Artikel Pilihan

6 Perbedaan Pohon Pinus dan Pohon Cemara yang Harus Diketahui

Perbedaan Pohon Pinus dan Pohon cemara

Banyak orang yang sering keliru melihat pohon pinus dan pohon cemara. Padahal keduanya sangat berbeda. Memang pohon pinus memiliki batang yang besar dan tumbuh tinggi, sama seperti cemara. Namun banyak sekali perbedaannya.

Pohon cemara sendiri sering digunakan sebagai pohon natal, baik di dalam rumah maupun di luar ruangan. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan pohon pinus sebagai pohon natal. Bentuk khas dari kedua tanaman runjung ini memang memiliki kriteria yang hampir sama.

Baca juga : Mengenal Pinus Gula, Pohon Pinus Terbesar dan Paling Tinggi di Dunia

Sedikitnya, ada sekitar 175 jenis pinus dan 35 spesies pohon cemara yang sebagian besar dapat ditemukan di bagian beriklim sedang belahan bumi utara. Pinus dan cemara adalah tanaman hijau yang dibudidayakan untuk tujuan dekoratif dan sebagai sumber kayu utama.




Agar tidak keliru, sebaiknya mengerti perbedaan dari kedua pohon tersebut. Simak dengan cermat, berikut ini adalah beberapa perbedaan pada pohon pinus dan pohon cemara:

1. Bentuk Daun

Perbedaan Pohon Pinus dan Pohon Cemara
Sumber: zenseekers.com
Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui perbedaan antara pohon cemara dan pohon pinus adalah dengan melihat dengan teliti daun mereka. Daun pada pohon cemara cenderung lebih pendek daripada jarum pinus. Selain itu lebih kaku dan menonjol. Daunnya juga jarang mengering dan berubah warna.

Sementara, daun jarum pinus itu lebih lembut dan panjang. Bahkan saat terkena angin, daun pohon pinus ini akan lebih mudah melambai dan bergerak ketimbang daun jarum pada pohon cemara. Adapun akar kedua pohon ini sama, yaitu akar tunggang. Tinggi kedua pohon ini juga tidak jauh berbeda sehingga tidak bisa dijadikan patokan.

2. Bentuk Pohon

Tinggi pohon keduanya memang hampir sama, tapi bentuknya berbeda saat pohon cemara dan pohon pinus mulai tumbuh dewasa. Pohon cemara lebih banyak menghasilkan banyak cabang terbalik yang membentuk mahkota berbentuk piramida. Sementara pohon Pinus memiliki lebih sedikit cabang yang tersusun secara spiral di batangnya.

Mahkota pinus juga berbentuk piramida, tetapi kurang simetris dibandingkan dengan pohon cemara. Inilah yang membuat lebih banyak orang memilih pohon cemara sebagai pohon natal ketimbang pohon pinus.

3. Jenis Kayu

Baik pohon pinus maupun pohon cemara sendiri punya kayu yang cukup lunak. Namun kayu pohon pinus lebih murah dan lebih mudah didapatkan. Warnanya kuning kemerahan dan ditutupi dengan garis putih kekuningan.

Pohon pinus disebut lebih lemah kayunya, dibanding pohon cemara. Akan tetapi kayunya punya jumlah resin yang tinggi. Kayu pinus berwarna indah dan punya motif yang sangat bagus, sebagian besar digunakan untuk pembuatan lemari, perabot, bingkai jendela dan rak. Di Indonesia, pohon pinus juga digunakan sebagai bahan baku cairan untuk mengepel lantai karena mengandung antibakteri.

Baca juga : Pinus Radiata, Pohon Pinus yang Mudah Ditanam dan Menghasilkan Kayu Terbaik

Sementara Cemara memiliki kayu putih krem. Berkat kualitas nada yang sangat baik, kayu cemara sering digunakan untuk pembuatan instrumen musik seperti gitar dan biola. Selain itu, kayu dari pohon cemara juga sering digunakan untuk pembuatan pagar, papan dan kertas.

4. Biji Pohon Pinus VS Cemara

Perbedaan Pohon Pinus dan Pohon Cemara
Sumber: finegardening.com
Pohon pinus menghasilkan biji yang kaku dan terbuat dari sisik yang keras dan berkayu. Hal ini sangat berbeda dengan pohon cemara yang menghasilkan biji fleksibel yang terbuat dari skala tipis dan tipis. Kedua jenis biji pohon ini berada dalam kondisi terbalik di cabang-cabang. Mereka akan jatuh ke tanah dalam satu bagian ketika sudah matang dan siap untuk penyerbukan.

5. Kulit Kayu Pohon

Saat masih muda, pohon pinus punya kulit kayu yang lebih halus. Warnanya menjadi coklat kemerahan dan mengelupas setelah lebih tua. Sementara berbeda dengan kulit cemara. Pohon cemara memiliki kulit kayu bersisik kasar yang menjadi sangat keriput ketika pohon makin dewasa dan menua.




6. Manfaat Konsumsi

Biji dari pohon pinus sudah banyak dikonsumsi sebagai makanan dan teh. Biji pohon pinus ini merupakan sumber dari vitamin A dan C. Sementara, tunas segar pohon cemara sendiri hanya menjadi sumber vitamin C dan dibuat untuk bir. Minuman ini dikonsumsi untuk mencegah gangguan penyakit akibat kekurangan vitamin C.

Demikian perbedaan dari pohon pinus dan pohon cemara, semoga tidak keliru lagi dalam membedakan kedua pohon tersebut.

Baca Juga:
Pohon Pinus Purba di Eropa, Usianya Ribuan Tahun
Pohon Pinus Longleaf Bisa Hidup Hingga 500 Tahun Lamanya
Bagian dari Pohon Pinus Ini Punya Manfaat Untuk Kesehatan

Belum ada Komentar untuk "6 Perbedaan Pohon Pinus dan Pohon Cemara yang Harus Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel