Artikel Pilihan

Pohon Pinus Serotina, Pinus Tambak yang Jarang Dibudidayakan

Ciri Ciri Pohon Pinus

Di antara pohon pinus lainnya, jenis pinus Serotina ini adalah pohon pinus yang cukup jarang dibudidayakan. Beberapa orang menganggap pohon pinus jenis Serotina ini kurang memiliki nilai komersil. Namun, ada juga yang menganggap pinus serotina bisa menjadi sumber kayu.

Pinus Serotina atau yang juga dikenal sebagai pinus tambak ini memiliki jenis kayu yang berbutir, punya getah, dan cukup berkualitas. Akan tetapi, pohon pinus yang juga dikenal dengan nama Pinus pond cenderung memiliki lebih banyak cacat daripada pinus selatan lainnya di pasar. Pasalnya, pohon pinus tambak ini sangat rentan terhadap penyakit jantung merah yang secara substansial mengurangi nilai kayu.

Selain itu, ada kemumungkinan pohon pinus ini jadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat kebakaran. Adapun Pinus tambak adalah spesies komersial utama dari pocosins di North Carolina. Menurut Besse, pada tahun 1952 pohon itu ada di sekitar 2 juta hektar dataran pantai North Carolina.




Pada lokasi basah karakteristik hutan pinus tambak saat ini, hasil panen pohon relatif rendah, dan biaya pembalakan tinggi. Pengamatan menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan pinus tambak mungkin 25% sampai 33% lebih rendah dari pinus loblolly atau pinus Taeda, di tempat kedua spesies ini tumbuh bersama. Hal tersebut membuat pinus tambak ini jarang dibudidayakan karena punya nilai ekonomi yang rendah.

Baca juga : Sederet Manfaat Pohon Pinus untuk Industri Kayu

Jenis Pohon Pinus yang Hidup di Rawa

Ciri Ciri Pohon Pinus
Sumber: canr.udel.edu
Pinus tambak atau pohon pinus serotina ini sering ditemukan di berbagai situs di Amerika Serikat bagian tenggara. Pinus tambak menempati lokasi terbasah dalam jenis pinus basah. Pohon pinus ini ditemukan di rawa-rawa, batas kolam, dan ditandai dengan tanah gambut yang tidak terdrainase alias basah. Namun tidak jarang pinus serotina juga bertahan hidup di dataran berpasir.

Pohon pinus tambak tumbuh secara luas di daerah ekstrim dan cukup luas, seperti lahan gambut yang kurang dikeringkan di dataran rendah pesisir North Carolina. Lebih jauh ke selatan, Pohon pinus ini pernah ditemukan di flatwoods pinus basah (hutan pinus di tanah dengan drainase buruk) dan sabana di teras bawah laut pesisir dan di teluk dan kolam di seluruh dataran pantai.

Di North Carolina bagian timur, pinus tambak biasanya muncul di flat basah dan rawa yang luas dan berdrainase buruk, disebut pocosins. Pocosins ini memiliki tanah organik yang bervariasi dari kedalaman 0,3-7,6 meter. Pocosins adalah rawa ombrotrophic yang lebih tinggi dan didominasi oleh semak belukar terus menerus setinggi 1-4 meter dengan pohon-pohon pinus pond atau pinus serotina yang muncul dan menyebar.

Biji Pohon Pinus Serotina

Ciri ciri pohon pinus
Sumber: mydailyrecord.com
Pohon pinus tambak ini diberikan nama serotina yang artinya terlambat. Yang dimaksud dengan hal ini adalah pembukaan biji yang sering tertunda. Biji pinus serotina sering bertahan selama 2 hingga 8 tahun, memberikan penampilan pohon sebagai produsen benih produktif.

Baca juga : Fosil Pohon Pinus Tertua Ditemukan, Usianya Ratusan Juta Tahun

Semua biji pohon pinus tambak mungkin masih tertutup saat mereka dewasa. Biji pohon pinus yang lebih dari 5 tahun dapat terbuka secara individu setelah pelapukan cuaca dan serangga. Benih yang terdapat pada biji lebih dari 5 tahun jarang ditemukan.

Benih dilepaskan dari pinus tambak yang lebih tua dan terbuka selama 2 periode musiman: April hingga September dan Oktober hingga Januari. Regenerasi pinus tambak terhambat oleh 2 masalah di bawah kondisi rata-rata. Pertama, kerucut pinus tambak serotin sering membutuhkan panas untuk membuka kerucut berskala, dan kedua, kelembapan terus-menerus dari tanah organik menyediakan media pertumbuhan yang sangat baik untuk pesaing yang kuat seperti pohon lainnya.




Di antara spesies pinus lainnya, pohon pinus tambak atau pinus serotina ini agak unik karena biasanya tumbuh setelah rusak oleh gangguan. Bibit atau anakan biasanya tumbuh subur saat ditebang, dan pohon yang lebih tua akan tumbuh dengan kuat di sepanjang batang dan cabang bahkan setelah hangus dan penggundulan hutan oleh api.

Jadi, meski pohon pinus serotina sering ditemukan tumbuh di rawa, pohon pinus ini tetap tahan api dan kebakaran. Seperti halnya pohon pinus lainnya. Beberapa ahli botani menyebut pinus serotina ini sebagai subspesies pinus pitch.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Pohon Pinus Serotina, Pinus Tambak yang Jarang Dibudidayakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel