Artikel Pilihan

Panduan Pembibitan Dan Penanaman Pohon Ketapang Kencana

Ciri Ciri Pohon Ketapang Kencana

Pohon ketapang atau Terminalia catappa adalah salah satu jenis pohon tropis dengan ukuran yang besar dan rindang dari keluarga pohon cemara. Pohon ini memang sangat mudah ditemukan di wilayah tropis, seperti Asia, Australia, dan juga Afrika. Pohon ketapang ini juga dikenal dengan berbagai nama seperti Indian almond, country almond, sea almond, malabar-almond, dan tropical almond.

Di Indonesia sendiri, penyebutan pohon ketapang di masing-masing daerah juga berbeda seperti Gentapang, Ketapang Kencana, Lahafang, Hatapang, dan masih banyak lainnya. Umumnya pohon ini dimanfaatkan sebagai pohon peneduh karena daunnya yang rimbun dan rantingnya yang melebar. Namun beberapa bagian pohon seperti daun, biji, hingga akarnya bisa dimanfaatkan di bidang kesehatan.

Baca juga : Sangat Berguna, Batang Pohon Ketapang Bisa Berikan Manfaat Ini

Karena itulah banyak orang yang menanam dan membudidayakan pohon ketapang ini baik sebagai pohon peneduh ataupun hiasan taman. Jika anda berniat untuk melakukan pembibitan dan penanaman pohon ketapang kencana. Maka cara di bawah ini mungkin bisa anda coba.




Pembibitan Pohon Ketapang Dari Biji

Jika anda ingin memulai menanam pohon ketapang menggunakan pembibitan dari biji, maka cara ini bisa dicoba. Menanam pohon ketapang bisa dimulai dari benih atau biji buah ketapang. Anda bisa mendapatkannya dari buah ketapang yang sudah tua.
  1. Belah buah ketapang dan ambil bagian bijinya. Pilih biji yang masih bagus sebelum akan menyemaikannya. Setelah itu anda bisa menjemurnya beberapa biji di bawah terik sinar matahari kurang lebih 5-6 jam.
  2. Setelah dijemur, pindahkan biji ke tempat yang teduh kurang lebih 24 jam sebelum siap untuk ditanam
  3. Siapkan media tanam yang akan digunakan untuk menanam bibit pohon ketapang. Anda bisa memilih media tanam yang berasal dari humus atau kompos organik yang sudah dimasukkan ke polybag kecil
  4. Kemudian tempelkan biji ketapang yang sudah siap untuk ditanam ke dalam polybag yang berisikan media tanam yang sudah anda siapkan tadi
  5. Proses perkecambahan nantinya akan mulai nampak saat kurun waktu 3-6 minggu. Namun perlu untuk diingat jika saat masa pertumbuhan anda harus memperhatikan kadar pemberian air agar cukup mendukung perkembangan bibit.
  6. Selain air, tanaman ketapang tersebut juga membutuhkan sinar matahari penuh yang cukup. Karena itulah akan lebih baik untuk memindahkan bibit pohon ketapang ke tempat yang terkena paparan sinar matahari dengan baik.
  7. Memasuki usia ke 6 bulan, nantinya benih dari pohon ketapang akan mulai membesar seperti pohon kecil dengan tingginya yang mencapai 30 cm. Pada saat itulah anda harus memindahkannya ke polybag yang berukuran lebih besar dibandingkan sebelumnya
  8. Setelah tinggi pohon mencapai atau bahkan lebih dari 30 cm, siapkan lubang dengan ukuran 40x40x40 cm yang nantinya akan dijadikan tempat tumbuh pohon ketapang kencana secara permanen.
    Baca juga : Jangan Kaget, Di Waktu Ini Pohon Ketapang Meranggas Sempurna

  9. Setelah 2 minggu dari pengukuran pohon, anda bisa memindahkannya ke lubang yang sudah disiapkan sebelumnya. Dibandingkan dengan menarik batang pohon, karena masih rapuh. Akan lebih baik untuk memisahkan dari polybag dengan cara menyobek polybag sehingga nantinya bisa mudah dilepaskan
  10. Masukkan tanaman beserta tanah semaian ke dalam lubang tersebut. Lalu tutup sisa lubang dengan menggunakan tanah. Setelah itu tekan-tekan perlahan di bagian area tersebut dengan lembut dan jangan lupa menyiram dengan air secara rutin
  11. Selama masa pertumbuhan, penting untuk merawat pohon ketapang kencana dengan cara memberikan kompos organik yang nantinya sangat bermanfaat merangsang perkembangan cabang serta daun ketapang
Ciri Ciri Pohon Ketapang Kencana
Sumber: stewartflowers.net

Penanaman Pohon Ketapang Dengan Cangkok

Cara menanam pohon ketapang lainnya bisa dilakukan melalui cangkok. Namun umumnya, ketapang yang didapatkan dari metode cangkok ini biasa digunakan untuk hiasan di pot-pot besar bukan dijadikan sebagai pohon peneduh.




Cara mencangkok pohon ketapang sama halnya seperti proses mencangkok pada umumnya. Anda bisa memilih batang pohon ketapang yang terbilang cukup tua dan kemudian kupas kulit tersebut. Untuk media tanaman yang terbaik untuk digunakan saat proses mencangkok adalah cocopeat.

Akar tanaman bisa tumbuh kurang lebih sekitar 3-4 bulan. Namun penting untuk diperhatikan jika tanaman pohon ketapang yang didapatkan dari cangkok sangat membutuhkan air dan sinar matahari yang cukup bagi pertumbuhan.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Panduan Pembibitan Dan Penanaman Pohon Ketapang Kencana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel