Artikel Pilihan

Tanaman Bougenville Variegata dengan Dua Warna Daun yang Unik

Bougenville Variegata

Di musim panas, semua mata akan tertuju pada tanaman bougenville variegata karena selain memiliki julukan duta bunga dari jenis bunga tropis, tanaman ini sangat eksotis karena memiliki kombinasi warna daun yang unik. Jika tanaman bougenville pada umumnya memiliki daun berwarna hijau tua, tanaman bougenville variegata berbeda.

Daunnya berwarna hijau dengan corak berwarna putih hingga kuning. Dari musim semi hingga musim gugur, pohon hias ini akan memikat Anda dengan seludangnya yang tampak seperti gaun mekar yang mewah. Tampilan yang mengagumkan tersebut membutuhkan perawatan yang tepat. Anda akan menerima semua informasi mengenai tanaman bougenville variegata di sini.

Informasi Mengenai Tanaman Bougenville Variegata


Amerika Selatan merupakan tempat asal tanaman bougenville. Tanaman ini berwujud semak berbunga yang merambat, memiliki duri, dan dapat tumbuh dalam pot hingga mencapai tinggi 150 sampai 300 cm. Namun, jika hidup di lingkungan alami, tanaman ini dapat tumbuh hingga 1200 cm.



Bougenville Variegata
Sumber : www.monroviacdn.azureedge.net

Daunnya berbentuk oval, bunganya tergolong tripartite dengan tiga bunga dan tiga seludang dalam satu tangkai. Sebagai tanaman rambat, beberapa jenis tanaman bougenville variegata dilengkapi dengan banyak duri yang mencapai panjang 0,2 hingga 0,8 cm. Periode mekar tanaman bougenville variegata adalah dari musim semi hingga musim gugur. Tanaman ini dapat hidup di daerah dengan suhu minimum 5 derajat celcius.

Baca juga : Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Ini Dapat Membuat Bunga Cepat Tumbuh

Penanaman Tanaman Bougenville Variegata


Karena tidak dapat bertahan dalam suhu lebih rendah dari 5 derajat celcius, tanaman bougenville variegata dapat tumbuh sangat baik di dalam pot. Dengan menanam di dalam pot akan memberikan fleksibilitas ketika memilih lokasi penanaman dan mudah untuk memindahkannya ketika musim dingin. Untuk menempatkan bougenville variegata dalam pot, Anda dapat memperhatikan penjelasan berikut.

1. Lapisan Media Tanam

Media tanam biasa tidak akan memenuhi persyaratan agar tanaman bougenville dapat tumbuh dengan baik. idealnya, tanam semak berbunga eksotis ini dengan tanah yang berkualitas tinggi. Anda dapat memperkaya tanah menggunakan perlite, batuan vulkanik, serat kelapa, atau tanah liat yang dihancurkan. Selain itu, nilai pH tanah perlu berada di kondisi sedikit asam, yakni 6-6,5. Tanah dengan pH sedikit asam ini bermanfaat untuk vitalitas dan kemampuan menghasilkan bunga.

Baca juga : Bunga Bougenville Hybrid Nan Cantik, Bougenville Afterglow

2. Pot

Pot harus disesuaikan dengan tanaman bougenville Anda. Bougenville variegata mengembangkan sistem akar halus yang dapat terjebak dalam pot tanah liat dengan pori-pori besar. Hal ini akan menyebabkan kerusakan akar dan menghambat pertumbuhan tiap kali Anda mengganti pot tanaman bougenville. Lapisan mengkilap yang terdapat di bagian dalam pot berfungsi untuk melindungi akar halus.

Volume pot harus dipilih dengan jarak 5-8 cm antara ujung akar dengan tepi pot. Dalam pot besar, akar bougenville akan sibuk memenuhi pot sehingga menghambat pertumbuhan dan kapasitas bunga yang dihasilkan.

Selanjutnya, ranting bougenville tumbuh merambat dan menyebar. Agar dapat tumbuh lebih lebat dan padat, Anda perlu memberikan dukungan rambat yang memadai, seperti menggunakan tiang. Anda dapat menempatkan pot di dekat tiang rambat untuk membantu tanaman bougenville Anda tumbuh.

3. Metode Penanaman

Untuk memberikan hasil terbaik, sebaiknya Anda segera menanam bibit yang baru Anda beli ke dalam pot dengan media tanam yang ideal sesuai rekomendasi. Susunlah lapisan media tanam seperti instruksi berikut :





  • Buat drainase melalui lubang di bagian bawah pot. Letakkan pecahan tembikar di bagian dasar.
  • Letakkan lapisan yang dapat tembus air untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah di atasnya.
  • Isi lapisan pertama media tanam dan tekan sedikit agar tidak ada lubang udara.
  • Pastikan Anda berhati-hati ketika membuka bungkus yang membalut akar bibit bougenville.
  • Pindahkan bibit bougenville variegata ke dalam pot tanpa memberi terlalu banyak tekanan pada pucuknya.
  • Tempatkan tanaman di tengah-tengah media tanam, kemudian isi pot dengan media tanam, tapi sisakan jarak dari tepi luar bagian atas pot.


Demikian beberapa informasi seputar tanaman bougenville variegata untuk Anda. bougenville variegata merupakan jenis bougenville hibrida yang memiliki daya tarik tinggi dan sangat direkomendasikan untuk ditanam khususnya bagi para pemula.

Baca Juga :






Belum ada Komentar untuk "Tanaman Bougenville Variegata dengan Dua Warna Daun yang Unik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel