Artikel Pilihan

Bagian dari Pohon Pinus Ini Punya Manfaat Untuk Kesehatan

ciri ciri pohon pinus

Pohon pinus ternyata tidak hanya punya manfaat untuk lingkungan, tapi juga kesehatan. Nah, salah satu spesies pinus yang paling sering ditulis dan berhubungan dengan kesehatan tradisional adalah pinus Scotch (Pinus sylvestris). Pohon pinus ini diduga kuat berasal dari daerah Republik Ceko modern antara tahun 10.000 dan 8800 SM.

Beberapa jenis pohon pinus juga bisa tumbuh dengan baik di tanah yang keras maupun liat. Jika dirawat dengan baik, pinus bakal punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, memangkas beberapa dahan dan cabang yang telah tumbuh setiap tahunnya.

Nah, kamu mungkin mengira pohon pinus hanya menghasilkan udara yang baik untuk lingkungan saja. Tapi jangan keliru, hampir semua bagian pohon pinus bermanfaat, khususnya beberapa bagian pohon pinus berikut ini:


1. Serbuk sari

ciri ciri pohon serbuk sari
Sumber: healthbenefitstimes.com
Serbuk sari dari pohon pinus telah digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Serbuk sari dari pinus yag sering disebut dengan pollen ini adalah adaptogen yang akan mendukung kemampuan tubuh untuk menavigasi stres. Sehingga, bisa memberikan manfaat seperti menyeimbangkan hormon, meningkatkan kualitas tidur dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, serbuk sari juga diterapkan pada wajah sebagai perawatan kecantikan. Pinus dikenal sangat anti-inflamasi, sehingga salah satu manfaat penting dari serbuk sari pinus adalah anti aging. Di China, sudah banyak perusahaan klinik kecantikan yang menggunakan serbuk sari sebagai perawatan kecantikan.


2. Kulit kayu

Kulit kayu pohon pinus biasa digunakan untuk teh. Dikeringkan dengan cara dijemur, kemudian direbus dan dikonsumsi. Selain itu, kulit kayu bagian dalam pohon pinus yang ditumbuk dan direndam dengan baik dapat meringankan luka bakar atau wasir.

Namun, perlu kamu ketahui jika mengambil sebatang kulit kayu dari pohon akan menyebabkan kerusakan serius. Karena itu, cobalah untuk memanen kulit pohon dari cabang yang harus kamu pangkas. Lepaskan kulit luar dan panen kulit bagian dalam yang lebih lembut. Kulit dalam pohon pinus bisa digunakan segera atau dikeringkan untuk teh atau sebagai tapal topikal.

Baca Juga :

3. Jarum atau Daun Pinus

ciri ciri pohon daun pinus
Sumber: wallpaperflare.com
Jarum atau daun pohon pinus dipercaya bisa memberikan kesehatan di saluran pernafasan dan pencernaan. Caranya yaitu dikeringkan dan diminum untuk teh. Teh daun pinus ini bisa kamu kumpulkan di bulan Juli, bisa dipakai yang segar atau yang kering. Keduanya punya manfaat yang sama.

Teh daun pinus dapat digunakan untuk memecah hambatan yang membandel di saluran pernapasan bagian atas. Selain itu, teh daun dari pohon pinus ini juga bisa memberikan efek yang menenangkan sistem saraf dan bertindak sebagai diuretik ringan.

Kamu bisa menambahkan beberapa helai daun pinus ke bak mandi dengan air hangat untuk meredakan rematik dan kelelahan. Dengan air hangat, kamu juga bisa menggunakan daun pohon pinus ini untuk terapi sinusitis dan hidung yang mampet.

4. Tunas

Tahukah kamu, tunas pinus ternyata punya khasiat untuk meredakan bronkitis kronis dan TBC. Tunas dari pohon pinus sylvetris telah digunakan oleh pengobatan tradisional Rusia dan memberikan manfaat meringankan radang sendi.

Selain itu, khasiat ini ternyata bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis pohon pinus. Jadi, tunas pohon pinus jenis lain pun bisa memberikan manfaat yang sama, tak harus pinus scotch. Kamu masih bisa menggunakan tunas pohon pinus untuk terapi mandi atau membuatnya sebagai minuman teh.

Caranya sangat mudah, kumpulkan tiga hingga empat genggam daun jarum pinus segar. Remas daun dari pohon pinus itu dengan ringan di antara tangan kamu, dan tambahkan ke 2 liter air. Biarkan daun pohon pinus yang sudah dicampur air selama satu jam. Masukkan air dan jarum ke dalam panci dan didihkan selama 10 menit. Saring dan tambahkan larutan daun pinus ke bak mandi kamu. Capek hilang, mandi pun jadi makin segar!

Nah, demikian adalah beberapa manfaat dari berbagai bagian pohon pinus yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan. Sudah banyak yang menyadari khasiatnya, mengingat pohon ini merupakan salah satu jenis pohon yang cukup kuno. Kamu mau coba?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Bagian dari Pohon Pinus Ini Punya Manfaat Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel