Artikel Pilihan

Mengenal Lebih Dekat Dengan Bibit Pohon Bidara Arab

Bibit Pohon Bidara

Bibit pohon bidara biasanya banyak terdapat di tanah yang kering, seperti negara Aljazair, Mesir, atau Libya. Ada 5 jenis bibit pohon bidara yang tumbuh di dunia ini dan semuanya memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah Pohon Bidara Arab. Tumbuhan yang satu ini dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit hingga mengusir setan dan jin.

Setiap jenis bibit pohon bidara memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Anda tetap dapat membedakannya dari bentuk daun, batang, dan buahnya. Pohon Bidara Arab sendiri memiliki bentuk yang paling berbeda dengan jenis lainnya. Kalau anda mencari tanaman ini untuk mengusir setan atau jin, anda mungkin harus mengenali karakteristiknya. 

Karakteristik Bibit Pohon Bidara Arab 


1. Persebaran 

Bidara Arab memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana sering disebut juga dengan nama Widara. Biasanya tersebar di beberapa daerah yang panas dan gersang. Meski namanya bibit Pohon Bidara Arab. Namun, tanaman ini tidak hanya tumbuh di Arab. 

Tanaman ini menyebar di Asia Selatan, Asia Tengah, China, Afghanistan, dan bahkan Indonesia. Bidara Arab bahkan sulit ditemukan di Arab. Alasan dinamakan Bidara Arab ternyata bukan merujuk pada negara Arab Saudi. 

Nama Arab dari pohon bidara ini diambil dari negara jarizah Arab, seperti Ethiopia, Afghanistan, dan Pakistan. Beberapa orang percaya kalau tanaman ini memiliki sejarah bersama dengan Nabi Muhammad. 

2. Bentuk Batang 

Bibit pohon Bidara Arab akan menumbuhkan batang yang tingginya bisa mencapai 15 meter. Diameter batangnya mencapai 40 cm, sebuah ukuran yang cukup besar. Namun, ukuran pohon bidara Arab ini masih tergolong kecil. Batangnya juga berbentuk bengkok dengan cabang yang banyak. 

3. Bentuk Daun 

Seperti tanaman pada umumnya, Pohon Bidara Arab memiliki daun yang berwarna hijau pekat. Daun yang tumbuh di sekitar tanaman yang satu ini sangat lebat. Daunnya memiliki karakter yang berpasangan dimorfis. 

Dimorfis maksudnya adalah sebuah organisme yang berpasangan. Pada daun Bidara Arab ini, daun yang kedua selalu terlihat melengkung dan lebih pendek. Bila daun utamanya berduri, daun yang kedua ini tidak memiliki duri. Namun, tetap ada yang berduri seperti daun utamanya. 

Daunnya tidak memiliki seling dengan bentuk yang bulan seperti telur. Namun, agak lebih lonjong daripada telur. 

4. Bentuk Buah 

Bibit Pohon Bidara Arab juga menghasilkan buah yang sangat enak, rasanya asam manis. Hebatnya, buah ini bisa tumbuh kapan saja setelah anda memetik habis buahnya. Buah bidara tumbuh tanpa mengenal musiman. 

Bentuk buahnya ada yang bulat dan ada juga yang oval dengan ukuran 2 sampai 6 cm. Warnanya hijau dan merah setelah matang, mirip seperti apel. Namun, dengan ukuran yang lebih kecil. 

Buah Bidara Arab memiliki kulit yang halus, tipis, serta mengkilap. Kulit tersebut harus anda lepas dulu sebelum memakannya. Di dalam buah ini ada biji yang terbungkus cangkang. Biji ini yang bisa dibuat sebagai bibit pohon bidara yang baru lagi. 

Aroma dari buah bidara Arab sangat khas, yaitu menyengat manis. Tekstur buahnya juga lembek berair bila anda membuka kulitnya. 

Manfaat Bibit Pohon Bidara Arab 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: romadecade.org
Bibit pohon Bidara Arab tidak hanya menumbuhkan buah yang enak dimakan, tetapi juga bermanfaat. Anda dapat memanfaatkan daun dan buah dari tanaman ini sebagai obat. Berbagai penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman ini adalah: 

1. Jerawat 

Tanaman ini mampu menghilangkan jerawat karena mengandung anti bakteri. Salah satu bagian yang bisa anda manfaatkan adalah daunnya. Tumbuh daun tersebut hingga halus dan kemudian oleskan ke sekitar muka. Tunggu hingga kering dan bilas dengan air bersih. Penggunaannya memang seperti masker. 

2. Luka Luar 

Bibit pohon bidara Arab dapat mempercepat penyembuhan luka luar yang disebabkan oleh goresan atau luka bakar. Tumbuh beberapa daun bidara Arab yang sudah anda cuci bersih sebelumnya. Lalu oleskan di bagian yang luka. 

Kandungan anti bakteri dan antioksidan dalam tanaman ini cukup kuat untuk mempercepat proses penyembuhan luka serta mencegah terjadinya infeksi. Cuci tumbukan tersebut bila sudah kering. 

3. Untuk Mengusir Setan 

Memang tidak masuk akal. Namun, manfaat bibit pohon Bidara Arab yang satu ini disarankan oleh beberapa ulama untuk membantu proses ruqyah. Daun bidara Arab adalah bagian yang dipakai. 

Tanaman ini bisa mengusir setan yang merasuki, mengikuti, mengganggu, bahkan menetap di sebuah rumah. Untuk menggunakannya, anda bisa mengambil beberapa daun bidara dan memasukkannya ke dalam gelas. Bacakan doa dan kemudian air tersebut diminum dan dimandikan ke orang yang kerasukan. 

4. Perawatan Wajah 

Selain mengobati jerawat, bibit pohon Bidara Arab juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah untuk melembapkan dan mempercantik wajah. Selain itu, tanaman ini juga bisa mencegah penuaan dini. 

Anda bisa menjadikannya sebagai masker dengan ditumbuk hasil dan oleskan di seluruh muka. Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu, susu, atau air biasa. 

Setelah mengetahui manfaatnya, apakah anda jadi lebih tertarik menanam bibit pohon bidara Arab? Jika anda tertarik, jangan sampai salah memilihnya. Untuk itulah anda harus mengetahui ciri-ciri dari tanaman yang satu ini.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dekat Dengan Bibit Pohon Bidara Arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel