Artikel Pilihan

Pinus Radiata, Pohon Pinus yang Mudah Ditanam dan Menghasilkan Kayu Terbaik

ciri ciri pohon pinus

Pohon pinus selain menjadi pohon yang menjadi sebuah pohon natal di musim dingin, kayunya juga menjadi pilihan banyak orang. Salah satu jenis kayu dari pohon pinus yang cukup banyak ditemukan adalah pinus radiata. Pohon pinus jenis ini mudah ditanam dan bisa bertahan di berbagai lahan.

Untuk mencukupi kebutuhan industri, perkebunan pohon pinus sendiri sudah mulai didirikan di Australia dari tahun 1870-an. Dengan adanya perkebunan ini, diharapkan tidak mengurangi pasokan kayu dari hutan asli.

Upaya awal untuk menemukan spesies tanaman pinus yang cocok untuk kondisi Australia memunculkan uji coba penanaman dengan menggunakan berbagai spesies. Pinus dari Amerika utara dan tengah, Eropa dan Mediterania, dari Himalaya dan Asia Timur semuanya diuji coba tanam.

Dari sekian jenis pohon pinus, yang paling sukses adalah pinus radiata. Spesies ini tumbuh secara alami hanya di tiga tempat kecil di pantai California tengah, di area sekitar 5.000 hektar, membentang di sepanjang Pantai Pasifik di wilayah Monterey, selatan San Francisco. Hal inilah yang akhirnya membuat pohon pinus Radiata mulai banyak dibudidayakan.
ciri ciri pohon pinus readiata
Sumber: euforgen.org
Padahal, dulunya di tempat asalnya, California, pohon pinus Radiata ini memiliki reputasi sebagai pohon kayu dengan utilitas terbatas. Akan tetapi, tetap digunakan oleh para perintis Fransiskan Spanyol untuk membangun stasiun misi mereka pada tahun 1780-an dan juga digunakan untuk paving. Dewasa ini, pohon pinus Radiata adalah salah satu pohon pinus utama yang dibudidayakan di daerah beriklim belahan bumi selatan dan basis industri hutan besar di beberapa negara, termasuk Australia, Selandia Baru, Chili dan Afrika Selatan.

Tidak pasti kapan tepatnya, pohon pinus Radiata ini di bawa ke Australia. Ada kemungkinan bibit pohon pinus ini berada di pemberat kapal dengan colliers yang kembali ke Newcastle dari California. Bisa juga, para penambang membawa benih pinus ketika mereka meninggalkan ladang emas California untuk pergi ke Australia saat ada demam emas pada awal tahun 1850-an.

Meski demikian, cukup jelas kemungkinannya jika pohon pinus radiata telah tumbuh di Australia selama sekitar 150 tahun. Meskipun ternyata butuh beberapa waktu yang cukup lama bagi pohon ini untuk mendapatkan pengakuan sebagai pohon komersial.

Baca Juga :

Australia memberikan uji coba kepada jenis pohon pinus radiata, karena mereka tidak punya pohon asli yang cocok untuk produksi kayu. Setelah melalui beberapa uji coba, penanaman pohon pinus secara massal mulai dilakukan.

Penanaman pinus besar pertama di Australia Selatan terjadi pada tahun 1870-an ketika pemukim di sebagian besar bagian negara itu masih berjuang untuk menghancurkan hutan asli. Mereka bertujuan untuk membuat jalan bagi pertanian dan pemukiman.

Dengan adanya situasi tersebut, perluasan yang lebih luas dari perkebunan pinus radiata mengalami kemunduran awal dalam dua dekade pertama abad ke-20 karena kekurangan nutrisi tanah yang membutuhkan waktu. Pada saat itu ada juga prasangka kuat yang mendukung kayu lunak impor karena dianggap berkualitas unggul. Selain itu, hal ini juga didukung dengan rasa tidak percaya jika Australia bisa menumbuhkan pohon pinus yang bisa menghasilkan kayu.
ciri ciri pohon pinus radiata
Sumber: wikimedia.org
Akan tetapi, meski ada banyak kendala untuk diatasi, upaya penanaman pohon pinus radiata tidak kunjung padam. Penelitian substansial tentang persyaratan nutrisi tanah, prosedur manajemen perkebunan dan penggergajian serta pemanfaatan kayu telah menjadikan radiata pinus sebagai andalan industri kayu lunak dan pembuatan kertas Australia.

Pohon pinus radiata telah beradaptasi dengan iklim sedang di bagian selatan Australia dan memiliki tingkat pertumbuhan 10 sampai 20 kali lipat dari hutan eukaliptus asli, dan hingga 50 kali lipat dari hutan yang tumbuh lebih lambat, seperti cemara.

Pohon pinus radiata kini menjadi primadona, dengan kepadatan sedang, tingkat pertumbuhan yang cepat dan bahkan tekstur, pinus radiata telah muncul sebagai 'kayu super' abad ke-21. Spesies ini sekarang menjadi salah satu spesies kayu industri yang paling menarik dan serbaguna di dunia.

Pohon pinus radiata menjadi salah satu dari sekian jenis kayu pinus yang digunakan oleh bengkel tukang kayu berkualitas tinggi, panel dan lantai, konstruksi rumah dan industri, kelongsong eksterior, penghiasan, tiang, tiang, pagar dan pengemasan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pinus Radiata, Pohon Pinus yang Mudah Ditanam dan Menghasilkan Kayu Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel