Artikel Pilihan

Pohon Pinus Taeda, Sumber Kertas dan Calon Bahan Baku Biofuel

Ciri Ciri Pohon Pinus

Ratusan jenis pohon pinus yang tersebar di berbagai wilayah memang memiliki banyak fungsi dan manfaat yang berguna untuk kehidupan manusia. Hal inilah yang membuat banyak ilmuwan tidak berhenti membuat penelitian lebih dalam terkait pohon pinus.

Tidak hanya digunakan sebagai tanaman yang bisa mengurangi polusi, pohon pinus juga punya potensi besar menghasilkan energi. Salah satu jenis pohon pinus yang digadang-gadang bakal jadi calon bahan baku biofuel selanjutnya adalah jenis pinus Taeda.

Baca juga : Pohon Pinus Purba di Eropa, Usianya Ribuan Tahun

Pohon pinus ini sedang diteliti lebih lanjut untuk dikembangkan jadi bahan bakar yang ramah lingkungan. Ini membuat pohon pinus Taeda menjadi salah satu jenis pinus yang cukup penting di berbagai negara, khususnya Amerika.




Sebab, selain menjadi bahan baku untuk biofuel yang ramah lingkungan, pinus Taeda ini adalah salah satu sumber kertas di dunia. Getah dan resin yang dihasilkan oleh pohon pinus taeda memiliki beberapa bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kertas. Selain itu, pinus yang punya nama latin Pinus loblolly ini juga menjadi salah satu jenis tanaman yang punya kayu pulp yang banyak dicari.

Nilai ekonomi dari kayu pulp pinus Taeda membuatnya banyak ditemukan di AS Tenggara dan Karibia. Pohon pinus ini hidup bersama spesies lainnya seperti Pinus echinata, Pinus elliottii, Pinus glabra, Pinus palustris, dan Pinus serotina.

Ciri Khas Pinus Taeda

Ciri Ciri Pohon Pinus
Sumber: commons.wikimedia.org
Pohon pinus Taeda bisa tumbuh sampai 46 meter dengan batang berdiameter 160 cm. Biasanya lurus, tanpa tunas adventif; mahkota berbentuk kerucut lebar untuk dibulatkan. Kulit pohon pinus ini berwarna merah kecoklatan, membentuk persegi atau persegi panjang tidak beraturan, piring bersisik, dan tidak memiliki kantung resin.

Baca juga : Manfaat Pohon Pinus Merkusii yang Merupakan Tanaman Asli Indonesia

Cabang-cabang pohon pinus cenderung menyebar-naik dengan ranting Ramping sedang. Pohon pinus ini menyebar di berbagai negara Amerika Serikat seperti New Jersey, Delaware, Maryland, Virginia, Carolina Utara, Tennessee, Carolina Selatan, Georgia, Florida, Alabama, Mississippi, Louisiana, Arkansas, Oklahoma, dan Texas pada ketinggian 0-700 m.

Pohon pinus Taeda juga berada di Habitat dataran rendah dan perbatasan rawa, untuk mengeringkan dataran tinggi. Pohonnya memiliki diameter 152 cm, tinggi 45 m, sebaran mahkota 25 m, terletak di Warren, AR (American Forests 1996). Southease of Warren, Ashley County juga memiliki beberapa pohon besar, dan tercatat punya lingkar pohon hingga 182 cm. Pohon terbesar di South Carolina, di Taman Nasional Rawa Congaree, memiliki diameter pohon 152 cm, tinggi 44 m, volume batang 42 m3.

Pohon pinus Taeda lainnya di Congaree telah diukur hingga ketinggian 52,7 meter dengan pohon hidup tertinggi diukur pada 51,4 m. Ketinggian tersebut adalah ketinggian yang dihitung selama survei komprehensif. Adapun Pohon pinus Taeda lainnya yang lebih tinggi telah dilaporkan dari Congaree sebelumnya.

Pohon Pinus Taeda Tertua

Ciri Ciri Pohon Pinus
Sumber: species.wikimedia.org
Pohon pinus Taeda, sama seperti pohon pinus pada umumnya yaitu bisa hidup dengan usia yang sangat tua. Pohon pinus umumnya bisa hidup hingga ratusan tahun. Jika mendapatkan perawatan yang baik dan berada di wilayah yang sesuai, pohon pinus bahkan bisa hidup lebih lama lagi.




Salah satu pohon pinus Taeda adalah lebih dari 191 tahun lamanya. Pohon pinus ini adalah salah satu spesimen yang dikumpulkan di Union Camp Big Woods, North Carolina oleh A.C. Barefoot dan W.L. Hafley pada tahun 1985. Namun selain laporan pohon pinus tua ini, ada satu informasi yang lebih dulu melaporkan usia cincin yang dihitung selama 241 tahun untuk sebuah pohon pinus Taeda di Taman Nasional Congaree, Carolina Selatan.

Pohon pinus Taeda sendiri biasa juga ditanam bersama pohon pinus lainnya sebagai hutan tanaman yang menjaga ekosistem dan menyerap polusi. Di Amerika Serikat bagian tenggara, Pohon pinus Taeda juga ditanam dengan pohon pinus elliottii dan pinus echinata. Tidak mengherankan, sebab pohon pinus tersebut adalah jenis pohon yang memiliki kayu pulp yang sangat banyak dibutuhkan untuk kehidupan manusia saat ini.

Demikian adalah informasi terkait pohon pinus Taeda. Semoga pembahasan pohon pinus di dalam artikel bermanfaat.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Pohon Pinus Taeda, Sumber Kertas dan Calon Bahan Baku Biofuel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel