Artikel Pilihan

Manfaat Pohon Pinus Merkusii yang Merupakan Tanaman Asli Indonesia

ciri ciri pohon pinus

Pohon pinus merkusii di Indonesia banyak dikenal sebagai Tusam. Awalnya, Tusam ini ditemukan di daerah Tapanuli Selatan. Akan tetapi, Tusam kini juga banyak ditemukan di wilayah Jawa. Hal ini dikarenakan lahan dan ketinggian di Jawa juga cocok untuk tumbuh pohon pinus merkusii.

Selain itu, hampir semua jenis pohon pinus terkenal sebagai tanaman yang mudah dibudidayakan. Pohon pinus tahan di segala cuaca dan tempat, bahkan yang kering. Tidak ada syarat tertentu untuk menanam pohon pinus di lahan yang sangat kering.

Diketahui jenis akar pohon pinus yang berbentuk tunggang ini membuat pohon pinus bisa hidup di tanah yang tebal. Jadi, pohon pinus bisa tetap hidup dan bertahan dengan pH asam. Akan tetapi lebih baik lagi tumbuh di ketinggian tertentu, seperti 400-2000 mdpl.

Sebab, jika pohon pinus ditanam pada ketinggian yang kurang, maka pertumbuhannya tidak akan maksimal. Suhu udara yang tinggi memberikan hambatan pada pertumbuhan pohon pinus. Sedangkan di tempat terlalu tinggi, pohon pinus tidak bisa berfoto sintesis.

Manfaat Pohon Pinus Merkusii

Pohon pinus merkusii punya banyak sekali manfaat. Banyak yang membudidayakan pohon ini karena sangat mudah ditanam. Selain itu pohon pinus jenis ini bisa tumbuh di lahan yang kritis sekalipun.
ciri ciri pohon pinus merkusii
Sumber: flickr.com
Sehingga, pohon pinus merkusii menjadi pilihan bagi yang ingin melakukan penghijauan. Tak heran, hutan yang ditumbuhi pohon pinus merkusii cenderung lebih hijau dan sejuk. Selain itu masyarakat pun sangat menyukai pohon pinus sebagai spot swafoto karena sangat menarik.

Sejak tahun 1990 pohon pinus merkusii sudah ditanam di berbagai hutan di Indonesia untuk reboisasi hutan. Lahan hutan yang tandus dan baru saja terbakar bisa menjadi tempat tumbuhnya pohon pinus merkusii dengan baik. Selain untuk penghijauan kayu pohon pinus juga sangat berkualitas.

Baca Juga :

Kayu pohon pinus merkusii digunakan untuk furnitur dan pembuatan kertas. Selain itu, pohon pinus juga dapat diambil getahnya. Getah pohon pinus digunakan untuk produk olahan terpentin. Selain itu getah pohon pinus juga menjadi bahan utama untuk gondorukem atau resin.
ciri ciri pohon pinus merkusii
Sumber: pngplants.org
Daun pohon pinus yang khas dan berbentuk jarum juga ternyata punya manfaat. Berbagai negara sudah melakukan inovasi pada daun pohon pinus. Di wilayah Eropa dan China daun pohon pinus digunakan untuk obat.

Sementara di India, daun pohon pinus diolah dan dijadikan sebagai briket. Briket ini kemudian menjadi penghasil listrik untuk masyarakat yang berada di daerah yang tidak terjangkau listrik. Selain itu, daun pinus diketahui sejak lama menjadi desinfektan dan sudah dipasarkan secara luas serta produksi massal.

Salah satu manfaat lagi dari pohon pinus yaitu adalah bijinya. Biji pohon pinus sudah banyak dikonsumsi masyarakat sebagai camilan yang sehat. Biji pohon pinus juga dikemas sebagai makanan di beberapa negara. Biji pohon pinus ini juga cukup populer karena banyak yang menggunakan biji ini untuk foto maupun hiasan tertentu. Dalam kondisi yang kering, biji dari pohon pinus bisa disimpan lebih lama untuk digunakan dalam waktu-waktu tertentu.

Sedangkan di Italia ada juga yang menggunakan biji pohon pinus sebagai sirup. Sirup dari biji pohon pinus ini cukup banyak digemari dan sering dinikmati bersama pancake atau wafel. Inovasi tersebut sekaligus menambah daftar terobosan manfaat yang didapat dari pohon pinus. Sehingga, bisa dibilang pohon pinus merupakan tanaman yang kaya akan manfaat.

Pohon pinus juga memiliki efek aroma yang menenangkan. Inilah yang membuat banyak orang berlama-lama saat berada di hutan pohon pinus. Aroma yang menenangkan ini berasal dari minyak yang dikeluarkan dari tegakan pohon pinus.

Selain itu, pohon pinus merkusii juga bisa menjaga kondisi air tanah apabila tumbuh di lokasi yang curah hujannya tinggi. Pohon pinus juga menjadi rumah untuk berbagai jenis satwa maupun tanaman kecil lainnya. Hewan yang suka tinggal di pohon pinus ini seperti seperti burung-burung kecil yang membuat sarang di dahan maupun lubang di dalam pohon.

Itulah berbagai manfaat dari pohon pinus merkusii yang perlu kita ketahui. Semoga menanam pohon pinus bisa turut melestarikan hutan Indonesia.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pohon Pinus Merkusii yang Merupakan Tanaman Asli Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel