Artikel Pilihan

Ciri Bougenville Sehat dan Perawatannya yang Perlu Anda Ketahui

Ciri ciri pohon bougenville

Apa saja ciri bougenville sehat? Bougenville menawarkan warna yang dapat bertahan selama berbulan-bulan. Bougenville merupakan salah satu tanaman tropis yang sangat menarik. Bunga bougenville sebenarnya berukuran kecil dan tidak mencolok, tapi bunga ini dikelilingi oleh seludang yang berwarna-warni.

Ciri Bougenville Sehat


Jika Anda memiliki tanaman bougenville di rumah dan ingin mengetahui bagaimana ciri bougenville sehat, simak pembahasannya berikut ini.

1. Ciri Bougenville Sehat dari Akar

Akar tanaman bougenville berjenis tunggang dan memiliki jaringan yang tersusun secara rapi. Akarnya terdapat jaringan xylem untuk mengangkut air dan garam mineral dari tanah dan menyebarkannya hingga ke daun.


Kemudian terdapat jaringan floem yang berfungsi mengangkut zat-zat makanan dan menyebarkannya ke seluruh bagian tanaman bougenville. Pada akar juga terdapat korteks, endodermis, epidermis, dan perisikel dengan fungsi jaringan masing-masing.

Akar-akar bougenville dapat bercabang dan melebar hingga mencapai kedalaman 40-80 cm, tergantung varietas bougenville. Dari akar yang dekat dengan permukaan tanah dapat tumbuh tanaman baru.





2. Ciri Bougenville Sehat dari Batang

Tekstur batang tanaman bougenville agak keras, terdapat duri-duri tajam berbentuk kait dan bercabang-cabang. Jenis batang bougenville kayu dan dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 5-15 meter.
   

3. Ciri Bougenville Sehat dari Daun

Tipe daun bougenville tunggal, bertangkai, berbentuk bulat telur dan ada pula yang ellips, ujung daun runcing dengan tepian rata, panjang daun sekitar 4-10 cm dan lebarnya 2-6 cm. Warna daun hijau tua, tapi ada pula yg berwarna hijau cerah dan ada yang memiliki corak berwarna putih atau kuning. Daun bougenville memiliki tangkai coklat muda pendek yang berukuran 0,5-1 cm.

4. Ciri Bougenville Sehat dari Bunga

Ukuran bunga bougenville kecil dan bentuknya menyerupai terompet, memiliki tiga buah kelopak, dan dilindungi seludang yang ukurannya jauh lebih lebar. Terdapat berbagai warna cerah dari seludang yang melindungi bunga bougenville ketika mekar, mulai dari merah, kuning, jingga, putih, ungu, hingga merah muda.
Ciri ciri pohon bougenville
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Baca juga :


Penyebab Penyakit Bougenville dan Perawatan untuk Mencapai Ciri Bougenville Sehat


Mengapa bougenville bisa sakit? Berikut alasan dan cara untuk mengatasinya. Lakukan beberapa trik berikut jika menemukan gejala penyakit bougenville.

1. Bunga Bougenville Tidak Mekar

Penyebab: tanaman bougenville tidak mendapatkan cukup cahaya matahari. Di beberapa daerah yang memiliki cahaya matahari rendah seperti di Minnesota ketika musim dingin dapat membuat tanaman bougenville jarang berbunga. Di alam, tanaman bougenville mekar setelah musim kemarau.

Solusi: biarkan tanaman bougenville Anda dalam kondisi kering hingga hampir layu sebelum Anda menyiramnya. Berikan tanaman Anda perawatan tersebut selama beberapa minggu kemudian mulailah memberi nutrisi pada tingkat yang direkomendasikan. Sirami tanaman setiap hari, tapi jangan biarkan air sampai menggenang. Setelah seludang mengeluarkan warna, lanjutkan jadwal penyiraman dengan jarang.

2. Daun Layu dan Berguguran

Penyebab: tanaman disiram secara berlebihan atau justru tanaman dalam keadaan terlalu kering.

Solusi: periksa apakah tanaman bougenville terletak di dekat ventilasi yang mengeluarkan udara panas maupun dingin. Periksa apakah terdapat hama serangga yang menyerang tanaman.


3. Daun Kehilangan Kilau dan Mengeriting Lalu Berguguran

Penyebab: tanaman bougenville mungkin terserang hama tungau laba-laba. Untuk memeriksanya, Anda dapat mengetuk sehelai daun di atas selembar kertas putih dan lihatlah apakah terdapat noda yang jatuh lalu merangkak pergi.

Solusi: jika terdapat hama tungau laba-laba, Anda dapat menyemprot tanaman bougenville Anda menggunakan insektisida yang sesuai. Penyemprotan ini dapat merusak seludang dan bunga yang tengah mekar. Namun, Anda perlu melakukannya untuk menghilangkan tungau laba-laba tersebut.

4. Daun Menguning dan Tanaman Bougenville Tidak Tumbuh dengan Baik

Penyebab: kemungkinan hal ini adalah gejala penyiraman berlebih.

Solusi: biarkan tanaman bougenville Anda lebih kering sebelum Anda melakukan penyiraman kembali. Biarkan wadah tanaman bougenville Anda kosong dari air.

5. Bercak Coklat Pada Seludang

Penyebab: bercak ini adalah tanda air, sehingga Anda perlu menghindari menyemprotkan air ke seludang.

Solusi: tingkatkan kelembaban dengan menempatkan pot di atas nampan berisi kerikil dan air.


6. Daun Hijau yang Tampak Sehat Berguguran

Penyebab: bougenville akan menjatuhkan daun dewasa ketika suhu dingin.

Solusi: usahakan untuk mempertahankan suhu cukup hangat. Ketika bougenville mengalami suhu di bawah 65 derajat fahrenheit, tanaman ini mungkin akan kehilangan daun.





7. Daun Bougenville Tampak Hangus

Penyebab: produk pengkilap daun dapat menyebabkan kerusakan ini. Selain itu, daun tampak hangus juga dapat disebabkan oleh penumpukan garam di tanah dari pupuk dan air.

Solusi: biarkan air mengalir dari dasar pot setiap penyiraman ketiga. Cara ini memungkinkan penumpukan garam keluar dari dalam pot. Jangan gunakan produk pengkilap daun, sebab produk ini dapat menyebabkan debu dan kotoran mengumpul pada daun dan mencegah cahaya masuk ke dalam daun.

Itu tadi pembahasan tentang ciri bougenville sehat serta penyakit pada bougenville dan perawatan yang dapat dilakukan.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Ciri Bougenville Sehat dan Perawatannya yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel