hingga warnanya kecoklatan.

Khasiat Gel Sosis dari Bahan Umbi Porang

Campuran gel ini pada dasarnya memang diperlukan dalam pembuatan sosis sebagai perekat dan pemadat daging. Jika gel tersebut terbuat dari bahan pohon umbi porang akan memberikan manfaat yang lebih baik untuk kesehatan.




Hal ini dikarenakan kandungan porangnya membuat perut lebih cepat merasa kenyang. Selain itu, kandungan glukomanannya tersebut bisa mengontrol kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Maka dari itu cocok dikonsumsi untuk orang berlebih berat badan dan penderita diabetes. Itulah mengapa, konyaku, sosis dan produk olahan dari porang memang cocok untuk orang dengan penyakit diabetes.
Ciri Ciri Pohon Porang
Sumber: lh3.googleusercontent.com
Pohon umbi porang terbukti sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, terutama untuk kesehatan. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan menjaga pola makan. Salah satu makanan yang berperan baik untuk kesehatan adalah umbi porang. Maka, menjaga kesehatan dapat Anda lakukan dengan pencampuran umbi porang.

Baca Juga :






Belum ada Komentar untuk "Step by Step Pohon Umbi Porang Diolah Menjadi Produk Sosis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel