Artikel Pilihan

Inilah Ciri Bougenville Singapore yang Unik dan Cantik

ciri ciri pohon Bougenville Singapore
sumber:tokopedia

Ciri bougenville singapore memang sangat unik dan berbeda dari varian bougenville lainnya. Hal ini disebabkan bougenville singapore memiliki kombinasi warna putih hingga kekuningan di bagian daunnya.

Ciri bougenville singapore lainnya yakni bunganya mekar di bagian ketiak daun dan tumbuh bergerombol. Karena keindahan dan keunikan yang dimiliki tanaman dengan nama lain bougenville varigata ini, banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya sebagai tanaman hias.

Ciri Bougenville Singapore Secara Umum

Sama halnya dengan varian bougenville lainnya, ciri bougenville singapore secara umum memiliki ukuran pohon yang kecil, sukar tumbuh dengan tegak, terdapat duri pada bagian batangnya, dan memiliki seludang yang berwarna cerah. Tekstur seludang pada bougenville singapore tipis seperti kertas. Namun, ada ciri bougenville singapore yang menjadi kelebihan bila dibandingkan dengan jenis bougenville lainnya, yaitu daun bougenville singapore berukuran kecil dan tumbuh rapat. Karena ciri bougenville singapore ini, banyak orang menjadikannya sebagai tanaman bonsai.
ciri ciri pohon Bougenville Singapore
sumber: bukalapak.com


Meski demikian, bougenville singapore juga dapat tumbuh setinggi 15 hingga 30 kaki. Karena tanaman bougenville singapore termasuk dalam genus tanaman hias berduri yang merambat, maka bougenville singapore cocok digunakan sebagai tanaman pagar pembatas.




Ciri Bougenville Singapore Berdasarkan Macam Warna Seludangnya

Bougenville singapore memiliki beragam varian warna seludang yang tak kalah menarik untuk Anda jadikan koleksi tanaman hias di rumah. Berikut ini beberapa ciri bougenville singapore yang memiliki beraneka macam warna.
1.Bougenville Singapore Warna Merah dan Putih
Terdapat varian bougenville singapore yang memiliki kombinasi warna merah dan putih secara alami tanpa teknik grafting. Varian ini juga terdapat pada tanaman bougenville berwarna daun polos. Unik sekali, bukan?
2.Bougenville Singapore Warna Putih
Berbeda dengan varian sebelumnya, bougenville singapore ini memiliki satu warna seludang yakni putih. Batang bougenville singapore berwarna kecoklatan tua dan memiliki banyak cabang sehingga bunga bougenville singapore yang tumbuh terkesan bergerombol. Secara umum cabang tanaman bougenville singapore jenis ini tumbuh memanjang sehingga masing-masing kelompok bunga terletak agak berjauhan.
3.Bougenville Singapore Warna Orange
Warna seludang pada tanaman bougenville singapore ini mirip dengan warna kostum sepakbola dari negeri Belanda. Bunganya tumbuh rimbun dan sekilas warna oranye tersebut memiliki semburat merah.




4.Bougenville Singapore Warna Merah Tua
Warna merah yang kuat dari bunga bougenville singapore ini sungguh menarik mata siapapun yang melihat. Namun, biasanya bunga bougenville singapore yang berwarna merah tua cenderung berukuran besar dan sedikit sulit membentuk tajuk kerdil ketika dipangkas.
5.Bougenville Singapore Warna Merah Dengan Helai Kecil
Ukuran helai seludangnya lebih kecil dibanding jenis lainnya sehingga membuat bunga bougenville singapore jenis ini tampak kompak karena tersusun bertumpuk. Cabang-cabang bunga ini biasanya tumbuh dengan ukuran agak terlalu panjang baru kemudian mengeluarkan bunga dengan ranting yang memanjang dan bercabang.
6.Bougenville Singapore Warna Ungu Pucat
Kombinasi warna hijau dan putih pada daun dengan seludang warna ungu pucat membuat bunga bougenville singapore jenis ini terkesan kalem dan anggun. Meski warna bunganya tidak tampak terlalu menonjol, tapi jenis bougenville singapore satu ini sangat cocok dijadikan sebagai bonsai.

Manfaat Tanaman Bougenville Singapore

Tak hanya menjadi primadona tanaman hias, seperti varian bunga bougenville lain, bougenville singapore juga memiliki banyak khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai keluhan kesehatan, di antaranya:
Mengobati Bisul

Untuk mengobati bisul, Anda dapat mencuci bersih bunga bougenville dan daun cocor bebek. Kemudian tumbuk kedua bahan hingga halus. Setelah halus, Anda dapat menempelkannya pada bagian tubuh Anda yang terdapat bisul. Ulangi pengobatan hingga bisul menghilang.
Menghilangkan Gatal Biang Keringat



Caranya, ambil bunga bougenville singapore, daun sirih, dan daun lidah buaya, lalu cuci bersih bahan-bahan tersebut. Kupas lidah buaya, kemudian rebus semua bahan hingga mengental. Setelah cairan tersebut dingin, oleskan pada bagian tubuh yang terasa gatal akibat biang keringat. Jika Anda melakukannya secara teratur, maka gatal-gatal akan hilang.

Demikian pembahasan tentang beberapa ciri bougenville singapore hingga manfaat yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Ternyata, tak hanya memiliki tampilan yang cantik, tapi bunga bougenville singapore juga berkhasiat bagi tubuh ya.





Belum ada Komentar untuk "Inilah Ciri Bougenville Singapore yang Unik dan Cantik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel