Artikel Pilihan

Metode Menanam Bonsai Pohon Bougenville di Rumah

Bonsai Bougenville

Bonsai Pohon Bougenville — bougenville adalah semak dengan pohon kecil yang memiliki duri pada permukaan batangnya. Bunga bougenville berbentuk terompet kecil dan dilindungi dengan lapisan yang menyerupai kertas dan berwarna cerah. Seringkali bougenville hadir dalam warna magenta atau ungu. Namun, juga terdapat varietas lain dengan seludang berwarna merah, kuning, pink, oranye, putih, atau kombinasi.

Bunga-bunga bougenville muncul ketika musim panas ke musim gugur dengan cukup cahaya matahari dan panas. Daun bougenville berbentuk oval. Kulit batang bougenville berwarna abu-abu kecoklatan dan seiring bertambahnya usia dapat berkerut dan keriput. Bougenville cepat tumbuh dan sangat cocok untuk diterapkan sebagai bonsai pohon bougenville.

Bougenville tergolong tanaman subtropis sehingga tidak tahan terhadap embun beku dan membutuhkan suhu sekitar 50° F sampai 59° F atau 10° C sampai 15° C di musim dingin. Tanaman hias ini berasal dari Amerika Selatan dan dinamai sesuai dengan nama pelaut sekaligus penulis asal Prancis, Louis-Antoine de Bougainville (1729-1811).




Langkah Menanam Bonsai Pohon Bougenville


Seperti yang telah diketahui, perlu kesabaran dan ketelatenan tinggi agar dapat menghasilkan bonsai dengan bentuk yang unik dan mengagumkan. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan dan coba terapkan ketika ingin membuat bonsai menggunakan pohon bougenville :

Baca juga : Daftar Harga Bunga Bougenville Berbagai Jenis Update Terbaru

1. Pemilihan Pot

Memilih pot yang tepat untuk bonsai Anda adalah hal yang penting. Sebaiknya Anda memilih pot berbentuk persegi panjang atau bundar yang dilengkapi lubang drainase. Pot persegi panjang harus berukuran dua pertiga tinggi bonsai dan pot bundar harus memiliki diameter sama dengan sepertiga tinggi bonsai. Kedalaman wadah harus setara dengan diameter batang bonsai pohon bougenville. Pilihlah pot yang cocok dengan lingkungan serta bentuk bougenville Anda.

2. Persiapan Tanaman

Anda dapat mulai menanam bonsai pohon bougenville di musim semi. Pilihlah tanaman bougenville setinggi 6-8 inci dari pembibitan lokal. Pilih tanaman yang bebas dari penyakit atau kerusakan dan tampak sehat. Lepaskan tanaman dari potnya dengan mengarahkannya ke samping dan geser bola akar keluar. Bersihkan tanah yang berlebih agar air mudah diserap akar.

Pangkas sepertiga dari akar bougenville dengan gunting tanaman, singkirkan semua akar yang rusak atau sakit. Sebarkan bagian bawah bola akar ke arah luar. Untuk dapat tumbuh dengan baik, tanaman bougenville menyukai tanah dengan tingkat keasaman berkisar 6 sampai 6,5.

3. Media Tanam yang Tepat

bonsai pohon bougenville membutuhkan tanah yang subur. Campur pot tanah liat, perlite, gambut, dan kulit pinus dengan proporsi yang seimbang untuk menciptakan media tanam yang tepat untuk bonsai pohon bougenville Anda. Pecah bongkahan berukuran besar sembari mencampur bahan untuk memastikan tekstur rata. Isi sepertiga bagian bawah wadah dengan campuran media tanam.

Tempatkan bougenville di tengah pot. Tambahkan tanah ke pot, tepuk-tepuk perlahan tanah di sekitar akar hingga memadat. Terakhir, ketika permukaan tanah telah mencapai 1 inci di bawah tepi pot, siram bonsai hingga tanah benar-benar basah.

Baca juga : Memahami Filosofi Bunga Bougenville yang Eksotis dan Indah

4. Perawatan Lanjutan

Simpan bonsai bougenville Anda di area yang menerima sinar matahari langsung selama setidaknya 8 jam per hari. Sirami bonsai hanya setelah tanah bagian atas terasa kering ketika disentuh. Beri pupuk 12-10-10 nitrogen, fosfor, kalium setiap 10 hingga 14 hari selama musim tanam dan pupuk 2-10-10 NPK selama musim dingin.

Pangkas bonsai pohon bougenville Anda sebulan sekali selama musim tanam, hilangkan hanya sedikit demi sedikit. Potong cabang yang lemah dan patah dan daun kering. Pangkas cabang samping yang tidak diinginkan untuk mendukung pertumbuhan batang utama.
Bonsai Bougenville
Sumber: www.cf.shopee.com





Nah, demikian beberapa langkah yang dapat Anda terapkan agar dapat menghasilkan bonsai pohon bougenville yang cantik. Anda dapat menambahkan sentuhan warna cerah baik untuk dekorasi outdoor maupun indoor menggunakan bonsai dari pohon bougenville.

Anda dapat membentuknya sesuai gaya yang menggambarkan hidup dan personality Anda. Anda juga dapat membudidayakan bougenville menggunakan teknik stek. Hasil terbaik diperoleh ketika Anda melakukan stek di musim semi dan musim panas dengan stek setengah batang atau stek akar.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Metode Menanam Bonsai Pohon Bougenville di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel