Artikel Pilihan

Pohon Pinus Purba di Eropa, Usianya Ribuan Tahun

ciri ciri pohon pinus

Pohon pinus adalah salah satu jenis pohon yang bisa berusia hingga ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. Pada awal pertumbuhan, pohon pinus memang tumbuh agak melambat. Akan tetapi semakin tua, pertumbuhan pohon pinus justru semakin cepat dan berkembang.

Di wilayah pedalaman Eropa ada salah satu pohon pinus purba yang berusia 1230 tahun. Pohon ini adalah pohon pinus tertua yang masih hidup hingga saat ini. Jenis pohon pinus tersebut adalah Pohon Pinus Heldreich.

Pohon purba ini ditemukan oleh seorang peneliti di Taman Nasional Pollino. Saat ini pohon pinus tersebut menjadi pohon tertua di Eropa. Laporan pada jurnal menyebutkan tentang pohon pinus kuno yang saat ini sedang berada di masa tua. Bahkan penelitian juga memberikan bukti bahwa pohon yang paling sepuh usianya ini pertumbuhannya sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Sebaliknya, jumlah pohon di wilayah Mediterania lainnya justru turun.


Pohon Pinus Tua yang Kuat

ciri ciri pohon pinus

Sang 'kakek' pohon pinus ini ternyata sangat tahan banting dan bisa bertahan hidup dalam perubahan iklim apapun. Saat periode dingin abad pertengahan ia hidup dan terus tumbuh, bahkan saat iklim mulai menghangat atau malah mengalami kekeringan.

Pohon pinus ini diberi nama Italus dan memiliki tinggi hingga 40 meter. Ada satu hal yang cukup berbeda pada pohon pinus tua ini saat ditemukan ilmuwan, yakni kondisi batang dalam yang kosong dan menjadi debu. Peneliti sempat kesulitan untuk melakukan serangkaian tes demi mengetahui usia pohon pinus ini. Padahal biasanya cara menghitung usia pohon pinus yang paling sering digunakan adalah dengan melihat cincin pohon. Sementara bagian cincin pohonnya telah hilang.

Sehingga, para ilmuwan menghitung usia pohon pinus super tua ini dengan dua metode. Pasalnya, akar pohon pinus tua itu masih dalam kondisi yang kokoh dan sangat baik. Sehingga, mereka mengambil sampel radiokarbon dari akarnya yang terbuka untuk melihat kapan pohon ini tumbuh. Kemudian tim peneliti juga menghitung silang waktu pertumbuhan antara sampel cincin pohon dan sampel radiokarbon pada akar.

Dengan mengetahui usia pohon pinus tua satu ini, ilmuwan pun jadi bisa memahami seperti apa hutan dalam menanggapi perubahan iklim. Dampak perubahan iklim bisa terlihat pada pohon yang berusia ratusan tahun. Sehingga, hal ini bisa digunakan untuk mendapatkan prediksi perubahan iklim di masa yang akan datang.

Pohon pinus tua ini ditemukan oleh Gianluca Piovesan bersama rekannya dari University of Tuscia, di atas pegunungan curam dan berbatu di Taman Nasional Pollino, Italia Selatan. Sebagai informasi, beberapa pepohonan yang tumbuh di Taman Nasional Pollino memang cukup beragam. Banyak yang dari jenis oak, maple, pinus, dan cemara. Namun, ada juga jenis pino loricato purba atau Pinus heldreichii.

Baca Juga :

Taman Nasional Pollino ini adalah taman nasional terbesar di Italia dan terletak di pegunungan Italia bagian selatan. Kawasan yang melintasi daerah Basilicata dan Calabria ini didompinasi lereng berhutan dan padang rumput di puncak bukit. Beberapa pohon pinus nampak terlihat di taman ini.

Keistimewaan Pohon Pinus

ciri ciri pohon pinus
Sumber: indiatoday.in

Pohon pinus tidak hanya memiliki manfaat untuk hutan hujan dan hutan tropis. Pohon pinus juga punya banyak keistimewaan. Diantaranya, pohon pinus menjadi salah satu pilihan untuk yang sedang mengupayakan penghijauan atau konservasi lahan. Karakter pohon pinus yang bisa bertahan di berbagai cuaca inilah yang membuat banyak orang memilihnya.

Selain itu, pohon pinus juga banyak dibudidayakan untuk diambil getahnya. Getah dari pohon pinus ini bisa digunakan untuk terpentin. Selain itu, kayu pohon pinus juga dinilai sangat baik untuk furnitur.

Keistimewaan pohon pinus lainnya adalah daun pohon pinus yang berbentuk jarum ternyata memiliki banyak manfaat. Jika dikeringkan dan dibuat teh, daun pohon pinus bisa meredakan stres. Bahkan di beberapa negara di Eropa, daun pohon pinus ini digunakan untuk terapi saat sesak nafas dan batuk.

Dengan banyaknya keistimewaan pohon pinus tersebut, tidak heran jika banyak orang memilih pohon pinus ini sebagai ladang penghasilan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pohon Pinus Purba di Eropa, Usianya Ribuan Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel