Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Kamper (Cinnamomum camphora) Di Alam Liar

Kamper

Kamper (Cinnamomum camphora) adalah tanaman asli Cina selatan, mulai dari Sungai Yangtze, Taiwan, Jepang selatan, Korea, dan Vietnam. Pohonnya telah diperkenalkan ke banyak negara lain di luar Asia.

Di Jepang, di mana pohon itu disebut Kusunoki, satu dari lima pohon kapur barus terkenal dengan lingkar batang terbesar, an mendapat julukan Kamō no Ōkusu yang artinya "kapur barus besar Kamō".

Spesies ini mengandung senyawa kimia yang mudah menguap di semua bagian pohonnya. Kayu dan daunnya disuling dengan uap untuk mendapatkan minyak esensial. Ada enam kandungan zat kimia berbeda yang disebut chemotypes (kamper), linalool, 1,8-cineole, nerolidol, safrole, dan borneol.



Di Australia pohon kamper telah menjadi gulma berbahaya di seluruh Queensland dan menjadi petrhatian di New South Wales utara. Pohon kamper tumbuh dengan cepat di hutan hujan dan padang rumput, dan ia juga bersaing dengan pohon Eucalyptus, spesies pohon Australia yang merupakan satu-satunya sumber makanan koala.

Pohon kamper banyak ditanam dan dibudidayakan untuk dipanen kapur barus dan kayunya. Produksi kapur barus dalam bentuk padat dan lilin adalah industri utama di Taiwan sebelum dan selama era kolonial Jepang (1895-1945).

Banyak benda dan bangunan kuno ditemukan di daerah pegunungan habitat pohon itu tumbuh. Dengan rata-rata pohon kamper yang tua memiliki cacat pada batang, seperti kulit kayu terkelupas tak lazim atau bekas luka ukiran. Pertanda, bahwa pohon kamper sudah digunakan sejak zaman dahulu kala.


Ciri Ciri Daun Kamper


Daun Kamper

Daun pohon kamper berwarna hijau mengkilap, dan mengeluarkan bau kapur barus ketika dihancurkan.


Ciri Ciri Bunga Kamper


Bunga Kamper

Bunga-bunga kamper hanya muncul di musim semi, ia berbentuk kecil dan berwarna putih.


Ciri Ciri Buah Kamper


Buah Kamper

Buahnya kecil dan muncul di ujung ranting, berwarna hijau saat muda dan ungu kehitaman saat matang.


Ciri Ciri Pohon Kamper


Pohon Kamper

Pohon kamper dapat tumbuh setinggi 20-30 meter di alam liar. Kulit batang pohonnya berwarna abuabu kecoklatan dan sangat kasar atau pecah-pecah.

Pohon ini populer dengan nama kamper. Kamper adalah zat kristal putih, diperoleh dari pohon batang pohonnya. Kamper telah digunakan selama berabad-abad sebagai bumbu kuliner, dupa, dan sebagai obat tradisional. Kamper juga merupakan pengusir serangga dan zat pembunuh kutu.



MANFAAT POHON KAMPER :

Di Cina, minyak esensial dari pohon kamper digunakan untuk memproduksi minyak kayu putih.

Kayu kamper digunakan secara medis dan juga merupakan bahan penting dalam produksi bubuk mesiu dan seluloid tanpa asap.

Kayu kamper merupakan salah satu monopoli pemerintah yang paling menguntungkan di Jepang. Itu karena kayunya memiliki kualitas tinggi dan anti serangga.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Kamper (Cinnamomum camphora) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel